me

Review iPhone 14: Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan, dan Waktu Rilis

Oct 24, 2022.By
Bagikan

Siapa yang nggak kenal sama iPhone? Dari dulu sampai sekarang, nama iPhone memang nggak pernah lepas dari benak masyarakat. Ponsel pintar yang satu ini memang masih menempati jajaran yang paling terkenal di dunia. Ada kebanggaan tersendiri dari seseorang jika menggunakan iPhone sebagai ponsel pintarnya.

Oleh karena itu, nggak heran apabila seiring dengan berjalannya waktu mulai banyak seri baru yang dirilis brand Apple. Salah satu seri yang akan dirilis oleh Apple adalah iPhone 14. Kabarnya, iPhone 14 akan segera di bulan Oktober 2022 ini. Yuk simak spesifikasi, kelebihan, dan kekurangannya di bawah ini!

Baca Juga :


Kapan iPhone 14 Rilis/Launching?

Launching iPhone 14 secara ekslusif akan dilakukan pada hari Jumat, 28 Oktober 2022 dan kamu bisa melakukan pre-order di Blibli – Apple Authorised Reseller!
Jadwal selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Pre-order mulai 28 Oktober 2022, 00.01 WIB.
  • Tersedia mulai 04 November 2022

Berapa Harga iPhone 14?

Pastinya sebelum memutuskan buat membeli ponsel pintar, kamu juga harus mempertimbangkan harganya. Setiap ponsel pintar dijual dengan harga yang bervariasi. Biasanya, ponsel pintar yang edisi baru dengan spesifikasi canggih akan lebih mahal secara harga.

Untuk iPhone 14, belum ada informasi yang tepat mengenai berapa harga jualnya nanti setelah dirilis. Menurut rumor yang beredar, harga iPhone 14 adalah Rp11,7 juta. Namun, hal ini tentu nggak bisa kamu jadikan sebagai patokan ya, selama belum ada informasi yang resmi dari pihak Apple.

Fitur Menarik iPhone 14

Meskipun belum dirilis, kini sudah beredar berbagai bocoran mengenai akan seperti apa iPhone 14 nantinya. Hal ini juga termasuk bocoran mengenai beberapa fitur yang menarik dari iPhone 14. Nah, kamu penasaran tentang apa saja yang dirumorkan menjadi daya tarik bagi iPhone 14? Simak dulu yuk beberapa penjelasannya di bawah ini!

Processor dan Chipset iPhone 14

Untuk processor, memang belum ada informasi yang jelas pada iPhone 14. Namun, A16 Bionic digadang-gadang akan menjadi chipset dari seri iPhone yang akan dirilis ini. Sesuai sama namanya, A16 Bionic adalah generasi yang paling baru dari chipset untuk gadget Apple. Tentu saja, hal ini akan membawa pengaruh yang cukup drastis buat performanya.

Dengan dibekali chipset A16 Bionic, maka nggak heran jika performa dari iPhone 14 diprediksi akan jauh lebih canggih daripada generasi sebelumnya. Sistem operasinya pun juga masih menggunakan iOS, namun tentu saja yang seri paling baru. Jadi, iPhone 14 akan memasuki jajaran ponsel pintar yang paling canggih saat dirilis nanti.

Nggak cuma sampai di situ aja, dari segi memori pun iPhone 14 juga dibekali kapasitas yang besar. Kabarnya, akan ada dua pilihan RAM yaitu 6 GB dan 8 GB. Jika kabar ini benar, maka iPhone 14 bisa kamu jadikan sebagai ponsel pintar buat bermain game dengan lancar. Selain itu, multitasking pun juga nggak akan jadi masalah!

Dari segi memori internal, kabarnya iPhone 14 juga akan dibekali kapasitas mulai dari 128 GB. Jika hal ini benar, maka kamu pun juga bisa menyimpan banyak aplikasi dan file tanpa harus khawatir akan segera kehabisan memori.

Desain iPhone 14

Hal lain yang juga banyak diperbincangkan mengenai iPhone 14 adalah desainnya. Dari segi desain, iPhone memang cukup sering mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Nggak cuma secara tampilan saja, namun juga dari ukurannya. Sayangnya, kini belum ada informasi yang begitu jelas mengenai desain iPhone 14.

Untuk dimensi dari iPhone 14, belum ada informasi yang beredar. Namun, ukuran layar dari iPhone 14 diperkirakan mencapai 6,1 inci. Jika kabar ini benar, maka iPhone 14 akan memiliki layar yang besar. Dengan demikian, scrolling ke media sosial atau nonton film lewat ponsel pintar ini nggak akan jadi masalah ya!

Selain itu, kabarnya bahan yang akan dipakai untuk membuat kerangka ponsel pintar ini adalah titanium. Hal ini tentu belum bisa dikonfirmasi benar atau salah karena selama ini produk Apple yang menggunakan titanium hanya Apple Watch saja. Namun, jika kabar tersebut benar, hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri ya buat iPhone 14.

Sebab, bahan titanium dikenal sebagai bahan yang lebih kuat dan tahan terhadap goresan kalau dibandingkan sama baja dan aluminium. Nggak sampai situ aja, bahan titanium pun juga dikenal memiliki kualitas bagus karena tahan terhadap korosi.

Untuk pilihan warna, kabarnya akan ada beberapa yang bisa kamu pilih. Warna-warna yang dikabarkan akan dirilis tergolong anti mainstream seperti Royal Rose, Yale Blue, Deep Purple, dan Teal.

Kamera iPhone 14

Saat akan membeli ponsel pintar, banyak orang yang kerap mempertimbangkan kameranya, terlebih mereka yang gemar berfoto-foto. Tentu saja, setiap ponsel pintar dibekali kamera yang bervariasi, baik dari segi spesifikasi maupun resolusinya.

Sayangnya, belum ada informasi yang jelas mengenai kamera iPhone 14. Rumor yang beredar mengatakan bahwa iPhone 14 akan dibekali dua lensa kamera yang bisa kamu manfaatkan buat berfoto-foto. Nggak sampai di situ aja, kamu pun juga bisa memanfaatkan kamera iPhone 14 buat menghasilkan video.

Namun, mengenai jenis kamera apa saja, belum ada informasi yang akurat. Selain itu, belum ada informasi juga mengenai apakah kamera iPhone 14 dilengkapi stabilizer atau nggak.

Daya Tahan Baterai iPhone 14

Faktor lain yang juga kerap dipertimbangkan oleh masyarakat saat ingin membeli ponsel pintar adalah baterainya. Setiap ponsel pintar dibekali baterai yang berbeda-beda, baik dari segi kapasitasnya, jenis, hingga fitur-fitur tambahan.

Sayangnya, belum ada informasi apapun yang beredar mengenai baterai iPhone 14, baik dari segi kapasitas, jenis, maupun fitur tambahannya. Jadi, kamu harus bisa menahan rasa penasaranmu terlebih dahulu ya kalau memang ingin mengetahui lebih dalam tentang baterai iPhone 14!

Fitur Lainnya iPhone 14

Nah, mengenai fitur lain yang terdapat pada iPhone 14 juga ada beberapa rumor yang beredar. Salah satunya adalah iPhone 14 akan dibekali satelit konektivitas Qualcomm Snapdragon X65 yang merupakan modem 5G buat ponsel pintar premium. Kecepatannya mencapai 10 Gbps. Jika hal ini benar, maka iPhone 14 bisa terhubung dengan jaringan 5G!

Konektivitas lain yang disebut-sebut akan ada di dalam ponsel pintar iPhone 14 meliputi Wi-Fi 6E connectivity. Selain itu, kabarnya iPhone 14 juga nggak dibekali slot buat kartu SIM lagi. Jika kabar ini benar, maka kamu hanya bisa memakai e-SIM aja ya.

BACA JUGA : Spesifikasi iPhone XR Lengkap, Sudah Tahu?

iPhone 14 di Blibli

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14

Kelebihan:

  • Daya Tahan Baterai Lebih Lama

Menurut rumor yang beredar, iPhone 14 ini menggunakan baterai 3.279 mAh, iPhone 14 Plus 4.325 mAh, iPhone 14 Pro 3.200 mAh, dan iPhone 14 Pro Max menggunakan baterai 4.323 mAh. Meskipun kapasitasnya nggak beda jauh kalau dibandingkan dengan pendahulunya yaitu iPhone 13, katanya nih daya baterai iPhone 14 ini punya daya tahan untuk memutar video selama 20 jam, sedang untuk audio mampu sampai 80 jam. Sementara daya tahan baterai iPhone 13 memutar video dan audio hanya sampai 19 dan 75 jam. Jadi udah nggak perlu repot lagi bawa-bawa powerbank ya, Blibli Friends!

  • Kamera Utama dan Peningkatan Sensornya

Kali ini kamera utama sebesar 48 MP disematkan Apple di iPhone 14, Blibli Friends. Tapi sayangnya baru di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max aja, ya. Dan untuk  pertama kalinya, seri Pro ini dilengkapi kamera utama 48 MP aperture f/1.8 dengan sensor quad-pixel. Sensor ini menggabungkan tiap 4 pixel menjadi satu quad-pixel yang mampu menghasilkan foto yang bagus meski dengan cahaya minim. Wah, cocok banget nih buat Blibli Friends yang suka foto-foto di mana saja!

  • Chipset A16 Bionic

Selain kamera utama sebesar 48 MP, Apple juga memasang chipset A16 Bionic pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max lho. Didukung oleh CPU 6-Core, GPU 5-Core, dan Neutral Engine 16-Core udah tentu jadi salah satu keunggulan yang dipunyai iPhone 14 Series ini. Katanya nih, chip ini memberi lebih banyak kinerja tapi dengan daya baterai yang digunakan lebih hemat jika dibandingkan dengan produk HP lain.

  • Terdapat Carplay

Kamu pernah mendengar fitur yang satu ini? Fitur ini ternyata banyak ditunggu oleh penggunanya karena mampu menampilkan wallpaper yang memberikan keindahan lebih baik bagi para pengguna iPhone. Nggak cuma itu karena fitur ini juga bisa digunakan sebagai kunci mobil para pengguna mobil BMW.

  • Adanya fitur Message

Fitur yang satu ini nggak sama dengan fitur pesan pada umumnya karena memungkinkan kamu bisa mengatur penyematan pesan penting di bagian kolom teratas milikmu. Tentunya hal ini bakalan memudahkan banget ketika kamu termasuk orang yang sibuk dan takut chat penting bakalan tenggelam.

  • Aplikasi clip

Kelebihan ketiga yang dimiliki oleh iPhone 14 adalah adanya aplikasi yang memungkinkan pengguna mengakses semua aplikasi yang ada di dalam ponselnya menjadi lebih ringan. Tentunya hal ini bakalan membuat kinerjamu menjadi baik dan anti lelet ketika digunakan.

Cocok banget untukmu yang memang suka memasukkan lebih banyak aplikasi di dalam ponsel namun ingin performanya tetap maksimal dan anti lelet.

  • Adanya maps

Hal berikutnya yang menjadi kelebihan dari iPhone 14 ini adalah adanya fitur maps. Adanya fitur ini tentu bakalan membantu banget para pengguna iPhone terutama yang banyak menghabiskan waktunya di perjalanan. Hal ini dikarenakan banyaknya petunjuk atau panduan bagi para penggunanya dengan baik.

Seperti halnya panduan yang berisikan tentang cycling yakni bersepeda dimana pengguna bakalan mendapatkan arahan jalur yang pas dan terbaik ketika kamu mengendarai sepeda. Jadi, rutemu bakalan lebih teratur dan nggak bakalan tersesat nantinya.

  • Adanya translate app

Mengapa hal ini menjadi kelebihan dari iPhone 14? Tentu saja karena fitur ini mampu membantumu untuk menerjemahkan semua kebutuhan ponsel ke dalam 11 pilihan bahasa, tentu saja termasuk Bahasa Indonesia. Jadi, kamu bakalan nggak kebingungan ketika menemukan bahasa baru untuk diterjemahkan.

  • Adanya picture in picture

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh iPhone 14 ini sangat membantu proses penggunaan ponsel multitaskingmu menjadi lebih maksimal. Hal ini memungkinkan kamu tetap bisa mengecek pesan, email atau chat lain ketika sedang menikmati putaran video di ponselmu.

Kamu perlu tahu kalau sebelumnya memang untuk seri di bawah 14 pengguna iPhone bakalan sulit untuk berpindah dri satu layar ke layar lainnya. Namun dengan adanya hal ini tentu bakalan membuat kinerjanya menjadi lebih maksimal dan praktis tanpa perlu banyak perangkat.

  • Adanya widget

Fitur ini nyatanya menarik banget untuk para pengguna iPhone karena mampu memberikan tipe dan ukuran yang beragam berkaitan dengan widget yang akan ditambahkan pada layar ponselnya. Tentunya karena sebelumnya pengguna nggak bisa mengatur sendiri melainkan sudah menggunakan yang sudah ada saja.

  • Adanya App Library

Kelebihan selanjutnya yang perlu kamu tahu ini cocok untuk mengatur aplikasi yang baru saja diunduh. Sehingga nantinya peletakan dan penataan dari aplikasi terkait bakalan lebih rapi dan mudah tanpa perlu kamu atur secara manual. Jadinya, layarmu bakalan lebih rapi dan enak untuk dipandang.

Kekurangan:

www.macrumors.com
  • Chipset A15 Bionic yang Masih Dipakai

Blibli Friends masih ingat, kan, kalau Apple cuma memasang chipset A16 bionic di seri Pro aja alias iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max? Sedangkan Si iPhone 14 dan iPhone 14 Plus masih memakai chipset A15 Bionic sama seperti seri pendahulunya yaitu seri iPhone 13. Apple belum menjelaskan nih, kenapa sih mereka pilih kasih memasang chipset A16 Bionic cuma di seri Pro aja, tapi mereka mengklaim kalau A15 Bionic yang dipasang di iPhone 14 yang menggunakan GPU 5-Core mengalami peningkatan kapasitas, dibandingkan dengan iPhone 13 yang menggunakan GPU 4-Core.

  • Ukuran Layar yang Sama

Sayangnya, ukuran layar iPhone 14 yang selebar 6,1 inci dan 6,7 inci ini masih sama dengan iPhone 13, Blibli Friends. Jadi lebarnya akan kelihatan sama aja kalau dilihat cuma sekilas. Tapi kalau Blibli Friends udah familiar dengan ukuran layar di iPhone 13, kesamaan lebar layarnya malah bisa jadi keuntungan karena kita jadi nggak perlu adaptasi lagi, kan?

  • Bugs dan Glitches yang nggak terkendali

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh iPhone 14 ini adalah masih banyaknya bugs and glitches di dalam ponselnya. Hal ini bisa terjadi karena iPhone sendiri yang dirasa masih terlalu dini atau terburu-buru untuk masuk ke versi beta padahal di dalam fiturnya masih banyak yang membutuhkan pembenahan.

Beberapa orang mungkin merasa nggak masalah dengan gangguan ini jika nggak terlalu menggunakannya untuk pekerjaan sehari-hari. Namun gangguan ini bakalan terasa ketika kamu banyak mengakses aplikasi di dalamnya. Sehingga banyak orang yang menunggu datangnya seri lebih tinggi dari iPhone ini biar lebih aman.

  • Nggak adanya fitur Ask Siri

Kamu tahu apa yang dimaksud dengan fitur ini? Pengguna iPhone tentunya sudah nggak asing lagi dengan fitur perintah suara yang cukup membantu ini. Sayangnya pada iPhone 14 kamu nggak bakalan menjumpainya lagi karena fitur ini telah dipangkas. Tujuannya mungkin untuk membuat ponselnya menjadi ringan.

Namun untukmu yang memang sudah terbiasa menggunakannya mungkin bakalan merasa ada yang kurang sehingga berpikir ulang untuk membeli iPhone 14 dan mempertimbangkan iPhone seri di bawahnya. Hanya saja untuk yang nggak terbiasa menggunakannya bakalan nggak masalah dengan hilangnya fitur ini.


Baca juga:

Jadi, itulah spesifikasi tentang iPhone 14 yang akan dirilis tanggal 28 oktober 2022 nanti. Buat kamu yang nantinya akan membeli iPhone 14, silahkan coba pertimbangkan situs resmi Blibli ya. Sebab, di sana kamu bisa mendapatkan berbagai potongan harga. Nggak sampai di situ aja, metode pembayaran yang bisa kamu pilih pun juga bervariasi!

Nggak perlu ragu kalau mau upgrade dari iPhone 13 ke 14, atau malah baru mau beralih dari Android ke IOS. Mulai dari fitur sampai ke kepraktisan, iPhone masih menjadi juaranya. Tinggal Blibli Friends memilih seri mana yang diinginkan atau fitur mana yang mau dicoba sesuai kebutuhan masing-masing.

Blibli Apple Authorized Reseller

Tag: