me

Perbedaan TV Digital dan Smart TV, Cek Perbedaanya di Sini!

Apr 06, 2022.By
Bagikan

image source: www.unplash.com

Pada masa kini, ada banyak orang yang ingin membeli TV terbaik sekaligus canggih. Hal ini dilakukan untuk bisa membantu mereka menyaksikan berbagai tayangan terbaik, terutama TV digital. Nah, sayangnya nggak semua orang udah memahami bahwa nggak semua tahu perbedaan TV Digital dan Smart TV,  sehingga bisa aja mereka salah pilih. Tentunya hal ini bisa merugikan, bukan?

Buat kamu yang mau membeli TV, pastikan untuk mengetahui jenisnya. Di samping itu kamu bisa juga mengetahui perbedaan TV digital dan smart TV. Pasalnya, nggak semua TV digital bisa disamakan seperti smart TV, sebab pemakaiannya pun ada yang harus mengandalkan koneksi internet maupun enggak. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini aja, yuk!

BACA JUGA : Perbandingan iPhone XR vs iPhone XS vs iPhone X, Cari Tahu Yuk

——————————————————————————————————

Perbedaan TV Digital dan Smart TV

Siapa bilang TV digital sama dengan smart TV? Faktanya, TV digital dihadirkan baru-baru ini. sebaliknya, smart TV udah dihadirkan sebelum itu. Di samping itu, keduanya emang memiliki tampilan yang sekilas mirip. Akan tetapi, ternyata ada juga perbedaan TV digital dan smart TV yang nggak diketahui semua orang. Nah, apa aja perbedaannya? Simak ulasan yang ada di bawah ini untuk mengetahuinya!

Sinyal yang Digunakan

Samsung 32T4001 TV LED 32 Inch Digital TV USB Movie HD UA32T4001

Perbedaan pertama bisa kamu ketahui dari sinyal yang digunakan TV digital dan smart TV. Nah, seperti namanya, TV digital mengandalkan sinyal digital. Maka sinyal yang didapatkan pun bisa sampai pada titik terjauh sekali pun. Smart TV berbeda dengan TV digital. Pasalnya, smart TV dalam pemakaiannya biasanya mengandalkan sinyal analog atau koneksi internet.

FYI, smart TV juga ada yang termasuk kategori TV analog, lho! Maka, pemakaiannya pun belum tentu bisa sama seperti TV digital. Maka, ada bantuan perangkat seperti set top box yang perlu dipakai kalau TV ini memang nggak perlu diganti, sementara penggunanya ingin menikmati tayangan TV digital seperti masa kini.

Kalau kamu ingin menemukan TV digital, di pasaran udah tersedia pilihannya. Kini ada Samsung 32T4001 TV LED 32 Inch Digital TV USB Movie HD UA32T4001 yang bisa kamu andalkan. Ukuran layarnya ialah 32 inci. TV digital ini memiliki kualitas bagus, dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Layarnya berkualitas HD, sehingga bisa menampilkan gambar jernih dan tajam untuk pengalaman menyenangkan.

Visual yang jernih serta terlihat smooth juga dihadirkan pada TV ini. kamu pun bisa menikmati sensasi bebas gangguan maupun noise yang bisa aja mengganggu. Lalu, warna yang dihadirkan juga memuaskan untuk memberi tampilan gambar sesuai objek asli.

Koneksi Internet

Panasonic TH-32H410G LED Digital TV 32 Inch

Ternyata, pemakaian koneksi internet juga menjadi salah satu perbedaan antara TV digital dan smart TV, lho! Biasanya untuk menemukan channel tertentu, TV digital juga bahkan nggak membutuhkan koneksi jaringan internet. Sebaliknya, smart TV biasanya akan membutuhkan koneksi internet untuk bisa menemukan berbagai stasiun TV yang biasa dihadirkan.

Nah, karena menggunakan koneksi internet, jangkauan saluran TV yang didapatkan smart TV lebih luas. Nggak sebatas saluran TV lokal, ada banyak juga stasiun TV internasional atau luar negeri yang bisa didapatkan.

Panasonic TH-32H410G LED Digital TV [32 Inch] jadi salah satu contoh TV digital yang bisa kamu temukan. Nah, TV ini memiliki resolusi layar 1366 x 768 piksel. Mode gambarnya bisa dynamic, user, standar, dan mild. Output speaker yang dihadirkan ialah 12 W, dengan kehadiran Dolby Audio DD+ yang bisa memberi efek suara nendang untuk pengalaman menonton yang seru.

Pemakaian Antena

SMART TV COOCAA 32INCH LED TV ANDROID 32 COOCAA DIGITAL TV 32S3U

Kehadiran antena yang digunakan oleh TV digital biasanya memakai jenis dalam. Sementara itu, antena smart TV memakai parabola. Ada yang di dalam maupun luar, sehingga memberi pemenuhan kebutuhan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

COOCAA 32INCH LED TV ANDROID 32 COOCAA DIGITAL TV 32S3U menjadi contoh produk yang tersedia di pasaran. Ukuran layar TV digital ini adalah 32 inci. Ada juga super bright HD panel dengan ukuran 1366 x 768 piksel. Kamu bisa juga menjadikan TV ini sebagai layar kaca yang menampilkan tayangan dengan gambar jernih serta jelas, bahkan suaranya pun mantap.

Daya listrik yang dibutuhkan dalam pemakaian TV ini adalah 60 Watt. Ada HDMI juga yang udah disediakan untuk kamu. Kamu bisa menyaksikan film, gambar, serta mendengarkan lagu dengan memanfaatkan flashdisk yang dicolokkan pada port TV ini, sehingga tayangan kesukaan bakal lebih mudah untuk disaksikan.

Fitur Pendukung

COOCAA Smart LED TV 40 Inch - Digital TV - Android 11 - HDR 10 - WIFI 4/5G (Coocaa 40S7G)

Kamu bakal bisa menemukan sebuah fitur pendukung yang khas pada TV digital. Fitur ini bernama DTV atau pencarian siaran digital. Nah, fitur ini bisa digunakan untuk mencari channel TV digital tanpa membuat perangkat serupa menggunakan set top box sebagai alat bantu dalam mendapatkan kemudahan dalam mengkonversi suara dan gambar ke TV digital.

Smart TV nggak semuanya merupakan TV digital. Maka, fitur pencarian siaran digital belum tentu bisa kamu temukan pada setiap smart TV. Maka, nggak heran jika ada banyak orang yang memakai smart TV tapi nggak mengandalkan koneksi internet bakal membutuhkan set top box. Dengan begitu, TV ini pun bisa menangkap sinyal digital untuk kemudian disiarkan.

Contoh TV digital yang bisa kamu temukan misalnya COOCAA Smart LED TV 40 Inch – Digital TV – Android 11 – HDR 10 – WIFI 4/5G (Coocaa 40S7G). TV ini memiliki ukuran 40 inci dan udah LED. Kamu bisa merasakan gambaryang bersih dan terang. Bahkan TV ini udah didukung dengan Bluetooth 5.0. Nah, resolusi layar TV ini adalah 1920 x 1080 piksel, sehingga kamu bisa menikmati gambar dengan leluasa.

Jenis TV

GARANSIRESMI LG 32LM550 LED TV Digital 32 Inch

Pada umumnya, sebagian besar TV digital merupakan smart TV, sebab kehadirannya juga didukung oleh teknologi masa kini. Bahkan nggak sedikit juga TV digital yang udah termasuk smart TV juga, sehingga kecanggihannya nggak perlu diragukan. Sementara itu, smart TV nggak semuanya merupakan TV digital sebab keluarannya lebih lama. Maka, sebagian smart TV termasuk jenis TV digital.

Kini kamu bisa menemukan LG 32LM550 LED TV Digital [32 Inch]. TV ini didesain kokoh serta modern. Fitu suaranya surround virtual sehingga memberikan efek audio yang cihuy. Ada juga future hemat daya listrik yang dihadirkan, sehingga kamu bisa menonton TV tanpa boros listrik. Gambar yang dihadirkan juga bagus, sehingga pengalaman terbaik menonton Tv pun bisa kamu dapatkan.

————————————————————————————————————————

BACA JUGA : Apa Itu Analog Switch Off? Temukan Jawabannya, Yuk!

Blibli Friends, itulah perbedaan TV digital dan smart TV. Gimana? Kamu tertarik beli yang mana, nih? Buat kamu yang lagi cari kedua jenis TV di atas, langsung aja kunjungi Blibli. Di sini ada banyak pilihan produk dan penawaran menguntungkan buat kamu. Jadi, kamu pun bisa membeli TV digital yang diinginkan tanpa harus ribet, apalagi sampai gigit jari. Yuk checkout sekarang jugga. Karna hanya di blibli yang membuat belanja semakin murah! Yuk checkout sekarang juga!

Tag: