me

Permintaan Efektif: Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Aug 10, 2022.By
Bagikan

image source: www.pexels.com

Dalam dunia ekonomi ada yang disebut dengan permintaan dan penawaran. Permintaan secara umum adalah keinginan atau kebutuhan konsumen akan sebuah produk atau jasa di satu periode waktu tertentu. Oleh seorang filsuf dan ahli ekonomi asal Skotlandia yang bernama Adam Smith, permintaan dibagi menjadi 3 yaitu permintaan potensial, permintaan absolut dan permintaan efektif.

BACA JUGA : Mengenal Apa Itu Investasi Lebih Jauh untuk Pemula


Pengertian Permintaan Efektif

Apa itu permintaan efektif? Secara umum, ini adalah permintaan akan suatu barang atau jasa yang disertai dengan kesediaan membayar yang tepat untuk menghadirkan barang maupun jasa yang diminta ke pasar. Permintaan efektif merupakan satu elemen penting yang mampu mendorong dan mempertahankan kondisi ekonomi secara luas. Permintaan efektif sangat tergantung dari daya beli konsumen.

Rumus dan Cara Menghitung Permintaan Efektif

Untuk mengetahui jumlah permintaan efektif, maka harus ada beberapa unsur berikut ini:

P: volume produksi total dari usaha yang sejenis

I: volume impor produk yang sama dari negara lain

E: volume ekspor untuk produk yang sama ke negara lain

DC: selisih persediaan awal dan akhir produk.

Kalau semua unsur di atas sudah dimiliki, maka rumus permintaan efektif (PE) adalah:

PE = P + (I – E) + DC

Misalnya di tahun 2021 jumlah produksi total tas ransel di kota Bandung adalah 1.500.000 pasang. Sedangkan jumlah sepatu yang diimpor ke Bandung adalah 350.000 pasang. Sementara kota Bandung juga mengekspor sepatu mereka ke luar negeri sebanyak 750.000 pasang. Tercatat, selisih persediaan sepatu di awal dan akhir tahun 2022 adalah 100.000 pasang. Jadi berapa permintaan efektifnya?

PE = P + (I – E) + DC

PE = 1.500.000 + (350.000 – 750.000) + 100.000

PE = 1.000.000.

Contoh Permintaan Efektif

Contoh yang paling simpel adalah pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Misalnya, di rumah kita sedang membutuhkan kulkas 2 pintu baru karena kulkas yang lama rusak. Karena kebetulan dananya sudah siap, maka kulkas 2 pintu pun langsung dibeli. Maka adanya kulkas 2 pintu di dalam rumah kita merupakan permintaan efektif karena kita mampu meminta dan mampu membelinya.

Sedangkan contoh yang lebih besar adalah jika ada cukup banyak konsumen yang bersedia dan mampu membayar Rp 700 juta untuk tiap unit mobil kelas atas. Maka ini akan jadi insentif yang mutlak bagi produsen mobil tersebut untuk memulai proses produksinya. Ini sering terjadi untuk pemesanan mobil secara Pre Order (PO), yang produksinya baru dimulai setelah PO berakhir.


Baca juga : Investasi Jangka Panjang? Berikut Pengertian dan Jenis-jenisnya

Luno E-Voucher Bitcoin (Beli Rp50.000, Dapat Bitcoin Gratis Rp50.000)

Permintaan efektif penting banget fungsinya dalam sebuah bisnis. Kalau kamu juga sedang menabung untuk membuat bisnismu sendiri, salah satu cara untuk mendapat modal adalah dengan berinvestasi. Yuk, mulai melakukan investasi digital dari sekarang! Pilihannya beragam dan bisa dimulai dari jumlah yang terjangkau. Blibli hadir dengan berbagai instrumen investasi digital yang kredibel, lho.

Voucher Emas Digital Treasury (500k)

Blibli Friends bisa pilih investasi di crypto. Misalnya dengan membeli Luno E-Voucher Bitcoin [Beli Rp 50.000, Dapat Bitcoin Gratis Rp 50.000] yang harganya Rp 15.000. Bisa juga mulai investasi emas digital dengan Voucher Emas Digital Treasury [500k] yang bisa kamu dapatkan seharga Rp 501.150. Mau cek opsi lainnya? Yuk, segera cek varian instrumen investasi digital lainnya di Blibli!

Tag: