me

Rekomendasi Probiotik untuk Ibu Hamil, Cek Disini!

Feb 22, 2024.By
Bagikan

freepik.com/author/partystock
Simak rekomendasi probiotik untuk ibu hamil mulai dari makanan hingga minuman!

KKE

Probiotik menjadi salah satu mikroorganisme hidup yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama pencernaan. Bahkan, probiotik sendiri disebut sebagai bakteri ramah yang menguntungkan dan dapat ditemukan secara alami di usus. Ini rekomendasi probiotik untuk ibu hamil yang dapat menyeimbangkan bakteri jahat dalam usus sekaligus membantu menjaga kesehatan dan sistem pencernaan dalam tubuh.

Selain baik untuk anak-anak dan orang tua, nyatanya probiotik ini juga dianjurkan untuk ibu hamil, agar mengurangi kemungkinan bayi terkena eksim. Meski memang belum ada bukti yang membenarkan, probiotik ini juga bisa mengatasi gangguan pencernaan pada ibu hamil, loh. Nah, kamu bisa simak dulu rekomendasi probiotik untuk ibu hamil, mulai dari makanan hingga makanan.

Baca juga :   


Coklat Hitam

Coklat Hitam
freepik.com/author/freepik

Rekomendasi makanan probiotik untuk ibu hamil yang pertama adalah coklat hitam. Buat kamu yang suka dengan makanan manis, coklat hitam ini bisa menjadi pilihan yang tepat, karena kandungan probiotik alami sering ditemukan di dalamnya. Hal itu juga diungkapkan oleh American Pregnancy Association, di mana coklat hitam mengandung magnesium dan flavonoid.

Selain itu, coklat hitam ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan ibu hamil, mulai dari menurunkan tekanan darah tinggi, berfungsi sebagai antioksidan kuat dan bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, mengoptimalkan imunitas ibu hamil, menurunkan resiko preeklampsia, mencegah kontraksi dini dan membantu pembentukan hemoglobin, serta mencegah anemia, ya.

Miso

Miso
freepik.com/author/edgunn

Sama seperti yang kita tahu, miso sup merupakan salah satu makanan khas Jepang yang populer dan bisa dimakan oleh siapa aja, termasuk ibu hamil. Miso sup ini termasuk sajian fermentasi, yang dibuat dari beberapa biji-bijian, salah satunya adalah kacang kedelai. Maka dari itu, miso ini memiliki kandungan yang bermanfaat, seperti tinggi vitamin B, E, K, asam folat, , protein, dan mineral.

Selain itu, manfaat miso sup untuk ibu hamil ini pun cukup membantu, seperti gangguan pencernaan yang bisa menimbulkan perut kembung dan sembelit. Tenang aja, memang gejala tersebut normal dialami oleh ibu hamil, sebab kondisi pergerakan usus kamu menjadi lebih lambat. Disamping itu, pengaruh hormon progesteron juga menjadi penyebab lain ibu hamil mengalami sembelit, ya. 

Yoghurt

Yoghurt
freepik.com/author/freepik

Salah satu minuman yang juga mengandung probiotik dan baik untuk ibu hamil adalah yogurt. Memang yoghurt sudah dikenal sebagai sumber protein alami yang terbaik dan sangat mudah ditemukan. Yoghurt sendiri adalah minuman yang berasal dari olahan susu fermentasi dan menggunakan bakteri asam laktat, yaitu lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophillus.

Sementara itu, manfaat yang bisa dirasakan bagi ibu hamil selama mengkonsumsi yoghurt ini adalah mampu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus, mengurangi efek negatif dari makanan pedas dan menghindari terjadinya refluks asam, menjaga kesehatan tulang dan gigi pada janin, meningkatkan imunitas tubuh, dan membantu mengelola stres dan kecemasan secara efektif.

Kefir

Kefir
freepik.com/author/chandlervid85

Sama seperti yoghurt, minuman yang juga mengandung probiotik dan baik untuk ibu hamil ini juga dikelola melalui proses fermentasi, ya. Pembuatan kefir ini berasal dari biji-bijian dan membuat rasanya begitu mirip dengan minuman yoghurt. Bahkan, dari manfaat kefir ini lebih baik daripada yoghurt, karena sudah mengandung berbagai mineral dan vitamin, loh.

Adapun kandungan di dalam kefir ini berupa vitamin K, B1, kobalamin, magnesium, kalsium, asam laktat, asam amino, ragi, dan bakteri yang menguntungkan. Memang dari beberapa sumber, kefir ini nggak disarankan untuk ibu hamil, namun memiliki manfaat. Meski begitu, kamu tetap harus berkonsultasi dulu kepada pihak dokter dan ketahui juga jumlah probiotik yang perlu dikonsumsi, ya.

Acar Mentimun

Acar Mentimun - rekomendasi probiotik untuk ibu hamil
liputan6.com

Selain ingin mengkonsumsi makanan pedas, para ibu hamil biasanya bakal menginginkan makanan acar. Memang dari segi kesehatan acar ini memiliki kandungan garam yang tinggi, namun mengandung probiotik. Hal ini juga dikutip oleh WebMD, acar nggak beresiko membahayakan bagi ibu hamil dan memiliki kandungan nutrisi, seperti vitamin A, K, kalium, fosfor, dan asam folat, ya.

Disamping itu, tentu ada manfaat yang baik dari acar untuk ibu hamil, yaitu menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh yang dibutuhkan oleh janin yang sedang berkembang, meningkatkan kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan, melawan radikal bebas, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mengingat garam salah satu bahan utama acar, maka kamu perlu berkonsultasi pada dokter, ya.

Kombucha

Kombucha
freepik.com/author/pikisuperstar

Pastinya, kamu sudah pernah mendengar teh kombucha yang pernah populer belakangan ini. Memang salah satu jenis minuman yang difermentasikan ini juga baik untuk ibu hamil. Terlebih lagi, kombucha memiliki kandungan probiotik yang kadar teh di dalamnya lebih rendah jika dibandingkan dengan teh biasa. Meski begitu, di dalam kombucha juga terdapat kandungan kafein, loh.

Sementara itu, meminum teh kombucha saat hamil diyakini bisa mendukung sistem saraf, meningkatkan energi, meningkatkan kekebalan tubuh yang lebih baik, mencegah hipertensi, mendetoksifikasi tubuh, serta memberikan antioksidan.

Tapi, perlu kamu tahu bahwa kandungan kafein yang ada di dalam kombucha ini bisa menimbulkan efek samping untuk ibu hamil, ya. Maka dari itu, kamu harus ketahui dulu jumlah dan porsi yang tepat sebelum mengkonsumsi kombucha.

Tempe

Tempe - rekomendasi probiotik untuk ibu hamil
freepik.com/author/azerbaijan-stockers

Rekomendasi makanan yang juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu tempe. Salah satu jenis makanan yang difermentasi ini memang memiliki sumber probiotik alami dengan jumlah yang tinggi. PubMed Central pun juga berpendapat, di dalam tempe terdapat kandungan vitamin b12, yang mana baik dibutuhkan oleh ibu hamil.

Disamping itu, tempe memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil, mulai dari membuat suasana hati menjadi lebih baik, bisa menjadi sumber protein, meningkatkan sistem kerja otak pada janin, mencegah anemia penyebab kelelahan, memperkuat tulang, dan masih banyak lagi.

Natto

Natto - rekomendasi probiotik untuk ibu hamil
ihatec.com

Terakhir, makanan yang juga bisa menjadi sumber probiotik dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah natto. Bisa dikatakan, natto ini merupakan makanan yang mirip dengan sup miso dan tempe, yang mana cara pembuatannya melalui proses fermentasi. Sementara itu, natto sendiri makanan yang berasal dari Jepang dan menggunakan kacang kedelai sebagai bahan utamanya.

Adapun manfaat natto untuk ibu hamil dan kesehatan lainnya adalah menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat di dalam saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kepadatan dan kesehatan tulang, menjaga kesehatan jantung, memelihara kesehatan dan fungsi otak, mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker, terutama bagi kamu yang menderita tukak lambung.


Baca juga :   

Adanya manfaat dari berbagai makanan dan minuman mengandung probiotik yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil seperti di atas. Kamu bisa temukan suplemen probiotik di Blibli yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan anggota keluarga lainnya. Pastinya, dengan adanya manfaat probiotik ini kesehatan tubuh dan janin kamu tetap terjaga dengan baik, ya.

Tag: