Perbedaan Prabayar dan Pascabayar, Cek Selengkapnya

sumber: pixabay.com

Untuk berkomunikasi melalui media ponsel, tentunya kita memerlukan dukungan kartu perdana. Saat ini, setidaknya terdapat dua jenis kartu perdana yang dapat digunakan untuk berkomunikasi, yaitu kartu prabayar dan pascabayar. Umumnya, kartu ini dapat digunakan untuk  telepon, SMS, paket internet, dan lain-lain. Secara fisik, mungkin dua jenis kartu memang hampir sama. Tetapi rupanya terdapat perbedaan prabayar dan pascabayar yang masih jarang diketahui. Yang jelas, perbedaan keduanya terdapat dalam sistem pembayaran yang digunakan.

_________________________________________

Layanan dan Keunggulan Prabayar

Layanan prabayar hanya dapat digunakan jika telah melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang diinginkan. Contoh layanan prabayar ini adalah pulsa yang diisikan pada kartu perdana ponsel. Untuk bisa menggunakan layanan seperti telepon, SMS, atau internet maka kita harus membeli pulsa terlebih dahulu. Selain itu, kartu prabayar juga memiliki masa aktif yang berbeda-beda dan dapat diperpanjang dengan melakukan pengisian ulang. Jika dibandingkan dengan pascabayar, layanan prabayar ini memiliki beberapa keunggulan berikut ini:

  • Membayar Sesuai Penggunaan

Jika menggunakan prabayar, kamu punya kebebasan untuk mengisi pulsa dalam jumlah yang diinginkan dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Jika sedang tidak punya uang, kamu punya pilihan untuk tidak membeli pulsa. Sedangkan jika menggunakan pascabayar kamu harus tetap membayar pada waktu yang telah ditentukan meskipun kamu tidak menggunakan layanannya.

  • Simpel dan Praktis

Layanan prabayar sangat simpel dan praktis. Jadi, prabayar ini sangat cocok untuk kamu yang tidak mau repot membayar tagihan. Artinya, kamu lebih fleksibel melakukan pengisian kartu kamu tanpa terbebani tagihan dalam periode tertentu.

Beli pulsa Prabayar di sini, yakin gak akan repot!

Layanan dan Keunggulan Pascabayar

Jika prabayar mengharuskan penggunanya membayar sebelum mendapatkan layanan, pascabayar dapat menggunakan layanan terlebih dahulu kemudian membayarnya di akhir. Umumnya, sistem pembayaran layanan pascabayar ini berbentuk tagihan yang ditagih kepada pengguna dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya, jangka waktu yang ditetapkan adalah selama satu bulan atau 30 hari. Hal itulah yang menjadi perbedaan prabayar dan  pascabayar yang paling mendasar. Contoh sari pascabayar ini misalnya adalah telepon rumah, Wi-Fi, dan masih banyak lainnya. Pascabayar tentu juga menawarkan beberapa keunggulan bagi penggunanya, antara lain:

  1. Penggunaan pemakaian pascabayar dianggap lebih transparan, dengan begitu kita bisa memeriksa pemakaiannya kapan saja.
  2. Dengan menggunakan pascabayar, kamu bisa mengatur batas penggunaan. Jika penggunaan sudah melewati batas yang ditetapkan, kamu bisa menghentikan penggunaan.
  3. Jika dihitung secara akumulatif, harga paket pascabayar lebih murah daripada prabayar.
  4. Beberapa pihak mengklaim bahwa layanan pascabayar lebih baik daripada layanan yang diberikan prabayar.
  5. Cocok untuk kamu yang tidak suka bolak-balik mengisi pulsa karena pembayaran hanya satu kali dalam jangka waktu yang ditetapkan.

Bayar tagihan Pascabayar kamu di sini, jangan sampai terlambat!

Kekurangan Prabayar dan Pascabayar

Selain memiliki keunggulan, tentunya layanan prabayar dan pascabayar memiliki kekurangan masing-masing. Untuk layanan prabayar, harga paketnya akan lebih mahal ketimbang layanan pascabayar jika dihitung secara akumulatif. Selain itu, layanan prabayar juga tidak memberikan informasi terkait penggunaan pulsa.

Sedangkan untuk layanan pascabayar,  pendaftarannya jauh lebih rumit daripada prabayar dan harus memenuhi beberapa syarat tertentu. Namun, memilih prabayar atau pascabayar bukanlah masalah yang sulit. Kamu bisa memilih yang sesuai kebutuhan dengan memperhatikan keunggulan yang ditawarkan.

_________________________________________

Setelah mengetahui perbedaan prabayar dan pascabayar, saatnya kamu menentukan jenis layanan yang akan dipilih. Mau layanan prabayar atau pascabayar, kamu bisa membelinya di Blibli lho!

Cobain layanan pengingat bayar semua tagihan kamu di sini!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY