me

Ketahui Perbedaan Wibu dan Anime Lover

Dec 20, 2022.By
Bagikan

ketahui Anime adalah salah satu jenis tayangan yang cukup menarik untuk ditonton karena memiliki banyak genre dan ditambah dengan serinya yang cukup banyak. Anime adalah serial asal Jepang yang banyak digemari dan kadang ada kesalahan dalam penyebutan orang yang menyukai budaya Jepang secara keseluruhan hingga orang yang hanya menyukai anime saja dan hal ini sering disamaratakan.

Jika kamu juga sering rancu dengan penyebutan antara wibu dan anime lover atau mungkin menganggap keduanya sama maka nggak ada salahnya untuk mencari tahu lebih jauh. Setelah itu, kamu juga bisa menemukan banyak koleksi action figure sesuai dengan karakter anime kesukaanmu. Jadi, yuk simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja perbedaan antara wibu dan anime lovers.

Baca juga: Cara Top Up PUBG

Anime menjadi tontonan favorit dari waktu ke waktu karena alurnya yang menarik dan ada banyak pilihan seri yang tidak akan membosankan. Tetapi berbicara soal anime sering kali terjadi kerancuan dalam penyebutan antara wibu dan anime lover. Jika kamu masih bingung untuk membedakan keduanya maka nggak ada salahnya untuk menyimak perbedaan keduanya berikut ini.

Perbedaan Istilah

animehighway.com

Perbedaan pertama yang dimiliki antara wibu dan anime lovers adalah dari perbedaan istilah atau makna penyebutannya. Anime lovers sesuai dengan namanya adalah seseorang yang mencintai anime dan biasanya akan menonton anime untuk mengisi waktu luang atau menemukan serial anime dengan cerita yang menarik dan sesuai dengan seleranya.

Dari istilah tersebut dapat diketahui bahwa minat dari anime lovers hanyalah menonton anime saja. Anime ini memiliki berbagai seri dan episode, hal itulah yang menjadi minat dari anime lovers dan biasanya mereka akan menonton seri tersebut hingga selesai dan mengetahui akhir dari ceritanya supaya tidak menggantung dan menuntaskan rasa penasarannya akan anime itu.

Kondisi ini berbeda halnya dengan wibu yang menyukai budaya Jepang secara keseluruhan, mulai dari makanan, anime, musik hingga budaya Jepang secara keseluruhan. Wibu memiliki tingkatan menyukai budaya Jepang secara luas sehingga tidak hanya terbatas pada anime saja atau pada musik Jepang saja sehingga dari istilah ini sudah mulai terlihat perbedaannya.

Sementara itu, wibu memiliki makna yang cukup luas dalam mencintai budaya Jepang karena mereka memiliki pemahaman yang cukup luas jika berbicara seputar budaya Jepang, mulai dari bahasa yang sudah dipahami dengan baik hingga tingkat pengetahuan yang cukup luas seputar budaya, kebiasaan hingga adat istiadat yang dimiliki oleh masyarakat Jepang itu sendiri.

Tingkat Adiksi

gigazine.net

Perbedaan yang kedua antara wibu dan anime lovers adalah tingkat adiksinya pada budaya Jepang. Anime lovers bisa dikatakan memiliki tingkatan adiksi pada budaya Jepang cukup rendah dan hanya menonton anime saja sehingga disebut sebagai anime lovers. Anime lovers ini akan menonton anime untuk mengisi waktu luang dan bukan suatu keharusan secara rutin.

Anime lovers ini biasanya akan menonton anime tanpa adanya keharusan dan hanya akan menonton begitu ada seri yang disukai serta tidak memiliki tingkat ketergantungan yang cukup tinggi untuk selalu menonton anime semua genre. Anime lovers akan menonton anime tanpa adanya jadwal hanya dilakukan ketika ingin atau saat mood saja.

Tingkat adiksi tersebut berbeda dengan wibu, wibu memiliki tingkat adiksi yang cukup tinggi terhadap budaya Jepang. Jika anime lovers hanya menyukai anime saja maka hal ini berbeda halnya dengan wibu yang menyukai budaya Jepang secara keseluruhan, mulai dari budaya, makanan, anime, musik hingga kehidupan sosial yang dimiliki oleh masyarakat Jepang.

Tingkat adiksi yang dimiliki oleh wibu ini tergolong tinggi dan bisa dikatakan yang paling tinggi. Wibu seperti memiliki kewajiban untuk menonton dan menggunakan semua yang berbau Jepang dan jika dalam satu hari hal tersebut tidak dilakukan akan ada bagian yang kurang sehingga mereka harus melakukannya secara rutin atau berkelanjutan setiap harinya.

Tingkatan Menyukai Budaya Jepang

medium.com

Perbedaan yang ketiga antara wibu dan anime lover adalah pada tingkatan menyukai budaya Jepang. Anime lovers dalam menyukai budaya Jepang hanya sebatas menyukai anime dan musiknya saja sehingga tidak begitu mendalam. Anime lovers ini bisa dikatakan memiliki tingkatan terendah perihal menyukai budaya Jepang karena mereka hanya menonton anime.

Setelah menonton anime yang ditujukan sebagai hiburan mereka akan menganggap itu selesai sehingga tidak akan melakukan cosplay dan sebagainya. Anime lovers biasanya hanya akan kagum dan memahami budaya Jepang karena telah menonton anime Jepang. Ketika menonton anime tentu mereka juga harus memahami latar cerita dan pemahaman yang dimiliki hanya itu.

Batasan pemahaman dan mengetahui lebih banyak seputar budaya Jepang akan berhenti di sana bagi anime lovers. Akan tetapi hal yang berbeda terjadi pada wibu. Mereka menyukai budaya Jepang dengan antusias yang cukup tinggi dan nggak jarang mereka akan lebih menyukai budaya Jepang beserta hal yang berbau Jepang dibandingkan dengan negaranya.

Tingkatan menyukai budaya Jepang bagi wibu ini cukup tinggi dan bisa dikatakan berada pada tingkatan yang tertinggi. Wibu akan menyukai semua hal yang berbau Jepang dengan mendetail dan tidak jarang mereka juga mengagungkan budaya tersebut. Wibu juga akan memahami budaya Jepang dengan cukup baik bahkan hingga detailnya dengan cukup teliti.

Tingkatan Keinginan untuk Membeli Merchandise

japantimes.co.jp

Perbedaan yang keempat antara wibu dan anime lovers terletak pada tingkatan keinginan untuk membeli merchandise. Pada anime lovers tingkatan untuk membeli merchandise berbau Jepang cukup rendah meski mereka telah menonton animenya. Anime lovers cenderung biasa saja dalam hal mengoleksi beragam merchandise berbau Jepang sehingga tidak begitu serius.

Anime lovers bisa dikatakan cukup jarang memberi hal-hal yang berbau dengan merchandise sehingga mereka hanya menikmati anime yang menjadi favoritnya. Jika ada karakter yang mereka sukai baru akan membelinya namun keinginannya tidak begitu tinggi dan bukan menjadi kewajiban untuk memiliki semua koleksinya dan biasanya juga akan cenderung minim koleksi.

Hla yang berbeda terjadi pada wibu yang memiliki beragam merchandise seputar Jepang termasuk anime yang telah mereka tonton. Keinginan untuk membeli merchandise seputar anime yang sudah ditonton hingga yang berbau Jepang cukup tinggi dan bahkan pada beberapa orang menjadi kewajiban untuk memiliki koleksi yang lengkap satu per satu.

Wibu memiliki keinginan dan akan membeli beragam merchandise Jepang hingga hal-hal yang berbau seputar anime yang telah ditonton. Nggak jarang mereka juga akan mengoleksi koleksi dari karakter anime tersebut untuk dijadikan cosplay. Hal ini adalah salah satu hal yang tidak dilakukan oleh anime lovers karena mereka hanya sekedar menyukai dengan tingkatan rendah.

Baca juga: Cara Main Lego Minecraft yang Seru

Bagaimana Blibli Friends sudah jelas bukan perbedaan antara wibu dan anime lovers? Kamu bisa menonton anime atau sejumlah tayangan yang berbau Jepang dengan kualitas terbaik di Smart TV, lho. Selain itu, jika kamu ingin menemukan beragam karakter action figure bisa mengunjungi Blibli sekarang juga untuk menemukannya dan  nikmati beragam promo menarik pada setiap pembelian action figure. 

Tag: