me

Sekarang Bayar Pajak Bisa Online, Lho! Cek Tutorial Bayar Pajak PBB di sini!

Nov 22, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Buat Blibli Friends yang sering lupa dan kelewatan melakukan pembayaran pajak, nggak usah khawatir lagi ya karena sekarang layanan perpajakan di Indonesia sudah memudahkan masyarakat dalam transaksi pembayaran pajak. Nah, sekarang bayar pajak udah bisa online, lho! Masih bingung gimana sih cara bayarnya, cek tutorialnya di sini yuk!

 

  • Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah pajak yang dikenakan atas tanah dan bangunan yang mendapatkan manfaat atas keberadaannya. Misalnya, rumah yang Blibli Friends tempati juga termasuk ruko, toko atau bangunan apa saja yang kamu miliki.

Kemajuan dan kemudahan teknologi dalam bertransaksi membuat pembayaran layanan apa pun dapat dilakukan hanya dengan ponsel dan tinggal klik, salah satunya yaitu membayar PBB secara online. Saat ini Blibli Friends bisa langsung dengan mudah cek tagihan dan melakukan pembayaran PBB melalui aplikasi e-Commerce seperti di Blibli.com atau mobile banking sesuai dengan kebutuhan. Jadi kamu nggak perlu membuang waktu lagi untuk antre berjam-jam hanya untuk membayar pajak.

Tutorial pembayaran PBB di Blibli :

  • Masuk ke akun Blibli kamu atau daftar akun baru.
  • Atau bisa buka tautan ini https://www.blibli.com/promosi/dgt-pajak?appsWebview=true
  • Di beranda, pilih Tagihan & Isi Ulang, kemudian pilih PBB.
  • Setelah itu pilih Tahun pajak/SPPT. Pastikan Blibli Friends nggak salah memilih tahun ya, karena akan menyebabkan pembayaran tagihan PBB nggak terbayar. 
  • Pilih Kota/Kabupaten. Nah, jangan salah pilih Kota/Kabupaten juga ya, Blibli Friends.
  • Kemudian masukan Nomor Objek Pajak (NOB). Untuk NOB bisa dilihat di kartu PBB kamu ya. Biasanya NOB terdiri dari 18 angka, cek lagi sebelum meneruskan ke tahap selanjutnya.
  • Setelah itu kamu akan diarahkan untuk melakukan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank dan lain-lain. Blibli menyediakan banyak metode pembayaran yang bisa kamu pilih.

Selain transaksinya cepat dan aman, yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan transaksi adalah perhatikan batas waktu pembayaran PBB di daerahmu agar pembayaranmu nggak gagal. Biasanya transaksi akan diproses paling lama 2 hari kerja.

 Untuk pembayaran PBB DKI Jakarta ada insentif untuk tahun pajak 2022 yaitu diskon 15% (Juni – Agustus 2022), 10% (September – Oktober 2022), dan 5% (November 2022). Sedangkan untuk tahun pajak 2013 – 2021, insentifnya yaitu mendapatkan diskon 10% (Juni – Oktober 2022) dan 5% (November – Desember 2022). Bonus lainnya, kamu bisa mendapatkan poin Blibli Rewards untuk tiap pembayaran PBB.

  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Blibli Friends, bayar Pajak Kendaraan Motor (PKB) sudah nggak perlu jauh-jauh lagi ke kantor Samsat karena sekarang bisa bayar PKB melalui Samsat online! Keren banget ya, pemerintah menyediakan layanan pembayaran pajak motor online untuk masyarakat yang bisa diakses melalui ponsel dengan sangat mudah. Selain bisa menghemat waktu, biaya dan tenaga sehingga keterlambatan membayar pajak kendaraan bisa di minimalisasi.

Bayar samsat online nggak pernah semudah ini sebelumnya, mudah dan praktis. Metode pembayaran pun sangat beragam. Blibli Friends dapat memilih membayar lewat debit ATM/Bank, Internet Banking, kartu kredit, virtual account dan lainnya. Cara bayarnya pun cukup mudah dan nggak bikin ribet, begini caranya :

  • Masuk ke akun Blibli kamu atau daftar akun baru.
  • Di beranda, pilih Tagihan & Isi Ulang, kemudian pilih E-Samsat.
  • Pilih wilayah dan masukkan kode pembayaran E-Samsat. Kamu bisa mendapatkan kode pembayaran ini melalui aplikasi E-Samsat sesuai wilayah domisili kamu.
  • Klik tombol “Lihat tagihan” dan periksa kembali info tagihanmu. Jika semuanya sudah sesuai, klik tombol “Lanjut bayar”.
  • Pilih metode pembayaran yang ingin kamu pakai.
  • Klik tombol “Bayar sekarang” dan selesaikan pembayaran

Kalau mau mendapatkan banyak promo, Blibli Friends bisa klik di sini ya 

  • Pajak Daerah dan Retribusi

Selain pembayaran 2 pajak di atas, yang bisa dibayarkan secara online yaitu Pajak Daerah dan Retribusi. Untuk cara pembayarannya pun sangat mudah, Blibli Friends tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.

Nah yang membedakan antara pajak daerah dengan retribusi daerah adalah waktu pembayarannya. Jika pajak daerah dibayarkan pada jangka periode waktu tertentu, misalnya satu tahun sekali, satu bulan sekali. Sedangkan retribusi daerah dibayarkan setiap kali peseorangan atau badan menggunakan fasilitas umum. 

Blibli Friends bisa cek di sini apabila mau melakukan pembayaran pajak daerah atau retribusi karena ada banyak promo yang bisa didapatkan.

Tentunya layanan yang disediakan oleh pemerintah ini untuk memudahkan kita semua dalam membayar pajak dan mengurangi kejadian telat membayar pajak. Layanan ini juga dapat mencegah bahkan menghilangkan praktik korupsi atau pungutan liar yang sering terjadi pada saat pembayaran pajak dilakukan manual. Yuk, bayar pajak secara online aja!