me

Olahraga Tradisional Indonesia yang Tetap Harus Dilestarikan

Apr 29, 2023.By
Bagikan

Photo via idntimes.com

Olahraga Tradisional – Olahraga basket, sepak bola, dan badminton, adalah beberapa jenis olahraga yang banyak banget dipertandingkan di kancah olimpiade nasional maupun internasional. Di Indonesia, penggemar olahraga itu juga nggak terhitung banyaknya.

Tapi, Blibli Friends tahu nggak, kalau Indonesia juga punya macam-macam jenis olahraga tradisional yang nggak kalah keren. Penasaran kan, apa saja sih jenis olahraga tradisional Indonesia? Simak deh di sini.

Baca juga: Minuman Tradisional Indonesia yang Menyegarkan dan Menyehatkan


Panjat Pinang

Panjat Pinang
klikdokter.com

Olahraga tradisional sering dianggap sebagai permainan anak-anak. Padahal, di dalamnya terdapat banyak sekali aspek yang identik dengan ketangkasan dan kecepatan tubuh layaknya kamu ketika olahraga. Salah satunya adalah panjat pinang. Sering dijadikan lomba ketika Hari Kemerdekaan, panjat pinang ternyata juga bisa menjadi olahraga yang menguras keringat.

Gimana nggak menguras keringat, untuk memainkannya dibutuhkan kecepatan dan koordinasi yang baik antara tangan dan kaki untuk memanjat batang pohon pinang yang licin. Selain memerhatikan keselamatan pribadi supaya nggak tergelincir dan kembali ke bawah, kamu juga mesti fokus pada kecepatan agar bisa sampai di atas batang untuk mendapatkan hadiah.

Meski populer dan sering dimainkan, nggak banyak yang tahu sejarah olahraga tradisional ini. FYI, panjat pinang ternyata dulunya dimainkan pertama kali untuk memeriahkan ulang tahun Ratu Belanda, Ratu Wilhelmina, pada tanggal 31 Agustus. Seiring berjalannya waktu, panjat pinang menjadi permainan seru yang membuat suasana meriah saat perayaan 17-an. 

Sumpitan

Sumpitan
wasaka.kalselprov.go.id

Penembak jitu memerlukan fokus dan penglihatan yang baik supaya tembakannya mengenai sasaran. Sebelum bisa menjadi sharpshooter handal, kamu bisa latihan dulu dengan bermain sumpitan. Konsep sumpitan sebenarnya sangat mirip dengan penembak jitu dimana kamu dibekali dengan “sumpit” yang diisi dengan batu kecil kemudian ditiup kencang untuk mengenai sasaran.

Walaupun kelihatannya sepele karena hanya membutuhkan kekuatan tiupan, namun kenyataannya olahraga tradisional ini membutuhkan keahlian, lho. Kamu harus bisa membidik sasaran dengan tepat kemudian memperkirakan seberapa jauh jaraknya sehingga dapat menentukan seberapa besar kekuatan tiupan yang dibutuhkan untuk mengenai sasaran.

Sumpitan sangat populer di berbagai daerah di Kalimantan yang masih rimbun dengan pepohonan dan hutan. Namun kini, sumpitan juga dimainkan oleh anak-anak di luar Borneo, termasuk Jawa. Menariknya, di Jawa sebutan untuk sumpitan ini berbeda misalnya saja “tulup”.

Tarung Derajat

Tarung Derajat
majalah.tempo.co

Body Protector Pencak Silat

Kalau pencak silat menjadi salah satu olahraga tradisional Indonesia yang mendunia, maka ada “saudara kembar”nya yang nggak kalah seru dan memacu adrenalin yaitu Tarung Derajat. Olahraga ini diciptakan oleh Ahmad Derajat di tahun 1960an, sehingga namanya diabadikan menjadi nama olahraga bela diri tersebut. 

Secara umum, Tarung Derajat memiliki kemiripan dengan pencak silat. Perbedaannya adalah pada jurus-jurus dan gerakan yang dimilikinya. Selain itu, ketika berada di dalam arena Tarung Derajat, para pemainnya dilindungi dengan helm dan body protector yang sekilas mirip dengan atlet Taekwondo. 

Satu hal yang menarik, saat ini Tarung Derajat sudah diakui sebagai salah satu cabang olahraga resmi nasional. Bahkan, dia juga menjadi bagian dari latihan dasar bagi anggota TNI AD. Keren nggak, tuh? Makanya, kamu yang tertarik dengan olahraga bela diri rasanya perlu deh, sesekali menjajal gimana serunya Tarung Derajat.

Jemparingan

Jemparingan
goodnewsfromindonesia.id

Memanah bisa dikatakan olahraga klasik yang udah ada bahkan ratusan tahun yang lalu. Bedanya, saat ini memanah menjadi sebuah olahraga yang menguji fokus, ketelitian dan ketahanan. Selain panahan yang biasa kamu tonton saat pekan olahraga, ada satu olahraga tradisional yang mirip banget dengan ini, namanya jemparingan.

Intinya sih sama, yaitu gimana caranya anak panah yang kamu lontarkan mengenai sasaran yang jauhnya beberapa meter dari posisimu. Perbedaannya adalah jemparingan dilakukan dengan duduk bersila. Ini menjadi tantangan tersendiri karena ketika duduk, tubuh cenderung lebih santai dan nggak dalam posisi siap. Posisi duduk juga bikin regangan tangan dan pundak kurang leluasa.

Tantangan inilah yang musti dihadapi oleh pemain jemparingan. Selain kecermatan mata dalam melihat sasaran, kamu juga harus menemukan posisi ternyaman supaya lengan dan pundak bisa bergerak bebas dalam memainkan busur dan anak panah. Jemparingan sering digunakan sebagai latihan di berbagai sekolah dan pondok pada masanya.

Bentengan

Bentengan
antaranews.com

Duh, jadi ingat masa sekolah. Dengan lapangan sekolah yang luas, anak-anak zaman dulu sering banget bermain bentengan ketika istirahat. Cara mainnya gampang. Sekali main, kamu harus membentuk dua tim beranggotakan 3-4 orang. Kamu juga harus menentukan posisi benteng yang kamu jaga bersama rekan satu tim.

Misi yang harus dilakukan adalah menguasai benteng lawan dengan cara menyusup tanpa diketahui. Dua orang bertugas mengecoh tim lawan, satu orang berusaha menyusup ke benteng lawan dan satu orang harus berjaga di benteng sendiri supaya tidak sampai kebobolan. Jika berhasil masuk dan menyentuh benteng lawan, kamu harus memekik “Benteng!”

Bentengan bisa bener-bener menguras keringat apalagi jika area bermainmu luas. Selain membuat tubuh bergerak aktif, kamu juga harus pintar mengatur strategi supaya bisa memenangkan permainan. Olahraga tradisional ini seru banget apalagi jika dimainkan beramai-ramai. Tapi, hati-hati juga ya, jangan sampai terjatuh saat berlari ke benteng musuh.

Dagongan

Dagongan
tgrcampaign.com

Kamu pasti familiar dengan olahraga tarik tambang. Nah, ternyata ada lho, olahraga kebalikannya yaitu dagongan. Jika tarik tambang menggunakan tali tambang yang diperebutkan, maka dagongan memanfaatkan batang bambu yang panjang untuk didorong, alih-alih saling menarik. Dagongan biasanya dimainkan beramai-ramai dimana satu tim beranggotakan 3-5 orang.

Arena dagongan umumnya berbentuk lingkaran besar dan dua tim pemain ada di dalamnya. Kamu harus memberikan garis batas yang nggak boleh dilewati oleh pemain yang berada di paling belakang. Jika garis ini dilewati akibat nggak kuat menahan dorongan dari lawan, maka tim tersebut akan kalah. Seru nih, dimainkan saat outbond atau kumpul-kumpul.

Kalau kamu bertanya dimana letak aspek olahraga dari dagongan, jawabannya adalah pada kerja sama dan ketahanan tubuh. Kamu harus punya koordinasi yang baik dengan rekan satu tim supaya bisa kompak. Selain itu, kekuatan otot juga dibutuhkan sekali baik untuk mendorong ataupun bertahan. 

Adu Gasing

Adu Gasing
liputan6.com

Gasing adalah olahraga tradisional yang seru dimainkan bersama-sama. Permainan ini membutuhkan kekuatan pergelangan tangan supaya bisa menarik benang gasing dengan kuat dan cepat agar gasing bisa berputar. Putaran gasing yang kencang akan membuat para rival terpental ketika bersentuhan dengannya.

Untuk melakukan olahraga ini kamu membutuhkan gasing dan juga tali yang dililitkan untuk membuatnya berputar. Jika cukup kreatif kamu bisa kok, membuat gasing sendiri dari bambu. Tapi, jika ingin lebih praktis, kamu bisa membeli gasing yang siap pakai, keduanya sama bagusnya. 

Jumpritan

Jumpritan
thebackyardbaron.com

Jumpritan atau tekongan atau petak umpet merupakan permainan tradisional yang sangat populer terutama di Jawa. Jumpritan yang juga dikenal dengan “jumprit singit” adalah permainan yang mengharuskan kamu bersembunyi dari rekan yang menjadi penjaga. Si penjaga akan menghitung dari 1 hingga angka yang ditentukan untuk memberikan kamu kesempatan bersembunyi. 

Nantinya, penjaga akan berusaha menemukan semua orang yang bersembunyi sambil menjadi titik tempatnya berhitung tadi. Jika ada pemain yang berhasil sampai di titik tersebut tanpa ketahuan penjaga, maka si penjaga kalah. Sebaliknya, jika penjaga berhasil menemukan mereka yang bersembunyi, maka si penjaga akan menang.

Permainan jumpritan ini mengasah kemampuanmu dalam mengatur strategi supaya nggak sampai ditemukan oleh penjaga. Selain itu, kamu juga dituntut untuk cekatan dan waspada supaya bisa sampai di titik penjagaan tanpa ketahuan. Dalam permainan, bisa jadi kamu juga harus berlari cepat agar nggak ketahuan sekaligus mencapai titik penjagaan.

Sepak Takraw 

Sepak takraw adalah salah satu olahraga tradisional Indonesia yang populer banget, lho. Saking populernya, banyak negara-negara Asia lainnya yang mengklaim olahraga ini berasal dari negara mereka, lho.

Sepak takraw adalah olahraga yang punya cara main mirip dengan olahraga voli. Bedanya, pemain sepak takraw pakai kaki mereka buat menendang bola melintasi net. Yang jelas, bola yang dipakai juga nggak sekeras bola voli, ya. Sepak takraw biasanya pakai bola yang terbuat dari anyaman kayu rotan.

Pencak Silat

Jepang punya karate, China punya kungfu, dan Korea punya olahraga taekwondo. Nah, Indonesia punya pencak silat. Blibli Friends pasti familier dong dengan olahraga satu ini. Yup, pencak silat adalah cabang olahraga beladiri yang sampai sekarang jadi salah satu olahraga tradisional paling ikonik di Indonesia.

Bahkan, olahraga ini juga jadi cabang resmi di ajang bergengsi Sea Games dan Asean Games, lho. Konon, olahraga pencak silat sudah ada sejak masa kerajaan kuno Majapahit dan Sriwijaya.

Tarik Tambang

bacapos.com

Hari 17 Agustus rasanya nggak lengkap dong tanpa kehadiran olahraga tradisional satu ini. Tarik tambang pastinya jadi salah satu permainan dan olahraga yag paling banyak dinantikan saat Blibli Friends masih kecil.

Menarik tali sekuatnya dari lawan memang seru banget, apalagi kalau kamu bisa dapat hadiah. Selain soal hadiah, tarik tambang juga punya nilai ajaran yang baik banget. Yup, olahraga ini nggak cuma soal adu kekuatan dan keseimbangan saja.

Kamu juga harus punya teamwork yang bagus dengan teman-temanmu. Makanya, nggak heran kalau tarik tambang ini jadi salah satu simbol pemersatu bangsa, hehe.


Baca Juga: Daftar Permainan Tradisional Indonesia yang Bikin Kangen

Selain olahraga tradisional, penasaran dengan apa saja sih kebudayaan tradisional yang Indonesia punya? Nah, kamu bisa cari tahu lebih tentang kebudayaan Indonesia sekalian berbelanja di Blibli. Kamu bisa beli berbagai produk kerajinan lokal maupun mencicipi cemilan tradisional yang mantap dan dukung UMKM lokal. Yuk Belanja di Blibli Sekarang Juga!

Dapatkan Produk UMKM Lokal Berkualitas Hanya di Sini!

Tag: