me

Perbedaan Jam Rolex Asli dan Kw yang Perlu Kamu Tahu

Jun 14, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Photo via freepik.com

Perbedaan Jam Rolex Asli dan Kw – Kalau dengar kata “Rolex”, pasti sebagian besar orang akan langsung membayangkan jam tangan mewah yang bisa bikin pemakainya merasa ganteng dan cantik. Yup, jam tangan Rolex memang sangatlah mempesona bak Olivia Rodrigo. Desain cantiknya yang tak membosankan, serta warnanya yang elegan anti alay, membuat banyak orang masih mengidolakan si Rolex. 

Sayangnya, saking populernya, banyak diciptakan versi palsu dari jam tangan ini. Buat mereka yang paham ilmu jam tangan tentu hal ini bukanlah suatu kendala. Namun, bagi mereka yang awam di dunia jam tangan, tentu ini merupakan bencana. Nah, agar gayamu tetap aman pakai Rolex, yuk simak dulu perbedaan Jam Rolex Asli dan KW berikut ini:

Baca juga:

__________________________________________

  1. Serial Number

Suara Detiknya
watchpro.com

Jam tangan Rolex punya serial number yang tercetak di tengah-tengah, antara angka 6 dan 12. Memang seringkali posisinya tidak jelas ditemukan. Namun, kalau kamu mau melihatnya, silahkan kamu bongkar terlebih dahulu jamnya untuk mendapatkan Serial Numbernya. Kemudian, taruh jam pada cahaya yang jelas untuk melihat serial Number ini. 

Rolex 116618 Submariner Yellow Watch Jam Tangan Wanita Gold Watch Black

Nah, Jam tangan Rolex KW tidak punya serial number yang dimaksud. Kalaupun ada, tulisannya seperti sebuah sticker yang ditempelkan. Di versi aslinya, Serial number yang dimaksud terpahat rapi pada bodi jam. 

  1. Logo Mahkota

Sistem Gerak Jam
crownandcaliber.com

Logo jam tangan Rolex berbentuk mahkota yang sangat unik dan tidak bisa ditiru. Ujung mahkotanya berjumlah 5 memanjang ke atas. Selain itu, logo mahkota ini terlihat sangat elegan. Tentunya pihak Rolex juga sudah mempertimbangkan ukuran logo sesuai dengan standar mereka.

Bila kamu menjumpai jam tangan Rolex dengan logo mahkota yang tidak memanjang ke atas, cenderung gemuk dan warna kuningnya lumayan redup, bisa jadi ini merupakan jam tangan Rolex KW. 

Rolex GMT MASTER II Dial Watch Oystersteel Jam Tangan Pria

Nah, sebagai Trivia yang belum kamu tahu, ternyata pada beberapa jam tangan Rolex keluaran tahun 2002, logo mahkota ini muncul di angka jam 6. Ukurannya yang sangat kecil membuat kamu memerlukan mikroskop untuk menemukannya. 

Nah, selain itu, pada sebagian besar jam tangan Rolex asli, terdapat logo mahkota pula pada tombol di samping angka tiga. Pada versi KW, logo ini kadang juga ada. Bedanya, jam Tangan Rolex palsu punya logo yang agak besar dan gemuk dibandingkan versi aslinya. 

  1. Detak Jam

Ukiran di Case Belakang
chrono24.co.id

Meskipun jam tangan Rolex disimpan dan dipakai selama bertahun-tahun, kualitasnya tidak akan berkurang secara drastis. Mesin jam tangan yang canggih membuatnya mampu menjalankan detak jam secara lembut.

Rolex Submariner Date Oystersteel Jam Tangan Pria Black Silver 116610ln

Bahkan, versi bekas jam tangan ini tetap mampu memutar detak jam secara lembut. Hal ini sangatlah jarang ditemukan pada jam tangan merek lain, terutama jam tangan Rolex versi KW. Suara detak jam tangan Rolex sangatlah lembut, membuatnya susah bila harus direplikasi oleh jam tangan KW. 

  1. Bahan Produksi

Daya Tahan Airnya
gearpatrol.com

Bahan yang digunakan untuk memproduksi jam tangan Rolex sangatlah berkualitas, terbuat dari bahan metal yang kuat nan lembut. Nah, kalau kamu melihat bahan metal jam tangan Rolex yang hendak kamu beli agak kasar, sudah bisa dipastikan itu KW. 

Bahan yang dipakai pabrik Rolex memang memakai metal stainless steel yang agak beda dari jam tangan punya merek lain. Saat dipakai pun, bahan ini akan memberikan pengalaman yang sangat ‘mewah’ bagi pemakainya. Tentu dengan bahan metal ini build quality yang diciptakan Rolex tidaklah main-main: kuat nan elegan!

Kamu pun akan merasakan betapa lumayan ‘berat’ jam tangan Rolex asli saat dikenakan. Pengalaman ini tidak akan kamu dapatkan saat memakai versi palsu, yang mana lebih ringan dan gampang terguncang saat dikenakan. 

  1. Ukuran Angka

Perlu kamu tahu, jam tangan Rolex punya lensa jam yang bisa membuat ukuran angkanya 2,5 kali lebih besar. Ini membuat angka pada jam tangan Rolex cenderung lebih besar dari jam tangan merek lainnya. Selain itu, ukuran angka ini membuat jam tangan Rolex terlihat ‘penuh’. 

Bobot Jam Tangan
caerphillyrunners.co.uk

Hal ini amatlah sangat berbeda dengan jam tangan Rolex KW yang punya lensa biasa tanpa bikin angkanya terlihat besar. Kalau kamu mendapatkan versi seperti ini, urungkan lagi buat membelinya. Nah, agar tidak ragu-ragu lagi, cobalah untuk membongkar lensa jam tangan tersebut, kemudian lihat beda ukuran angka saat dipakaikan lensa dan tidak. 

  1. Kemampuan Menahan Masuknya Air

Rolex 126711CHNR GMT-Master II Jam Tangan Unisex - Coklat

Dibuat dengan tenaga ahli, jam tangan Rolex asli dirakit dengan sangat rapat dan presisi. Saat ketetesan air pun, jam tangan ini tidak akan mudah error. Nah, versi KW produk ini tidak akan mampu menahan tetesan air dan cepat rusak. Ini karena produksi jam tangan Rolex palsu tidaklah presisi. 

Kamu bisa mengetes keasliannya dengan iseng-iseng menaruh tetesan air ke atas lensa jam. Nah, kalau air masuk ke dalam angka jam dan membuat detaknya berhenti, sudah bisa dipastikan kalau ini produk KW. Bila kamu takut melakukan tes ini, coba datangi ahli jam tangan berpengalaman supaya jam tangan tersebut bisa dideteksi keasliannya. 

_________________________________________

Baca juga: Kepribadian Orang Diliat dari Cara Pake Jam Tangannya

Meski sudah dituliskan perbedaan antara jam Rolex asli dan KW, namun beberapa orang masih suka kurang teliti. Padahal, kalau saja mau memahami beberapa poin penting perbedaan yang tertera di sini, kamu akan mendapatkan barang bernilai yang sangat bagus!

Manfaat membeli produk original pun akan dirasakan selama bertahun-tahun, loh. Jam tangan pun berguna sebagai aset yang bisa kamu koleksi serta simpan. Seiring berjalannya waktu, jam tangan Rolex original akan naik nilai barangnya. Harganya pun jadi mahal diantara para kolektor jam tangan, loh. 

BELI JAM TANGAN ROLEX ORIGINAL NO KW HARGA MURAH DI SINI