Daftar Permainan Tradisional Indonesia yang Bikin Kangen

permainan tradisional indonesia
Image Source: indonesia.go.id

Permainan Tradisional Indonesia ー Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kebudayaan. Kebudayaan yang melimpah itu membuat beragam jenis adat dan kebiasaan setiap orang di masing-masing daerah berbeda. Tidak hanya itu, beragam kebudayaan juga melahirkan beragam jenis mainan tradisional. Sayangnya permainan tradisional di masa sekarang itu agak tergerus karena anak-anak lebih suka bermain dengan gawai.

Nah, kalau kamu memiliki banyak waktu luang di rumah dan sudah bosan bermain gawai, tidak ada salahnya mengajak anak-anak untuk kembali mengenal daftar permainan tradisional indonesia yang bikin kangen di bawah ini.

BACA JUGA: 4 PERMAINAN YANG BIKIN HANGOUT JADI SERU

_________________

1. Congklak atau Dakon

congklak
Image Source: indonesia.go.id

Jenis permainan tradisional yang cukup membuat kangen adalah dakon yang mungkin di daerah lainnya lebih umum disebut dengan congklak. Sebelum ada papan congklak, dulu permainan dakon ini perlu dimainkan dengan mengeruk tanah secara berjajar. Biji-bijiannya pun biasanya dicari dari batu-batu kecil yang bisa dicari di sekitar rumah.

Nah, dakon adalah salah satu permainan sederhana yang dulu dibawa dari pedagang asal Arab. Bermain dakon membutuhkan strategi agar bisa mendapatkan biji terbanyak. Untuk itu, bermain dakon ini bisa mengasah kognisi anak. Meskipun sekarang sudah ada aplikasi bermain congklak, bermain bersama-sama di rumah dengan papan congklak manual tetaplah lebih menyenangkan.

2. Lompat Tali

daftar permainan tradisional indonesia
Image Source: medium/priangga9903

Masih dengan jenis permainan tradisional lain yang membuat kangen lompat tali adalah salah satunya. Dulu, sebelum bermain biasanya kamu perlu membeli karet dalam jumlah banyak untuk bisa dirangkai menjadi rantai panjang yang bisa digunakan untuk bermain. Nah, mengenalkan permainan lompat tali kepada anak bisa mengajarkan banyak hal mulai dari ketelatenan, konsentrasi, hingga ketangkasan.

Permainan lompat tali bisa membentuk daya konsentrasi dan ketelatenan anak dimulai dari merangkai karet gelang tersebut. Setelah itu, kamu bisa mengajak beberapa orang untuk bisa memegang bagian karet untuk ditaruh sesuai ketinggian tertentu. Anak-anak bisa bergiliran untuk melompatinya. Selain bermain dengan cara itu, kamu juga bisa mengasah daya saing anak-anak dengan memutar karet tali dan menghitung siapa yang bisa melompat paling banyak di dalamnya. Jangan lupa untuk selalu mengawasi supaya tempat bermainnya aman, ya Blibli Friends.

3. Bola Bekel

bola bekel
Image Source: sadiyahorpuja

Kalau kamu termasuk dalam generasi yang lahir sebelum millennium baru datang, mungkin kamu masih mengalami betapa ramainya permainan bola bekel di kalangan anak sekolah dasar. Dulu, anak setingkat Sekolah Dasar biasanya membawa bola bekelnya sendiri untuk dimainkan bersama ketika jam istirahat di sekolah. Ada beberapa level yang dimainkan yang pastinya menambah keserian.

Dalam satu set permainan bola bekel ada satu bola dan empat kecik berbahan logam. Di level awal, kamu perlu mengambilnya satu per satu. Lalu mengambil dua, dan seterusnya. Jumlah pemain bola bekel ini minimal dua orang atau lebih. Nah, kamu bisa mengenalkan permainan yang satu ini ke si kecil untuk mengenang masa lalu. Tidak hanya itu, permainan bola bekel sebenarnya bisa mengasah ketangkasan dan motorik halus pada si kecil, lho!

NOSTALGIA DENGAN BELI BOLA BEKEL SEKARANG DI SINI!

4. Petak Umpet

petak umpet
Image Source: perrythepreachingpilot.com

Di antara banyaknya permainan tradisional yang pernah kamu mainkan, petak umpet tentu menjadi yang paling populer. Bahkan, beberapa anak kecil di daerah juga masih sering memainkan permainan ini, lho. Permainan yang sangat seru ini akan dimainkan oleh lebih dari dua orang. Semakin banyak orang yang ikut, permainan akan semakin seru. Di antara banyaknya pemain tersebut, satu orang bertugas sebagai penjaga dan menutup matanya sesuai hitungan yang ditentukan. Pemain yang lain harus segera bersembunyi dan memastikan tempat persembunyiannya nggak mudah ditemukan. Permainan ini akan berakhir jika semua pemain berhasil ditemukan atau berhasil kembali ke tempat penjagaan. Sangat seru, bukan?

5. Egrang

permainan tradisional indonesia
Image Source: indonesia.go.id

Permainan satu ini sering dijadikan sebagai salah satu alternatif cara untuk melatih keseimbangan tubuh. Di mana setiap anak yang memainkannya harus berjalan di sebuah tongkat bambu berukuran 150 cm. Meski terlihat mudah untuk dimainkan, namun kamu yang baru pertama mencoba akan tetap kesulitan. Serunya permainan egrang juga sering dijadikan sebagai ajang perlombaan, lho. Siapa yang paling cepat berjalan menuju garis finish dia yang akan jadi pemenangnya. Selain memperhatikan kecepatan, pastikan tubuh juga tetap seimbang. Jatuh dari egrang tentu akan menyakitkan, bukan?

6. Gobak Sodor

Gobak Sodor
Image Source: wowkeren

Sama halnya seperti petak umpet, permainan ini juga harus dimainkan oleh lebih dari dua orang dengan jumlah yang genap. Bedanya, Gobak Sodor akan membagi setiap pemain menjadi dua tim yang berbeda. Permainan ini akan diawali dengan hompimpa atau suit untuk mengetahui mana tim yang bertindak sebagai pengejar. Permainan ini akan mengasah skill berlari dan bertahan kamu. Semakin lincah pergerakanmu dalam menghindari kejaran musuh, dipastikan tim kamu akan memenangkan pertandingan.

Uniknya, permainan Gobak Sodor ternyata punya berbagai nama alias sesuai daerahnya. Di Jakarta misalnya, Gobak Sodor sering disebut sebagai galasin atau Galah Asin, sedangkan di daerah Sumatera Utara permainan satu ini sering disebut sebagai Margalah.

7. Tapak Gunung

Tapak Gunung
Image Source: merahputih

Jika gasing merupakan mainan favorit anak laki-laki, anak perempuan lebih suka memainkan mainan tradisional yang satu ini. Taplak gunung atau yang sering disebut dengan engklek berkaitan erat dengan keseimbangan tubuh layaknya mainan egrang.

Sebelum bermain, pemain akan terlebih dahulu membuat sebuah kotak sebagai lintasan permainan dengan menggunakan kapur atau batu bata. Nantinya, para pemain harus melompati setiap kotak hanya dengan satu kaki. Pemain yang berhasil melewati setiap kotak berhak melempar sebuah gaco untuk memilih mana kotak yang berhak menjadi “rumah”nya.

Jika batu berhenti di salah satu kotak, pemain selanjutnya nggak boleh menginjak di kotak tersebut. Biar kamu lebih mudah mendapatkan “rumah”, pilih potongan genteng atau batu berbentuk pipih sebagai gaco kamu, ya.

_________________

BACA JUGA: ISTILAH PENTING DALAM PERMAINAN MOBILE LEGEND

Itu dia daftar permainan tradisional Indonesia. Di antara mainan tradisional di atas, mana nih yang jadi favorit kamu? Jika kamu ingin bernostalgia dengan memainkan permainan tradisional di dalam rumah, kamu bisa menemukan aneka mainan jadul lebih mudah dengan mengunjungi laman Blibli, lho. Kunjungi Blibli sekarang dan temukan mainan masa kecil kamu ya, Blibli friends!

CEK ANEKA MAINAN LENGKAP DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY