me

Resep Mie Vegan Hijau yang Enak dan Mudah untuk di Rumah!

May 08, 2024.By
Bagikan

wtable.co.kr
Yuk Coba resep ini sebagai santapan sehat di rumah!

Resep Mie Vegan — Kamu sebagai orang yang memiliki gaya hidup sehat atau vegetarian pastinya sedikit kesulitan untuk memilih menu makanan. Terlebih lagi, menu vegan ini merujuk pada gaya hidup sehat yang nggak mengkonsumsi makanan dari hewan, seperti daging ayam, ikan, dan lain sebagainya. Tentu aja hal itu membuat kamu bosan jika harus mengkonsumsi aneka sayur dan buah-buah setiap harinya.

Nggak perlu khawatir, buat kamu yang ingin mencoba menu mie bisa mencoba mie vegan ini, ya. Salah satu menu vegan ini bisa kamu andalkan dan bisa kamu konsumsi bersama jenis makanan lainnya, seperti tahu dan tempe. Apalagi menu vegan ini sudah sering dilakukan oleh vegetarian, baik di luar negeri maupun dalam negeri. Nah, untuk resep mie vegan ini kamu bisa lihat di bawah ini, ya!

Baca juga :


Tentang Mie Vegan

Resep Mie Vegan
food.detik.com

Mie vegan adalah makanan instan yang populer dan banyak disukai oleh masyarakat, terutama bagi kamu yang vegetarian. Berbeda pada mie pada umumnya, mie vegan ini nggak mengandung banyak kalori, sehingga aman untuk kamu yang sedang menjalankan program diet vegan. Selain itu, mie vegan ini nggak mengandung bahan hewani, loh.

Dari beberapa produsen juga, ada yang menghadirkan mie vegan ini tanpa menggunakan telur dan bawang sebagai bahan utamanya. Biasanya, mie vegan ini menggunakan bahan dasar konjac atau shirataki, dengan begitu produknya memiliki jumlah kalori yang rendah. Bahkan, mie vegan ini kebanyakan juga disajikan dengan cara kuah, karena lebih sehat dan rendah lemak.

Bukan cuma itu, proses pembuatan mie vegan ini juga menggunakan tepung singkong sebagai bahan utamanya agar kandungan gluten di dalamnya lebih rendah. Menariknya pun, mie vegan ini juga nggak menggunakan campuran bumbu MSG, maka dari itu rendah natrium, loh. 

Resep Mie Vegan

Bagi kamu yang ingin membuat mie vegan sendiri di rumah dengan rasa yang enak dan terjamin higienis, bisa lihat resep lengkapnya di bawah ini, ya!

Alat yang dibutuhkan

Resep Mie Vegan
wiratech.co.id

Adapun alat yang dibutuhkan untuk membuat mie vegan ini, seperti berikut:

  • Talenan
  • Pisau
  • Blender
  • Saringan
  • Sendok
  • Gelas takar
  • Wadah mangkuk kecil
  • Spatula kayu
  • Wadah mangkuk atau piring rata
  • Mixer mie atau mesin gilingan mie
  • Piring lebar yang rata

Bahan

Resep Mie Vegan
ulas.web.id

Selain itu, bahan mie vegan yang harus kamu persiapkan adalah:

BahanJumlah
Tepung terigu protein tinggi500 gram
Sawi hijau atau bayam atau pakcoy150 gram
Air200 ml
Telur ayam2 butir
Garam1 1/2 sendok teh
Tepung tapiokasecukupnya

Cara Membuat Mie Vegan

astronauts.id

Bisa dilakukan sendiri di rumah, berikut ini langkah pembuatan mie vegan:

  1. Siapkan dulu sawi hijau 150 gram dengan dicuci hingga bersih. Potong juga bagian akar sawi.
  2. Potong seluruh sawi hijau dengan jarak 1 cm.
  3. Siapkan blender, lalu masukkan seluruh potongan sawi hijau ke dalamnya.
  4. Tambahkan air 200 ml, kemudian hidupkan blender.
  5. Biarkan hingga sawi hijau hancur sampai halus.
  6. Sesudah itu, siapkan saringan di atas wadah mangkuk kecil.
  7. Tuangkan sawi hijau yang sudah diblender ke saringan secara sedikit demi sedikit agar nggak tumpah.
  8. Aduk-aduk saringan dengan menggunakan sendok agar air dari sawi hijaunya turun ke wadah.
  9. Sesudah semua air sawi hijau turun dan meninggalkan ampas, kamu bisa membuang ampasnya yang nggak terpakai.
  10. Mengingat kamu cuma membutuhkan air sawi hijau kurang lebih 130 ml, maka kamu bisa memisahkannya dengan gelas takar, lalu sisihkan dulu.
  11. Beralih ke pembuatan bahan lain, siapkan wadah mangkuk besar.
  12. Masukkan tepung terigu protein tinggi 500 gram ke dalam mangkuk.
  13. Tambahkan garam 1 ½ sendok teh makan ke dalam mangkuk, kemudian aduk hingga kedua bahan tercampur merata.
  14. Sementara itu, pecahkan telur 2 butir, lalu aduk lepas hingga kuning dan putih telur tercampur.
  15. Sesudah itu, masukkan telur tadi ke dalam adonan tepung terigu.
  16. Tambahkan juga air sawi hijau ke dalam mangkuk adonan sedikit dulu.
  17. Aduk ketiga bahan di dalam mangkuk dengan menggunakan spatula kayu. Kamu bisa melakukannya dengan perlahan agar tepung nggak tumpah.
  18. Tambahkan lagi air sawi sedikit demi sedikit hingga habis dan jangan lupa sambil adonan diaduk, ya.
  19. Aduh terus semua bahan tercampur rata dan mulai terbentuk.
  20. Sesudah itu, kamu bisa menguleni atau mengaduk adonan yang ada di mangkuk dengan menggunakan tangan. Tapi, pastikan juga kalau tangan kamu sudah bersih, ya.
  21. Mengingat tekstur adonan cukup keras, kamu bisa sesekali meremasnya dan jangan sampai terlalu lembek karena nanti adonan mie jadi susah untuk dibentuk. Tapi, kalau adonan mienya terlalu keras, kamu bisa menambahkan sedikit air aja, nih.
  22. Saat adonan mie sudah menyatu dan warnanya tercampur menjadi hijau merata, kamu bisa menyisihkannya dulu.
  23. Siapkan piring lebar yang rata atau loyang lebar, taburkan dengan tepung tapioka secukupnya agar adonan mie nggak lengket.
  24. Siapkan juga mixer mie yang sudah bersih, ambil sedikit adonan mie, lalu masukkan adonan dibagian penipis. Kamu bisa menipiskan adonan mie ini dengan ketebalan nomor 1 atau yang paling tebal.
  25. Putar alat mixer hingga adonan mie keluar, kalau permukaan adonan mie belum halus, kamu bisa mengulanginya beberapa kali.
  26. Saat permukaan adonan mie mulai halus dan ketebalannya sudah pas, kamu bisa tipiskan lagi dengan ketebalan nomor 5, namun cukup sekali aja, ya.
  27. Ulangi langkah sebelumnya, hingga adonan mie habis.
  28. Sesudah halus dan tipisnya kamu rasa cukup, sisihkan dulu semuanya di loyang. Jangan sampai setiap adonan mie tertimpa, karena bisa aja lengket.
  29. Berikutnya, lumuri adonan yang tipis tadi dengan tepung tapioka, lalu masukkan ke bagian penggiling mie.
  30. Adonan mie yang selesai dibentuk, bisa kamu sisihkan di loyang tadi, ya. Lakukan lagi langkah sebelumnya sampai adonan yang tipis sudah berbentuk mie.
  31. Mie vegan hijau pun sudah jadi dan siap untuk kamu masak. Kamu bisa mengolah mie ini menjadi mie kuah atau mie goreng. Tapi, pastikan terlebih dahulu kamu merebusnya. Bahkan, mie vegan ini juga bisa kamu masak dengan berbagai bahan lainnya, ya.

Baca juga :

Nah, itu dia resep mie vegan hijau yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Tapi, kalau nggak punya alat penggiling mie, kamu bisa membentuk mie ini dan memotong adonannya dengan pisau, ya. Bahkan, kamu juga bisa mengganti warna hijau pada mie vegan ini dengan pewarna makanan.

Buat kamu yang ingin memasak mie vegan tanpa harus membuatnya, bisa langsung temukan produk instannya di Blibli. Ada berbagai merek mie vegan yang tersedia di Blibli, mulai dari Daai, Telly, dan masih banyak lagi. Langsung aja nikmati mie vegan yang sesuai dengan keinginan kamu, ya!

Tag: