me

Resep Seblak Pilus ala Rafael Tan Buat Dicoba di Rumah

May 08, 2024.By
Bagikan

fimela.com
Berikut resep seblak pilus bikinan Rafael Tan yang bisa kamu kreasikan di rumah, baca resepnya di sini.

Resep seblak pilus sedang ramai menjadi perbincangan setelah Rafael Tan membagikan resepnya. Nah, seblak ini adalah makanan khas dari Garut, Jawa Barat. Bahan dasarnya kerupuk dan biasa dihidangkan dengan bumbu yang rasanya pedas dan gurih. 

Dari semua resep seblak buatan Rafael Tan, bahan pilus paling menarik nih. Yuk cek ulasannya.

Baca juga: Mengenal Seblak dan Penemu Seblak Pertama


Tentang Resep Seblak Pilus

Tentang Resep Seblak Pilus
lemon8-app.com

Jadi, seblak pilus adalah salah satu kreasi buatan Rafael Tan. Ada macam-macam kreasi seblak yang dibuatnya, seperti seblak mie goreng, seblak papeda, sampai seblak pilus juga.

Adapun bahan pilus yang dipakai ini sebenarnya buat menggantikan kerupuk. Nah, rupanya, cara membuat seblak pilus ini nggak sulit, bahkan mudah. Coba yuk, kita lihat resepnya berikut ini.

Resep Seblak Pilus

Resep Seblak Pilus
cookpad.com

Resep seblak pilus ala Rafael Tan bisa jadi kudapan lezat di waktu santaimu. Berikut resepnya:

Alat yang Dibutuhkan

Resep Seblak Pilus - Alat yang Dibutuhkan
masakapahariini.com
  • Kompor
  • Wajan
  • Spatula atau sendok sayur tahan panas
  • Mangkuk
  • Gelas
  • Sendok
  • Pisau, untuk mengiris bahan bumbu halus (bila perlu)
  • Talenan, untuk mengiris bahan bumbu halus (bila perlu)

Bahan-Bahan

Resep Seblak Pilus - Bahan-Bahan
asahidtehyung.com

Bahan Seblak:

  • Pilus
  • Bakso untuk topping
  • Tahu bakso untuk topping
  • Selada untuk pelengkap
  • Tomat untuk pelengkap
WHS - GARUDA Pilus Rasa Mi Goreng (80+16 gr)

Bumbu Halus:

  • Cabai merah keriting 10 buah
  • Cabai rawit merah 6 buah
  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Kencur 1 ruas kelingking
  • Kemiri
  • 1 buah
  • Cabai bubuk 1 sendok makan
  • Minyak

Cara Membuat

Resep Seblak Pilus - Cara Membuat
asahidtehyung.com
  1. Haluskan semua bahan bumbu halus. Biar lebih mudah dan ringan, gunakan blender. Kalau nggak ada blender, kamu bisa menguleknya pakai cobek. Sisihkan bumbu halus.
  2. Siapkan air matang, tuangkan ke dalam gelas, sisihkan.
  3. Nyalakan kompor. Siapkan bahan topping seblak yaitu bakso. Letakkan panci di atas kompor. Didihkan air di dalam panci. Rebus bakso hingga matang. Sisihkan.
  4. Siapkan bahan topping seblak kedua yaitu tahu bakso. Nyalakan kompor dan taruh wajan di atasnya. Tuangkan minyak ke dalam wajan. Panaskan minyak. Goreng tahu bakso hingga matang. Sisihkan.
  5. Cuci bersih selada dan tomat. Iris tomat tipis-tipis sesuai selera. Iris juga selada bila perlu buat merapikannya. Sisihkan bahan pelengkap ini buat penyajian nanti.
  6. Nyalakan kompor. Letakkan panci di atas kompor. Tuangkan air ke dalam panci, didihkan. Tuangkan pilus ke dalam air mendidih di panci. 
  7. Rebus pilus tapi nggak perlu lama-lama, cukup sampai teksturnya jadi lunak. Angkat pilus yang sudah melunak, tiriskan dari air panas.
  8. Rendam pilus lunak di dalam air biasa di mangkuk biar teksturnya tetap kenyal, nggak lembek.
  9. Nyalakan kompor. Letakkan wajan di atas kompor. Tuangkan sedikit minyak ke wajan. Masukkan bumbu halus seblak. Tumis bumbu hingga harum dan matang.
  10. Masukkan pilus dan sedikit air ke dalam bumbu seblak di wajan. Aduk sebentar biar rata. Matikan api.
  11. Angkat seblak pilus dari wajan, sajikan di piring. Beri topping bakso dan tahu bakso. Hiasi dengan pelengkap selada dan irisan tomat.
  12. Seblak pilus siap dinikmati.

Tips Penyajian Resep Seblak Pilus

Tips Penyajian Resep Seblak Pilus
grab.com

Jadi, pilus sebenarnya digunakan sebagai bahan pengganti kerupuk. Nah, buat menikmati seblak pilus, kamu bisa cobain tips penyajian berikut ini:

Pilih Rasa Pilus Sesuai Kesukaan

Tips Penyajian Resep Seblak Pilus - Pilih Rasa Pilus Sesuai Kesukaan
wikimedia.org

Berbeda dengan kerupuk yang begitu-begitu saja. Pilus hadir dalam berbagai varian dan cita rasa. Nah, ini bisa menjadi kelebihan tersendiri buat kamu saat bikin seblak pilus. Kamu nggak harus kok, pakai pilus yang original dengan rasa plain. Kan ada banyak macamnya pilus dengan rasa yang berbeda. Jadi, kamu bisa pilih rasa pilus yang kamu suka. 

Misalnya, kamu mau menggunakan pilus rasa mi goreng, sapi panggang atau rumput laut, bebas nih. Dengan begitu, seblak pilus kamu benar-benar beda, tentunya juga enak. Terlebih lagi, pilus praktis banget, kamu nggak perlu memberi bumbu apa-apa atau mengolahnya karena pilus sudah punya cita rasa sendiri.

Bisa Diberi Taburan Cabai Bubuk

 Tips Penyajian Resep Seblak Pilus - Bisa Diberi Taburan Cabai Bubuk
productnation.co/id

Cabai bubuk biasa jadi bahan campuran untuk bumbu halus seblak. Akan tetapi, kamu juga boleh kalau ingin menikmatinya sebagai topping yang nggak cuma mempercantik tampilan seblak, tapi juga memberikan cita rasa pedas yang menggugah selera. Nah, kamu boleh pakai bubuk cabai tersebut dengan cara yang berbeda.

Terlebih lagi, jika misalnya kamu bikin bumbu halus seblak pilus dengan rasa pedas, tapi ternyata saat matang, rasanya nggak sepedas yang kamu kira. Nah, cabai bubuk bisa menjadi andalan buat menghadirkan cita rasa pedas sesuai kesukaan kamu. Kamu cukup menaburkannya di atas seblak pilus yang sudah matang sebelum disajikan.

Pakai Sosis Buat Alternatif Topping Bakso

 Tips Penyajian Resep Seblak Pilus - Pakai Sosis Buat Alternatif Topping Bakso
liputan6.com

Kalau mengikuti resepnya, Rafael Tan pakai bakso dan tahu bakso buat topping sekaligus pelengkap seblak pilusnya. Nah, kamu boleh kok, pakai alternatif bahan lainnya seperti sosis, buat menggantikan bakso ataupun tahu bakso. Sosis biasanya lebih mudah didapat dan mengolahnya juga praktis.

Di samping itu, boleh juga kamu pakai bahan topping bakso atau sosis tersebut dengan cara lainnya, seperti mencampurkannya dengan pilus seblak. Jadi, alih-alih menjadikannya topping pelengkap, bahan sosis atau bakso tersebut menjadi campuran seblak pilus. Dengan begitu, tekstur seblak jadi lebih berasa, begitu pula cita rasanya.

Boleh Dimasak Tanpa Rasa Pedas

Tips Penyajian Resep Seblak Pilus - Boleh Dimasak Tanpa Rasa Pedas
fimela.com

Oh iya, barangkali kamu nggak suka makan makanan pedas. Boleh banget kamu nggak pakai cabai rawit yang memang bikin rasa seblaknya jadi pedas. Kalau cabai keriting nggak masalah, karena biasanya nggak pedas atau nggak terlalu pedas. Selain itu, kegunaan cabai adalah untuk bikin bumbu seblak jadi berwarna kan, biar menarik.

Jadi, kamu nggak wajib kok menggunakan cabai apalagi sebanyak-banyaknya seperti yang biasa dibikin orang-orang. Kamu nggak harus mengikuti resep pedas tersebut, cukup disesuaikan saja dengan selera kamu, daripada kamu nanti malah nggak bisa menikmatinya karena kepedasan.

Sajikan dengan Minuman Es Teh

Tips Penyajian Resep Seblak Pilus - Sajikan dengan Minuman Es Teh
astronauts.id

Bakal lebih seru lagi kalau kamu menikmati seblak pilus dengan ditemani minuman segar. Nah, es teh bisa menjadi pilihan tepat, apalagi kalau kamu makan seblak yang pedas di siang hari. Sajikan seblak pilus dengan es teh yang manis buat melengkapi sajian kamu. Pilihan minuman es teh ini juga karena rasanya yang segar dan ringan.

Kamu bebas kalau mau menikmati pilus dengan minuman apa saja, tapi es teh pas banget karena merupakan favorit di Indonesia. Es teh juga cocok untuk diminum di berbagai kesempatan, dan disajikan buat pendamping makanan apa saja, termasuk seblak. Apalagi, kalau kamu makan seblak bersama teman dan keluarga, makin seru deh.


Baca juga: Resep Seblak Burger Ala Rafael Tan Yang Viral di Tiktok!

Sekarang, jadi ada resep baru buat dicoba. Barusan kamu sudah melihat resep seblak pilus, lengkap dengan topping dan sayuran juga. Nikmat, bukan. Nggak cuma lezat rasanya, tapi seblak pilus ini juga lengkap isinya dan bisa mengenyangkan. Kalau mau bikin sendiri di rumah, bisa banget tentunya. Kamu bisa beli pilus Garuda rasa apa saja di Blibli! Dapatkan harga diskon dan gratis ongkir juga.

Tag: