me

Apa Itu Cicilan Kartu Kredit dan Cara Pembayarannya

Dec 06, 2023.By Jarvis
Bagikan

blibli.com

Cicilan 0% Gadget

Salah satu bentuk cicilan yang paling umum digunakan saat ini adalah cicilan kartu kredit. Sesuai dengan namanya cicilan ini memang membutuhkan kartu yang nantinya dijadikan sebagai angsuran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Biar kamu nggak bingung jangan lupa cek apa itu cicilan kartu kredit dan cara pembayarannya. 

Baca juga :


Mengenal Cicilan Kartu Kredit

charitycharge.com

Apa yang dimaksud cicilan kartu kredit? Sebutan lain dari cicilan kartu kredit ini adalah paylater hanya saja bedanya untuk kartu kredit beneran pakai kartu namun untuk paylater nggak menggunakan kartu. Lama cicilannya juga beda-beda tergantung masa pembayaran yang diinginkan bahkan sampai dengan 24 bulan. 

Apakah ada kartu kredit yang bisa cicilan 24 bulan? Jawabannya ada karena tenggat waktu pembayaran ini beragam banget sesuai dengan tenor yang diinginkan. Secara umum cicilan kartu kredit menggunakan tenor 3,6,12 sampai dengan 24 untuk yang paling lama. Hanya saja semakin lama waktu biasanya bunga dan total yang dibayar juga makin banyak. 

Cara Kerja Cicilan Kartu Kredit

Setelah memahami pengertian cicilan kartu kredit maka selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah tentang cara menggunakan kartu kredit untuk cicilan. Kartu kredit banyak digunakan belanja untuk mempermudah pengguna tanpa perlu bawa uang cash jadi hanya pakai kartu saja semuanya bisa langsung terpenuhi dengan mudah. 

Jadi, ketika kamu menggunakan kartu kredit untuk membayar belanja maka pinjaman yang kamu miliki untuk kartu kredit besarnya sama dengan jumlah belanjaan tersebut. Pembayaran dengan kartu kredit biasanya pengguna harus memberikan kartunya ke kasir sebagai tanda pembayaran dan memasukkan PIN untuk tingkat keamanan yang lebih baik. 

Kelihatannya memang simpel namun jika ditinjau lebih mendalam pembayaran dengan kartu kredit ini prosesnya panjang. Kartu kredit yang digesek memungkinkan proses verifikasi pada penerbit kartu kredit kemudian bakalan muncul pesan penerimaan atau penolakan sesuai hasil verifikasi yang dilakukan. Jika disetujui maka kamu bisa membeli produk tersebut dengan pembayaran kartu kredit.

Perlu dipahami bahwa setiap macam kartu kredit punya limit dan batas nominal penggunaan yang beda-beda. Hal ini menjadi salah satu keuntungan penggunaan kartu kredit dibandingkan belanja dengan tunai. Jadi, kamu bakalan mengikuti batas kontrol yang diberikan dan nggak bakalan boros lebih dari batas limit yang diberikan pada kartu kredit milikmu. 

Cara Membayar Kartu Kredit 

Setelah tahu cara kerjanya kamu juga perlu tahu cara membayar kartu kredit biar nggak sampai nunggak nantinya. Secara umum cara membayar kartu kredit adalah bisa membayar sebelum batas tempo setiap akhir setoran bulannya. Hanya saja setiap jenis kartu kredit memang punya ketentuannya masing-masing. 

Biasanya bank akan memberikan pemberitahuan tagihan 2-3 hari menjelang tenggat waktu dan jika terlambat kamu wajib membayarkan denda. Cara paling mudah untuk bayar tagihan kartu kredit ini adalah dengan autodebet maksudnya nanti rekeningmu bakalan langsung terpotong sesuai jumlah cicilan atau tagihan kartu kreditnya jadi kamu nggak perlu repot pergi ke mana-mana. 

Namun ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membayar kartu kredit seperti langsung ke bank, membayar lewat ATM, pakai M-Banking dan menggunakan mitra atau gerai yang bekerjasama dengan bank terkait. 

Cara Membayar Cicilan dengan Kartu Kredit

blibli.com

Apakah bisa membayar cicilan dengan kartu kredit? Jawabannya adalah bisa hal ini sesuai dengan syarat ketentuan cicilan yang dimaksud. Sehingga ketika kamu punya cicilan tertentu dan punya kartu kredit maka bisa langsung disatukan saja biar lebih mudah dan praktis tanpa perlu bayar mencar-mencar dan tentunya bunga bakalan lebih hemat. 

Kamu bisa membeli produk apapun dengan cara cicilan yang nantinya langsung masuk ke tagihan kartu kredit milikmu. Saat ini sudah banyak e-commerce dan merchant yang bekerja sama dengan jenis kartu kredit tertentu untuk mempermudah penggunanya dalam belanja. 

Cicilan Kartu Kredit Blibli

Ada salah satu program menarik yang bisa kamu ikuti ketika menggunakan cicilan kartu kredit Blibli yakni cicilan 0 kartu kredit bebas biaya dengan tenggat waktu pembayaran sampai 24 bulan. Tentu saja hal ini bakalan membuat cicilanmu makin ringan tanpa beban. Cicilan ini berlaku untuk pembayaran produk gadget. 

Kamu yang tertarik dengan kartu kredit cicilan 0 persen ini perlu tahu dulu syarat dan ketentuan pengguna biaya layanan cicilan kartu kredit Blibli yang bisa dicek semuanya di bawah ini!

  • Kamu yang pengen mendapatkan cicilan 0 persenan maka perlu banget menggunakan jenis kartu kredit Visa, MasterCard, JCB dan AMEX yang diterbitkan di Indonesia. 
  • Ada minimum pembelanjaan yang perlu dipahami untuk bisa cicilan 0 persen yakni sekitar Rp500 ribuan per Bag. Hanya saja kamu perlu tahu ada beberapa ketentuan tenor lain sesuai dengan jenis kartu kreditnya. 
  • Pilihan tenor untuk 0 persen ini sama yakni 3, 6, 9, 12, 18 dan 24 bulan meskipun memang setiap bank juga punya kebijakannya masing-masing. 
  • Perlu dipahami untuk konversi atau perubahan menjadi cicilan 0 persen ini membutuhkan waktu sekitar 5-14 hari kerja semenjak transkasi dilakukan.
  • Proses permohonan pembayaran transaksi menjadi bentuk cicilan tergantung dengan ketersediaan limit yang ada di dalam kartu kredit milikmu. 
  • Proses percepatan pelunasan tentu tetap ada penalty yang perlu dibayarkan tergantung dengan bank yang mengeluarkan kartu kredit jadi kamu perlu menentukan tenor yang pas. 
  • Pihak Blibli punya kewenangan penuh untuk membatalkan pesanan jika nggak memenuhi syarat ketentuan tertentu. 

Cara Pembayaran Kartu Kredit di Blibli 

Lalu bagaimana cara pembayaran kartu kredit di Blibli? Jangan khawatir karena kamu bisa cek semuanya di bawah ini!

  • Pilih “Kartu Kredit” di laman pembayaran pada pilihan “Pilih Metode Pembayaran”. Jika sudah kamu perlu klik “Bayar Sekarang.” 
  • Pastikan semuanya sudah benar kemudian kamu bisa memasukkan detail penting dari Kartu Kredit milikmu. Jangan lupa untuk menyertakan pilihan tenor yang diinginkan. Jika semuanya sudah benar dan lengkap maka kamu bisa memilih “Bayar.” 
  • Kemudian tunggu beberapa saat kamu bakalan berpindah ke laman OTP dari bank yang menerbitkan kartu kredit milikmu. Lanjut kamu bakalan mendapatkan SMS yang berisikan kode OTP kemudian masukkan ke dalam laman OTP tersebut. Proses ini untuk verifikasi keamanan transaksi yang kamu lakukan. Pastikan OTP yang dimasukkan benar. 
  • Perlu dipahami bahwa kode OTP ini sifatnya sangat rahasia jadi jangan memberikan atau membocorkannya pada siapapun. 
  • Lanjut, kamu perlu tinggal di halaman tersebut sampai semua prosesnya berjalan lancar dan transaksi sukses. Jangan tutup dulu laman jika semua transaksinya belum berhasil biar nggak ada kendala. 

Baca juga :

Kamu yang pengen coba cicilan HP 0% bisa langsung cek semuanya di Blibli saja. Produk pilihannya lengkap dan terjamin keasliannya jadi kamu bakalan lebih untung dan enteng dalam pembayaran nantinya. Cek dan borong semuanya di Blibli saja!

Tag: