me

Resep Ceker Mercon untuk Sajian Pas di Musim Hujan

May 08, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Ceker mercon merupakan salah satu sajian enak yang digemari masyarakat Indonesia. Pengen buat masakan ini? Yuk, simak resep ceker mercon yang mudah pada artikel di bawah ini.

Resep Ceker Mercon —Pecinta makanan pedas sudah pasti tidak asing dengan ceker mercon. Makanan yang memiliki rasa gurih dan pedas ini begitu diminati banyak orang. Ceker mercon paling cocok jika dimakan dengan semangkuk nasi yang masih hangat. Di Indonesia sendiri cukup mudah untuk menemukan penjual yang menyediakan menu resep ceker ini, baik di tempat makan maupun di penjual pinggir jalan.

Sebenarnya, cara buat resep ceker mercon yang empuk dan nikmat bisa dilakukan dengan mudah lho. Anda bisa mencoba untuk membuat resep makanan ini di rumah untuk sajian makanan bersama keluarga. Mau belajar bikin jenis makanan ini? Jangan takut gagal, yuk coba bikin ceker mercon yang enak dan empuk dengan resep berikut ini.

Baca juga: Resep Sop Iga Sapi


Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan Utama

  • 250 – 500 gram ceker ayam bersih
  • 3 daun jeruk
  • 2 daun serai
  • 1-2 cm lengkuas
  • 2 ruas jahe
  • Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu ayam/ sapi bubuk
  • Air secukupnya
  • Lada secukupnya
  • 5 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 6 buah bawang merah
  • 4 buah bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 2 ruas kunir

Alat-Alat yang Diperlukan

  • Kompor
  • Spatula
  • Wajan
  • Pisau
  • Talenan
  • Blender
  • Mangkuk/Piring
  • Panci

Cara Membuat Ceker Mercon

  1.       Bersihkan ceker yang akan dimasak
  2.       Rebus ceker tersebut dan campurkan dengan daun jeruk, sirih, dan serai untuk membuat ceker menjadi lebih empuk
  3.       Haluskan bahan bumbu halus (cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, minyak goreng, kunir, jahe)
  4.       Panaskan minyak goreng di wajan lalu tumis bumbu halus tersebut
  5.       Masukkan ceker ke dalam tumisan bumbu halus di wajan
  6.       Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk, dan lada sesuai selera lalu aduk secara merata
  7.       Tambahkan air secukupnya
  8.       Setelah matang, hidangkan ceker mercon di piring atau mangkuk
  9.       Makan selagi hangat bersama nasi

Tips Membuat Ceker Mercon

Apakah Blibli Friends tertarik untuk membuat menu masakan ceker mercon yang enak dan empuk? Ceker mercon bisa dibuat dengan mudah lho. Namun, sebelum membuat ceker mercon sesuai dengan resep di atas, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Inilah tips membuat ceker mercon untuk Blibli Friends

1.      Pilih Ceker yang Berkualitas

Rasa ceker mercon yang lezat bisa didapat jika bahan yang digunakan masih fresh dan berkualitas. Sebagai bahan utama menu masakan ini, ceker harus memiliki kualitas yang bagus. Memilih ceker yang masih segar memang gampang-gampang susah. Nah, kamu harus tahu ciri-ciri ceker yang masih bagus sebelum diolah menjadi makanan. Ciri-ciri ceker berkualitas bisa kamu lihat berikut ini.

  •       Ceker yang berwarna putih dengan sedikit merah mudah di permukaannya
  •       Nggak beraroma amis yang berlebihan
  •       Ceker nggak punya tekstur lengket ketika dipegang

Ciri-ciri di atas bisa menjadi patokan ketika kamu sedang berbelanja ceker untuk berbagai menu masakan, Tentu kamu nggak pengen dong kalau rasa masakan jadi nggak maksimal hanya karena ceker yang kurang segar? Nah, dengan memperhatikan ciri ceker yang segar, kamu bisa membeli ceker dengan kualitas terbaik untuk membuat sajian ceker mercon yang enak.

2.      Bersihkan Kuku dan Bagian Kasar pada Ceker

Tips lain yang perlu kamu ketahui ketika ingin memasak menu masakan ini adalah bersihkan ceker dengan maksimal. Ceker adalah bagian dari tubuh ayam yang perlu dibersihkan yaitu dengan memotong bagian kuku dan menghilangkan bagian kasar pada telapak bagian bawah. Sebelum mengolah ceker, pastikan kamu sudah membersihkan bagian-bagian tersebut.

Hal tersebut dilakukan agar kebersihan ceker lebih terjaga. Selain itu, proses pembersihan ini juga dilakukan untuk mendapatkan bagian daging ceker yang empuk dan tidak kasar. Jika kamu ingin lebih praktis, maka Blibli Friends bisa minta tolong kepada penjual ayam untuk membersihkan ceker-ceker tersebut.

Setelah kuku dan bagian yang kasar pada telapak bawah ceker sukses dihilangkan, jangan lupa untuk mencuci ceker dengan menggunakan air mengalir. Cuci hingga ceker benar-benar bersih lalu tiriskan. Pastikan nggak ada sisa-sisa kotoran yang masih menempel di bagian ceker tersebut. Ceker yang bersih juga akan membuat rasa masakan menjadi lebih maksimal lagi.

3.      Rebus Ceker dengan Daun Jeruk, Batang Serai, dan Daun Salam

Proses memasak ceker yang nggak tepat juga bisa berakibat kepada bau amis dan daging yang alot. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar ceker bisa empuk dan nggak amis. Salah satu cara sederhana yang bisa Blibli Friends lakukan adalah dengan merebus ceker menggunakan air yang sudah dicampur dengan daun jeruk, batang serai, dan daun salam.

Ketiga bahan alami ini dinilai ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ceker. Oleh karena itu, sebelum mengolah menu masakan ini, pastikan Blibli Friends sudah membeli ketiga bahan alami tersebut, ya! Selain itu, rebus ceker selama kurang lebih 1 jam untuk mendapatkan ceker yang empuk ketika dimakan.

4.      Pilih Bahan-Bahan yang Segar

Selain memilih ceker yang baik, Blibli Friends juga harus memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ceker mercon memiliki kualitas yang baik. Terutama untuk bahan bumbu halus yang akan mempengaruhi rasa dari menu masakan ceker mercon ini. Pemilihan cabe, bawang, dan bahan lainnya harus fresh, sehingga rasa masakan menjadi lebih lezat.

Bahan yang nggak segar akan mempengaruhi rasa masakan lho. Jadi, memilih sayuran yang segar adalah suatu hal yang wajib dilakukan untuk membuat masakan ceker mercon yang enak. Saat ini, cukup mudah untuk menemukan sayuran yang segar dan terjamin kualitasnya. Kamu bisa membeli sayuran segar melalui toko offline bahkan melalui toko online juga lho.

5.      Sesuaikan Tingkat Kepedasan

Ceker mercon memang identik dengan rasanya yang pedas dan gurih. Jika membuat menu masakan ini di rumah, kamu bisa menentukan tingkat kepedasan sesuai selera. Banyak orang yang menambahkan banyak cabai karena suka dengan rasa yang super pedas. Namun, rasa masakan yang terlalu pedas bisa menimbulkan resiko kesehatan bagi tubuh lho.

Oleh karena itu, pastikan Blibli Friends menyesuaikan tingkat kepedasan ceker mercon dengan kemampuan tubuhmu. Jangan sampai rasa ceker mercon yang terlalu pedas justru berdampak pada kesehatanmu. Jadi, tambahkan cabai secukupnya saja agar tetap terasa pedas, namun tidak terlalu berlebihan saat dimakan oleh Blibli Friends.


Baca juga: Resep Sop Ayam yang Mudah

Wah, ternyata ternyata bikin ceker mercon bisa dilakukan dengan mudah, ya! Nah, buat kamu yang tertarik untuk mengikuti resep ceker mercon di atas bisa menyiapkan semua bahan segar yang diperlukan dengan berbelanja supermarket online di Blibli. Ada banyak sekali bahan-bahan segar yang bisa kamu temukan di supermarket online itu lho. Yuk, belanja di Blibli sekarang juga!