me

Perbedaan Beat CBS dan CBS ISS, Mana Favoritmu?

Jul 14, 2022.By Rio
Bagikan

image source: ww.otomotifo.com

Bicara soal sepeda motor matik, salah satu yang jadi favorit di tanah air adalah Honda Beat. Ada banyak varian yang sudah pernah dirilis. Dua di antaranya adalah Honda Beat CBS dan CBS ISS. Sebenarnya apa sih perbedaan Beat CBS dan CBS ISS dan mana yang lebih bagus? Sebelum beli, yuk simak dulu info mengenai keduanya berikut ini.

BACA JUGA : Daftar Motor Matic Terbaru Beserta Spesifikasi Harganya


Honda Beat CBS

Honda Beat CBS jadi salah satu varian All New Honda Beat yang dirilis di awal Januari 2020. Varian ini juga bisa kita temukan di varian Honda Beat yang diupdate di tahun berikutnya. CBS adalah singkatan dari Combi Brake System yang khusus hadir di motor matik Honda.

Dengan sistem pengereman CBS, makan kualitas pengereman depan dan belakang jadi lebih aman. Ini karena saat kita menekan rem di tuas sebelah kiri yang merupakan rem belakang, maka rem depannya juga ikut bekerja. Jadi saat kita harus mengerem saat sedang berkendara dalam kecepatan tinggi, motor bisa tetap stabil.

Pada sistem CBS, tekanan di dalam pedal rem dinilai lebih maksimal dibandingkan jenis biasa. Rem CBS juga mudah digunakan, bahkan oleh pengendara yang masih pemula sekalipun. Saat ini Honda Beat CBS dibanderol dengan harga Rp 16.83 jutaan untuk On The Road DKI Jakarta. Harga yang berlaku di wilayah lainnya bisa berbeda.

Honda Beat CBS ISS

Varian Honda Beat CBS ISS ini mulai dihadirkan Honda sejak bulan Januari 2020. Fitur ini menarik banget karena membuat pengendaranya bisa menghemat konsumsi bahan bakar dengan simpel. ISS adalah singkatan dari Idling Stop System. Di mana mesin bisa berhenti sendiri kalau motor dalam keadaan berhenti selama lebih dari 3 detik.

Misalnya saja saat kita sedang berada di lampu merah, atau saat terjebak kemacetan. Bisa juga saat mengantri isi bahan bakar di SPBU. Untuk menyalakan mesin kembali juga simpel banget, cukup memutar selongsong gas saja, mesin langsung hidup. Karena sistem ini, bahan bakar jadi nggak terbuang percuma.

Varian Honda Beat CBS ISS juga tetap mengusung sistem pengereman CBS. Jadi saat pengendara menekan tuas rem yang sebelah kiri, yaitu rem belakang, maka rem depan juga ikut aktif bekerja. Taoi kalau yang ditekan adalah rem depan, maka rem belakang nggak ikut mengerem. Bisa disimpulkan, Honda Beat CBS ISS nggak hanya aman, tapi juga lebih hemat pemakaiannya.

Saat ini, konsumen bisa mendapatkan Honda Beat CBS ISS yang dipasarkan dengan harga Rp 17.91 jutaan. Ini adalah harga OTR DKI Jakarta, jadi harga yang berlaku di wilayah lain mungkin saja berbeda-beda. Pastikan kamu cek juga harga di tempat tinggalmu supaya lebih akurat.

Perbedaan Eksterior Beat CBS dan CBS ISS

Dari eksteriornya, kita bisa langsung melihat perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS dari warnanya. Honda Beat CBS menggunakan cat dengan finishing glossy. Ada Electra Blue, Dance White, Garage Black, Hard Rock Black, dan Funk Red Black. Buat yang suka tampilan mengilap, paling pas pilih warna Beat CBS.

Sedangkan Honda Beat CBS ISS punya varian warna cat dengan finishing doff yang pekat. varian warna ini disebut Deluxe. Pilihannya ada Deluxe Black, Deluxe Brown, Deluxe Blue, dan Deluxe Silver. Penggemar warna doff semacam ini juga nggak sedikit, karena tampilan sepeda motor bisa terlihat lebih elegan.

Pada warna Deluxe juga punya ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah bodinya didesain polos, nggak pakai tambahan grafis atau striping apa pun. Selain itu, ada juga emblem bertuliskan Beat dengan efek 3D di bodi samping. Inilah yang membuatnya jadi terkesan lebih mewah. Selebihnya, Honda Beat CBS dan CBS ISS nggak memiliki perbedaan lagi, karena dibangun dengan sasis dan kaki-kaki yang sama.

Perbedaan Interior Beat CBS dan CBS ISS

Ternyata Honda Beat CBS  dan CBS ISS juga punya perbedaan dari segi interiornya. Ini bisa dilihat dari kompartemen yang ada di dek depan. Honda CBS menyediakan kompartemen yang dibuat terbuka di sisi kiri dan kanan. Jadi kalau kita menyimpan barang memang nggak ada penutupnya. Supaya aman, lebih baik simpan barang yang nggak mudah terbawa angin dan bisa diletakkan di bagian bawah.

Sedangkan pada Honda CBS ISS desain kompartemennya dibuat berbeda. Kompartemen juga disediakan di sisi kiri dan kanan. Bedanya, kompartemen kiri terbuka, sedangkan kompartemen kanan ada penutupnya. Jadi kalau kita menyimpan barang yang ringan atau sekiranya mudah terbawa angin, bisa meletakkannya di kompartemen kanan. Mau simpan smartphone atau saat gerimis juga lebih aman.

Lalu apakah ada perbedaan dari bagasinya? Bagasi Honda Beat CBS dan CBS ISS ternyata sama. Letaknya ada di bawah jok dan kapasitasnya sama-sama sebesar 12 liter. Di bagian dasbor juga ada pengait untuk menggantung barang, seperti tas plastik atau tote bag.

Perbedaan Fitur Beat CBS dan CBS ISS

Perbedaan fitur yang utama dari Honda Beat CBS dan CBS ISS tentu sesuai dengan namanya, yaitu yang satunya sudah pakai fitur ISS. Di varian yang sudah dilengkapi ISS mesin bisa terhenti secara otomatis kalau motor dalam keadaan berhenti selama minimal 3 detik. Lalu untuk menghidupkan mesin kembali tinggal memutar selongsong gas saja, nggak perlu menghidupkan starter lagi.

Dengan adanya fitur ISS, varian ini dianggap lebih hemat konsumsi bahan bakarnya. Menurut klaim Honda, bensin yang dihemat bisa mencapai angka 60.6 km per liter saat ISS dalam keadaan aktif. Air aki juga otomatis lebih hemat konsumsinya karena saat mesin mati, maka lampu pun juga mati.

Perbedaan fitur lainnya dari Honda Beat CBS dan CBS ISS adalah power charger. Honda CBS ISS lebih canggih dan aman karena power charger sudah tersedia di kompartemen kanan yang ada penutupnya. Jadi kita bisa dengan mudah mengisi daya smartphone dan menutupnya. Baterai pun terisi dengan aman. Daya maksimalnya 12 W (12 Volt 1 Ampere). Tentu harus pakai konektor tambahan sendiri.

Perbedaan Spesifikasi Beat CBS dan CBS ISS

Kalau dilihat dari spesifikasinya, Honda Beat CBS dan CBS ISS sebenarnya nggak memiliki perbedaan. Keduanya dibangun di atas sasis yang sama, mesin yang digunakan pun sama, jadi keluaran tenaga dan torsinya pun kurang lebih sama. Sistem rem CBS pun sudah dimiliki keduanya.


BACA JUGA : Oli Motor Matic yang Bagus Untuk Jarak Jauh

Setelah baca infromasi di atas, sekarang kamu mau pilih yang mana antara Honda Beat CBS dan CBS ISS? yang mana pun varian Honda Beat pilihanmu, pastikan mendapatkannya di Blibli karena di sini kamu bisa mudah menemukan dealer yang terpercaya. Belum lagi metode pembayarannya variatif dan ada beragam promo menarik. Yuk beli Honda Beat lebih hemat di Blibli sekarang juga!

Tag: