me

14 Inspirasi Outfit Hari Pahlawan untuk Rayakan 10 November!

Nov 07, 2022.By
Bagikan

image source: merahputih.com

Setiap 10 November, bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan. Ada banyak banget kegiatan unik yang biasanya diselenggarakan setiap tahunnya, mulai dari lomba-lomba berbau kebangsaan hingga mengharuskan para murid dan karyawan untuk mengenakan baju hari pahlawan.

Nah, kamu yang juga harus menyiapkan OOTD hari pahlawan di bulan November ini, bisa banget simak inspirasinya di sini.

Baca juga: Yuk, Intip 12 Inspirasi Outfit Sumpah Pemuda yang Simpel dan Keren


Sejarah Hari Pahlawan

Hari Pahlawan ditetapkan melalui Kepres No 316 tahun 1959 yang tujuan utamanya adalah untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya. Bukan tanpa alasan pertempuran ini diistimewakan, sebab termasuk salah satu kejadian paling bersejarah dalam rentetan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Dari waktu ke waktu, sejarah hari pahlawan memang terus diajarkan dalam bentuk ilmu pengetahuan kepada generasi muda. Namun kini juga mulai banyak cara lain yang inovatif dilakukan untuk memperingati hari pahlawan.

Inspirasi Outfit yang Cocok untuk Hari Pahlawan

Kalau kamu diharuskan mengenakan baju yang cocok untuk hari pahlawan, maka bisa mencari inspirasi dari pakaian-pakaian pahlawan nasional Indonesia, seperti Bung Karno hingga Jenderal Soedirman. Simak lebih langkap yuk, referensi baju hari pahlawan di sini!

Inspirasi Kostum Hari Pahlawan untuk Pria

Untuk para pria, kostum hari pahlawan cenderung lebih sederhana karena hanya berupa celana dan atasan, serta mungkin beberapa aksesoris pendukung.

Kostum Bung Tomo

image source: freepik.com

Kostum ala Bung Tomo dikenal juga sebagai kostum veteran, terdiri dari setelah celana dan kemeja lengan panjang berwarna coklat muda atau kehijauan. Kostum ini dilengkapi dengan topi dan juga sabuk serta selempang di bagian pundak. Kamu bisa melengkapi kostum ini dengan sepatu lars warna hitam atau coklat.

Kostum Jenderal Soedirman

image source: blibli.com

Kalau kamu ingin tampil beda, bisa banget coba kostum hari pahlawan yang menyerupai Jenderal Soedirman. Kostum ini terdiri dari jubah selutut warna coklat dilengkapi celana panjang dan juga ikat kepala khas Jawa. Di bagian dalam jubah kamu bisa menggunakan kemeja atau kaos berwarna hitam.

Kostum Bung Karno

image source: suciptoardi.wordpress.com

Bung Karno memang dikenal sangat ikonik dengan berbagai pakaian yang lekat di ingatan masyarakat. Untuk kostum hari pahlawan, kamu bisa memakai salah satu outfit Bung Karno yang paling legendaris yakni celana panjang putih, kemeja putih, dan jas putih dengan kancing-kancing berwarna emas. Jangan lupa melengkapi kostum menggunakan peci hitam khas Bung Karno.

Inspirasi Kostum Hari Pahlawan untuk Wanita

Untuk wanita juga tak kalah banyak kostum hari pahlawan unik yang bisa dicoba, mulai dari gaya ala Cut Nyak Dien hingga Martha Christina Tiahahu. Simak inspirasi baju pahlawan untuk wanita selengkapnya berikut ini!

Kostum Cut Nyak Dien

image source: timesmedia.co.id

Bisa dibilang kostum Cut Nyak Dien cukup popular digunakan di hari pahlawan. Pilihan busananya juga nggak sulit didapat, terdiri dari blus dengan kerah tinggi berwarna gelap yang dilengkapi bros berbentuk matahari serta selendang disampirkan di bahu kanan. Jangan lupa tata rambutnya dengan sanggul sederhana yang menjadi ciri khas Cut Nyak Dien.

Kostum Martha Christina Tiahahu

image source: promediateknologi.com

Pejuang asal Maluku ini dikenal dengan raut wajahnya yang tegas dan busana sederhana. Kamu yang nggak mau terlalu ribet, bisa menggunakan kostum ala Martha Christina Tiahahu dengan menggunakan blus putih berkerah, serta ikat kepala. Biarkan rambutmu terurai dan kamu bisa membawa aksesoris tambahan berupa tombak.

Kostum Laksamana Malahayati

image source: kompas.com

Meski namanya nggak seterkenal Cut Nyak Dien atau Martha, namun pahlawan nasional asal Aceh ini punya jasa besar dalam perang kemerdekaan. Kostum dari Laksamana Malahayati juga cukup mudah ditiru, yaitu baju kurung dengan kerah tinggi dan kerudung yang disampirkan pada kepala. Untuk rambut, bisa dimodel sanggul sederhana.

Referensi Kostum Hari Pahlawan untuk Anak-anak

Di hari pahlawan, anak-anak juga seringkali diharuskan memakai kostum yang unik. Banyak banget nih, inspirasi outfit hari pahlawan untuk anak-anak yang bisa kamu coba pada buah hati!

Baju Tentara

image source: blibli.com

Anak-anak cowok akan terlihat super menggemaskan menggunakan baju ala tentara. Setelan celana dan kemeja motif army saat ini udah banyak banget tersedia di berbagai tempat penyewaan maupun penjualan kostum.

Baju Pejuang Kemerdekaan

image source: blibli.com

Kamu bisa juga memilihkan kostum pejuang kemerdekaan yang berupa setelah warna coklat muda dengan ikat kepala merah putih dan aksesoris berupa senjata laras panjang atau juga bambu runcing. Jangan lupa tambahkan sepatu hitam untuk memaksimalkan gaya si kecil.

Kostum Teuku Umar

image source: blibli.com

Teuku Umar adalah pahlawan dari Aceh. Kalau kamu ingin anak tampil berbeda pada hari pahlawan, pakaikan kostum ini yang terdiri dari baju kurung hitam dengan kerah tinggi, celana hitam, dilengkapi sarung dengan motif kain Aceh warna merah. Biasanya kostum ini juga dilengkapi dengan parang.

Kostum Raden Patah

image source: orami.co.id

Kostum lain yang nggak kalah menggemaskan untuk hari pahlawan adalah baju ala Raden Patah. Kamu bisa memakaikan celana kain hitam dengan beskap hitam dilengkapi blangkon dan sarung batik warna coklat. Variasi lain juga bisa menggunakan kemeja lurik yang sangat khas Jawa.

Kostum Tentara Veteran

image source: blibli.com

Nah, kalau kostum satu ini bisa untuk anak laki-laki atau perempuan. Terdiri dari setelah celana atau rok dan kemeja putih susu, biasanya dilengkapi juga dengan badge atau ikat kepala merah putih. Tinggal tambahkan beberapa aksesoris pendukung lainnya.

Kostum RA KartiniĀ 

image source: kompas.com

Meski bukan merupakan pejuang kemerdekaan, tapi anak perempuan bakal cocok banget pakai kostum RA Kartini saat hari pahlawan. Kamu bisa memakaikan setelan kebaya dan kain panjang dengan rambut disanggul atau dicepol.

Kostum Perawat

image source: blibli.com

Anak perempuan juga bakal cocok banget menggunakan kostum perawat yang banyak berjasa ketika perang kemerdekaan. Kostum ini terdiri dari setelan baju perawat warna putih dengan tambahan aksesoris ikat kepala atau ikat lengan berupa kain warna merah putih.

Kostum Pejuang Wanita

image source: blibli.com

Banyak juga nih, kostum pejuang wanita yang bisa dipakai anak perempuan. Biasanya kostum ini terdiri dari setelan warna hijau tentara atau coklat, dengan berbagai aksesoris warna merah putih dan juga topi serta ikat kepala.


Baca juga: 7 Ide Kostum Unik 17 Agustus Anti Mainstream, Cek Yuk!

Nah, kini ada banyak banget inspirasi OOTD hari pahlawan yang bisa kamu coba. Kalau masih kesulitan mendapatkan kostum, bisa banget cek kategori fashion pria dan fashion wanita di Blibli yang menyediakan berbagai jenis busana serta kostum terkini.

Kamu juga bisa search produk kostum hari pahlawan untuk anak-anak yang tersedia dengan berbagai ukuran serta model menarik. Yuk, ikut rayakan hari pahlawan dengan semaksimal mungkin sebagai bentuk mengingat dan menghargai jasa para pahlawan demi kemerdekaan Indonesia. Merdeka!

Seragam Kostum Profesi Anak Perempuan PNS

Tag: