me

Resep Es Podeng Pengantin yang Segar, Cocok untuk Berbuka Puasa

May 08, 2024.By
Bagikan

inews.id
Cek disini resep Es Podeng Pengantin yang segar untuk menu berbuka di rumah!

Resep Es Podeng Pengantin — Saat sedang puasa, apapun yang segar pasti tampak nikmat dan berselera, termasuk minuman Es Podeng Pengantin ini. Minuman dingin yang cocok dijadikan sebagai menu buka puasa ini termasuk minuman jadul yang masih banyak penikmatnya. Bahkan, di waktu bulan Puasa Ramadhan, Es Podeng Pengantin ini menjadi ide jualan yang paling disukai, loh.

Bukan cuma bisa dinikmati saat bulan Ramadhan, minuman Es Podeng Pengantin ini juga bisa kamu dapatkan di pasaran, namun memang nggak ramai. Nah, biar kamu bisa menikmati Es Podeng Pengantin dengan rasa yang sesuai di lidah dan menjadi menu buka Puasa Senin-Kamis, ada baiknya kamu membuatnya sendiri di rumah. Tapi, sebelum itu simak dulu disini resep Es Podeng Pengantin.

Baca juga:


Tentang Es Podeng Pengantin

youtube.com

Es Podeng Pengantin adalah salah satu minuman dingin yang terdiri dari buah dan kolang kaling. Ada yang menyebutkan kalau Es Podeng Pengantin ini merupakan kuliner dari Garut, Jawa Barat, lalu dibawa oleh pedagang ke Jakarta. Sementara itu, di Jawa Timur Es Podeng Pengantin ini memiliki nama Es Pengantin karena sering disajikan saat acara pernikahan atau hajatan lainnya, loh.

Swallow Globe Brand Agar-Agar Warna Merah 1 Sachet

Selain itu, banyak yang mengatakan juga kalau Es Podeng Pengantin ini termasuk minuman sehat, karena dihidangkan dengan berbagai jenis buah dan puding atau puding yang kaya serat. Podeng yang digunakan seperti kolang kaling, yang mana manfaatnya baik untuk kesehatan sendi dan bagus untuk anak hingga orang tua.

Sementara itu, untuk buah-buahan yang digunakan dalam minuman Es Podeng Pengantin ini, diantaranya ada nanas, melon, pepaya, kelengkeng, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mengganti atau menambahkan salah satu buah lainnya pada minuman segar ini dan tergantung dengan selera masing-masing, ya.

Resep Es Podeng Pengantin

Perlu diingat, cara membuat minuman Es Podeng Pengantin ini cukup mudah, kok. Asal kamu mengetahui dan mengikuti instruksi sesuai resepnya.

Inaco Kolang Kaling Minuman 360 g

Adapun alat dan bahan yang harus kamu persiapkan untuk membuat Es Podeng Pengantin cek disini!

Alat yang Dibutuhkan

resep es podeng pengantin
food.detik.com
  • Wadah plastik
  • Pisau
  • Talenan
  • Panci Rebus
  • Spatula
  • Wadah anti panas atau cetakan puding
  • Kompor

Bahan 

resep es podeng pengantin
earth.com

Bahan Setup Nanas dan Pepaya

  • 1 buah pepaya
  • 1 buah nanas
  • 800 ml air (masing-masing 400 ml)
  • 2 biji kayu manis
  • 6 buah cengkeh
  • 200 gram gula pasir (masing-masing buah 100 gram)

Bahan Pembuatan Kolang Kaling

  • 250 gram kolang kaling
  • 100 gram gula pasir
  • pewarna makanan warna merah
  • 2 daun pandan

Bahan Pembuatan Agar-Agar

  • 1 bungkus agar-agar coklat
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 8 sendok makan gula pasir
  • 2 sachet susu kental manis
  • 600 ml susu
  • 600 ml air

Cara Membuat

resep es podeng pengantin
topwisata.info
  1. Sebelum membuat, persiapkan semua bahan yang ada, seperti kupas semua kulit nanas dan pepaya, lalu cuci hingga bersih. Jangan lupa untuk membuang bagian biji nanas dan pepaya, ya.
  2. Sesudah itu, kamu bisa memotong nanas dan pepaya dengan bentuk segitiga atau sesuai selera kamu. Jangan terlalu besar dan pastikan semua potongannya sama, ya.
  3. Siapkan kompor dan panci rebusan, lalu hidupkan api kompor dengan ukuran sedang ke kecil.
  4. Masukkan semua potongan pepaya, kayu manis, cengkeh, gula pasir, dan 400 ml air ke dalam panci. Aduk dengan menggunakan spatula secara pelan hingga gula pasirnya larut.
  5. Saat gula sudah larut, tunggu beberapa saat hingga airnya mendidih, lalu matikan api kompornya. Perlu diingat, untuk merebus pepaya ini nggak perlu terlalu lama, ya. Pindahkan pepaya di wadah yang terpisah dan tahan panas.
  6. Siapkan kembali kompor dan panci rebusan bekas pepaya, lalu hidupkan api kompor.
  7. Masukkan semua potongan nanas dan tambahkan bahan-bahan lainnya, seperti gula pasir, kayu manis, cengkeh, dan 400 ml air.
  8. Sama seperti pepaya, kamu bisa menunggu gula larut sambil mengaduknya dengan perlahan.
  9. Sesudah air mendidih, matikan api kompor dan pindahkan ke wadah lainnya, lalu sisihkan.
  10. Berikutnya, membuat kolang kaling dengan yang sudah dipersiapkan bahan-bahannya. 
  11. Sebelumnya, rebus dulu air dan gula di panci dengan api kompor sedang.
  12. Tambahkan dua ikat daun pandan, lalu tunggu sampai airnya mendidih.
  13. Saat air sudah mendidih, kamu bisa menambahkan kolang kaling ke dalam panci, kemudian tambahkan pewarna makanan sedikit aja.
  14. Aduk semua bahan dan pastikan gula sudah larut dengan air. Sambil diaduk, kamu bisa menunggu rebusan kolang kaling sampai airnya menyusut dan sudah empuk, jika sudah kamu bisa mematikan api kompor lalu sisihkan.
  15. Kini, beralih untuk membuat agar-agar sebagai penambah rasa untuk Es Podeng Pengantin ini.
  16. Masukkan semua bahan agar-agar kedalam panci, seperti agar-agar coklat, gula pasir, susu kental manis rasa coklat, dan 600 ml air.
  17. Aduk semua bahan hingga larut, lalu tunggu airnya mendidih sambil diaduk.
  18. Sesudah rebusan agar-agar mendidih, kamu bisa memindahkannya ke cetakan agar-agar dan sisihkan.
  19. Sambil menunggu agar-agar yang coklat mengeset, kamu bisa membuat agar-agar plain, ya.
  20. Caranya masih sama, masukkan agar-agar plain bubuk, gula pasir, dan 600 ml susu cair, kemudian aduk semua bahan hingga tercampur dan larut.
  21. Saat air sudah mendidih, kamu bisa mematikan kompor, lalu tuangkan ke atas agar-agar coklat yang sudah mengeset. Masukkan juga wadah agar-agar ke dalam kulkas, agar lebih cepat terbentuk, ya.
  22. Sesudah agar-agar berhasil membentuk, kamu bisa memotongnya menjadi beberapa bagian. Potong semua agar-agar sesuai selera dan pastikan ukurannya sama seperti potongan buah-buahan tadi.
  23. Jangan lupa, untuk menyiapkan simpel sirup, yaitu dengan menggunakan gula pasir yang dilarutkan air. Bagi kamu yang mungkin nggak mau repot, bisa memberikan sirup manis dengan rasa apa aja dan usahakan sirup berwarna bening, ya.
  24. Terakhir, siapkan wadah atau mangkuk saji, lalu masukkan es batu secukupnya dan semua bahan yang sudah dipotong dan dimasak, seperti buah nanas, pepaya, kolang kaling, serta potongan agar-agar. Tambahkan juga sirup secukupnya sesuai selera. Kamu bisa memberikan 3 potongan untuk setiap wadah agar nggak terlalu banyak dan rasanya seimbang.
  25. Es Podeng Pengantin pun sudah siap untuk dinikmati, deh.

Baca juga:

Nah, itu dia resep mudah untuk membuat minuman Es Podeng Pengantin yang segar sebagai menu berbuka puasa. Sekarang kamu jadi nggak perlu repot lagi mencari Es Podeng Pengantin yang rasanya sesuai di lidah kamu. Cukup membuatnya sendiri di rumah dan kamu bisa menikmatinya kapan aja bersama keluarga.

Bagi kamu yang ingin mencari bahan-bahan dan alat untuk membuat Es Podeng Pengantin ini, nggak perlu repot ke pasar, nih. Bisa dengan satu kali klik, kamu sudah temukan produk kolang kaling yang bagus dan masih baru. Tunggu apalagi? Yuk, sajikan minuman Es Podeng Pengantin yang sehat di rumah!

Tag: