me

5 Merek Kasur Memory Foam Terbaik, Cek Dulu Yuk!

Jul 25, 2023.By
Bagikan

prevention.com

Berikut 5 merek kasur memory foam terbaik, cocok untuk memperbaiki kualitas tidurmu!

Cicilan 0% KAM

Bagi sebagian besar orang, memilih kasur terbaik merupakan suatu hal yang sangat penting karena secara langsung akan berdampak pada kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan. Salah satu model kasur terbaik yang paling banyak dicari saat ini adalah kasur memory foam. Kasur memory foam merupakan jenis kasur yang lebih unggul karena sudah dilengkapi teknologi viscoelastic foam dalam konstruksinya. 

Kasur memory foam juga dirancang memiliki kontur dan mengikuti bentuk lekuk tubuh sehingga perlengkapan kamar tidur yang satu ini memungkinkan untuk memberikan dukungan yang sangat baik dalam menjaga keselarasan tulang belakang dan pereda tekanan yang bisa mengurangi risiko nyeri sendi. Nah, kalau kamu sedang mencari produk kasur memory foam terbaik, langsung saja cek rekomendasinya di bawah ini!

Baca juga: 5 Kasur Hybrid Terbaik, Cek Rekomendasinya di Sini!


Apa Itu Kasur Memory Foam?

Apa Itu Kasur Memory Foam
nytimes.com

Sebelum kamu mengecek rekomendasi produk terbaiknya, Blibli Friends wajib mengetahui pengertian dari kasur memory foam dulu, nih! Jadi, kasur memory foam merupakan jenis kasur yang dirancang secara khusus menggunakan busa memori sebagai bahan utamanya. Busa tersebut awalnya dikembangkan oleh NASA pada tahun 1960-an yang difungsikan untuk meningkatkan bantalan kursi dan pelindung benturan.

Busa tersebut terbuat dari bahan poliuretan dengan bahan kimia tambahan untuk meningkatkan viskositas dan kepadatannya. Fitur utama dari busa memori, yaitu kemampuannya dalam menyesuaikan diri dengan kontur tubuh saat terkena panas dan tekanan. Karakteristik unik ini memberikan dukungan dan pereda tekanan yang sangat baik, terutama bagi  mereka yang menderita nyeri sendi atau punggung.

Namun, perlu dicatat bahwa ada berbagai jenis dan kepadatan kasur memory foam yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan karakteristik berbeda. Beberapa orang menganggap kasur ini terlalu empuk atau terlalu hangat karena cenderung menahan panas tubuh. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa produsen sekarang memasukkan gel pendingin untuk meningkatkan kemampuan bernapas dan pengaturan suhu.

Kelebihan dan Kekurangan Kasur Memory Foam

Kalau kamu ingin membeli kasur memory foam, maka satu hal yang nggak boleh sampai terlewatkan adalah cek dulu kelebihan dan kekurangannya biar nggak sampai salah pilih. Nah, kalau Blibli Friends mau tahu kelebihan dan kekurangan dari kasur memory foam, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Kelebihan Kasur Memory Foam

Kelebihan Kasur Memory Foam
tomsguide.com

Kasur memory foam menawarkan keunggulan yang menjadikannya pilihan populer bagi banyak orang. Berikut beberapa kelebihan utama kasur memory foam, antara lain sebagai berikut.

Daya Tahan yang Kuat

Salah satu kelebihan yang dimiliki kasur memory foam adalah daya tahannya yang sangat lama dan memiliki umur yang relatif panjang. Hal tersebut dikarenakan kasur dibuat dari busa dengan kepadatan lebih tinggi sehingga cenderung sangat tangguh untuk bisa menahan kompresi dan mempertahankan bentuknya dari waktu ke waktu. 

Menawarkan Kenyamanan Luar Biasa

Hadir dalam berbagai tingkat kekencangan, kasur memory foam ini menawarkan dukungan dan kenyamanan terbaik untuk kebutuhan tidur yang lebih berkualitas, sehingga memungkinkan untuk bisa memilih kasur yang paling sesuai dengan preferensi dan gaya tidurmu. Kemampuan untuk menyesuaikan kenyamanan ini membuat kasur memory foam cocok digunakan untuk semua kalangan. 

Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

Kasur memory foam juga berkontribusi pada keselarasan tulang belakang yang lebih baik. Artinya, kasur ini memiliki kemampuan menyesuaikan dengan lekuk tubuh secara alami, sehingga membantu mempertahankan posisi tulang belakang yang netral selama tidur. Penyelarasan yang tepat bisa meringankan sakit punggung dan mencegah potensi masalah terkait dengan postur tubuh yang buruk.

Kekurangan Kasur Memory Foam

Kekurangan Kasur Memory Foam
cosmopolitan.com

Meskipun ada banyak kelebihan dan manfaat dari kasur memory foam, ada juga beberapa kekurangan yang harus kamu ketahui sebelum melakukan pembelian. Berikut adalah beberapa kekurangannya yang paling menonjol, antara lain sebagai berikut.

Sensitif Terhadap Perubahan Suhu

Kekurangan kasur memory foam yang pertama adalah kasur ini cukup sensitif terhadap perubahan suhu dan kelembapan, yang secara langsung bisa mempengaruhi kinerja dan masa pakainya secara keseluruhan. Suhu panas atau kelembapan yang ekstrem bisa menyebabkan kerusakan materialnya dan berpotensi menimbulkan masalah. Maka, kamu harus sering memperhatikan perawatannya dengan benar. 

Kasur Bisa Menjadi Sangat Panas

Kekurangan selanjutnya adalah sebagian besar kasur memory foam ini lebih cepat merangkap panas, terutama saat memasuki musim kemarau ekstrim. Kalau kamu merupakan tipikal orang yang mudah gerah, mungkin kamu bisa mempertimbangkan jenis kasur lain atau mencari kasur memory foam yang sudah dilengkapi dengan teknologi pendingin.

Harganya Mahal

Salah satu kekurangan yang paling utama adalah harga kasur memory foam yang cukup mahal. Meskipun telah mengalami penurunan harga dalam beberapa tahun terakhir, tetapi kasur ini cenderung lebih mahal daripada jenis kasur lainnya. Namun, kalau memang kamu mencari kasur berkualitas tinggi yang akan bertahan selama bertahun-tahun, harga tersebut mungkin sepadan.

Manfaat Kasur Memory Foam

Memory foam kasur dirancang untuk menyediakan permukaan tidur yang nyaman dan suportif bagi individu. Properti ini dimaksudkan untuk menawarkan beberapa manfaat yang bisa berkontribusi pada tidur malam yang lebih nyenyak sekaligus meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Nah, berikut adalah beberapa tujuan utama dan manfaat kasur memory foam yang harus kamu tahu.

Kenyamanan dan Pereda Tekanan

Kenyamanan dan Pereda Tekanan
cnet.com

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan dari kasur memory foam adalah kenyamanan dan pereda tekanan. Kasur ini dinilai sangat unggul dalam menyeimbangkan berat badan yang memungkinkan untuk mendukung keselarasan tulang belakang, meningkatkan postur tubuh yang lebih baik dan mengurangi nyeri punggung atau ketidaknyamanan lain yang disebabkan oleh posisi tidur yang kurang tepat.

Mampu Mengisolasi Gerakan

Mampu Mengisolasi Gerakan
dontwasteyourmoney.com

Manfaat kedua adalah kasur memory foam mampu mengisolasi gerakan. Artinya, kasur ini memiliki kemampuannya untuk menyerap dan meminimalkan perpindahan gerakan di seluruh permukaan kasur. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pasangan atau individu yang berbagi tempat tidur karena mengurangi gangguan yang disebabkan oleh pergerakan seseorang saat tidur. 

Ramah Alergi

Ramah Alergi
silkandsnow.com

Manfaat ketiga adalah kasur memory foam memiliki sifat ramah alergi karena diproduksi dengan bahan berkualitas tinggi yang berstruktur padat. Selain itu, kasur memory foam juga mampu melepaskan partikel alergen sehingga kasur ini memungkinkan tahan terhadap debu, tungau, dan alergen lainnya. Itulah mengapa, kasur memory foam bisa menjadi pilihan yang cocok untuk seseorang pengidap penyakit gangguan pernapasan atau alergi. 

Umurnya Pemakaian Panjang

Umurnya Pemakaian Panjang
nytimes.com

Manfaat keempat adalah umurnya yang panjang dan nggak gampang jebol. Sejauh ini, kasur memory foam sudah dikenal karena ketahanan dan kemampuannya untuk mempertahankan bentuknya dari waktu ke waktu. Artinya, jika kasur ini dirawat dengan baik dan tepat, maka bisa bertahan selama bertahun-tahun sehingga sangat efektif untuk investasi properti kamar tidur pribadi.

Sensitivitas Suhu

Sensitivitas Suhu
silkandsnow.com

Manfaat kelima adalah sensitivitas suhu. Beberapa kasur memory foam dirancang untuk merespons panas tubuh, melembutkan dan membentuk dengan kehangatan. Fitur inilah yang bisa meningkatkan kenyamanan dengan menyesuaikan suhu tubuh seseorang yang sedang berbaring di atas kasur tersebut. Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir merasa gerah atau bahkan kedinginan saat tidur. 

Cara Merawat Kasur Memory Foam

Merawat kasur memory foam sangat penting untuk memperpanjang umurnya, menjaga kenyamanan, dan dukungannya. Berikut ada beberapa tips cara merawat kasur memory foam yang tepat. 

Ikuti Petunjuk Perawatan dari Pabrikan

Ikuti Petunjuk Perawatan dari Pabrikan
swipeguide.com

Cara merawat kasur memory foam yang paling tepat adalah salah satunya dengan mengikuti panduan perawatan yang diberikan oleh produsen kasur. Merek dan model yang berbeda kemungkinan besar memiliki petunjuk khusus untuk merawat produk mereka. Cara ini merupakan pilihan efektif untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kesalahan dalam perawatan kasur. 

Mengontrol Suhu Ruangan

Mengontrol Suhu Ruangan
alliancecc.com.au

Penting untuk diingat bahwa, kasur memory foam ini bisa menjadi lebih lembut pada suhu yang lebih hangat dan bisa juga berubah lebih keras pada suhu yang lebih dingin. Oleh karena itu, kalau kamu bertempat tinggal di lingkungan dataran tinggi yang cenderung lebih dingin, maka penting untuk memberi waktu pada kasurmu untuk menyesuaikan dengan suhu ruangan sebelum menggunakannya.

Balik dan Putar Secara Teratur

Balik dan Putar Secara Teratur
bestproducts.com

Beberapa jenis kasur memory foam, ada yang dirancang memiliki dua sisi, artinya kasur tersebut bisa dibalik atau diputar sesuai kebutuhan pemiliknya. Oleh karena itu, kalau kamu membeli kasur yang demikian, cobalah pertimbangkan untuk membalik dan memutarnya 180 derajat setiap 3-6 bulan sekali guna mempertahankan keausan yang merata. Namun, periksalah petunjuk produsen sebelum melakukan rotasi.

Jemurlah Kasur di Tempat Terbuka

Jemurlah Kasur di Tempat Terbuka
anatomyofsleep.com

Biasanya, kasur memory foam yang sudah cukup lama dipakai terkadang akan mulai terasa lembap dan berdebu. Maka, cara efektifnya adalah dengan menjemur kasur di tempat terbuka atau ruangan yang berventilasi baik selama beberapa jam agar kasur kamu mendapatkan pergantian udara. Hal ini tentunya juga akan membantu menghilangkan bau yang kurang sedap dan mengurangi kelembapannya.

Mengibas Kasur Secara Rutin

Mengibas Kasur Secara Rutin
maids.com

Cara keempat adalah bersihkan kasur secara teratur untuk menghilangkan debu dan alergen. Kamu bisa mengibasnya setiap merapikan tempat tidurmu kembali, atau bisa juga memvakum permukaan kasur menggunakan perangkat genggam atau pelapis untuk membersihkan kotoran yang menempel. Hindari penggunaan bahan kimia karena bisa merusak busa atau meninggalkan residu.

Gunakan Pelindung Kasur

Gunakan Pelindung Kasur
usatoday.com

Berinvestasi pada pelindung kasur berkualitas adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi kasur memory foam milikmu dari tumpahan, noda, dan kotoran. Maka, jangan lupa gunakan pelindung kasur yang tahan air dan bernapas agar kasurmu tetap terjaga kebersihannya dan bebas dari alergen dan jangan lupa pasangi seprei agar kasurmu makin terasa nyaman. 

Rekomendasi Kasur Memory Foam Terbaik

Ada beberapa memory foam bed terbaik yang tersedia di pasaran. Namun, disarankan untuk memeriksa ulasan terbaru dan umpan balik pelanggan sebelum membuat keputusan akhir. Daripada kamu bingung, sebaiknya cek rekomendasi merek kasur memory foam terbaik di berikut ini.

Dunlopillo Foldaway Memory Foam

Dunlopillo Foldaway Memory Foam
blibli.com

Rekomendasi pertama datang dari merek Dunlopillo dengan salah satu produk kasur terbaiknya yakni Dunlopillo Foldaway Memory Foam dengan desain kasur lipat 3. Kasur yang berukuran 200×900 cm dengan ketebalan 7,5 cm ini, dirancang dengan dukungan yang ditargetkan untuk area tubuh yang berbeda dan memiliki dukungan zonasi untuk menambah kenyamanan.

Dunlopillo Foldaway Memory Foam ( Kasur Lipat 3 Memory Foam )

Desainnya yang praktis sehingga memudahkan untuk dipindahkan kemana saja bahkan bisa juga dimasukkan ke dalam bagasi mobil dan dibawa berpergian. Teksturnya lembut dan dilapisi dengan pelindung rajut, membuatnya sangat cocok dijadikan untuk kasur rebahan setelah lelah beraktivitas seharian. 

Informa Ashley Anniversary Mattress

Informa Ashley Anniversary Mattress
blibli.com

Siapa, sih, yang nggak tahu Informa? Ya! Perusahaan furniture terlengkap ini nggak hanya menjual aksesori maupun perabotan yang berkualitas saja, tetapi mereka juga menghadirkan produk kasur memory foam yang nggak kalah bagus dengan merek lain, salah satunya seperti Informa Ashley Anniversary Mattress ini. Kasur berwarna putih ini dibuat dari material gel memory foam, convoluted foam, dan juga dilapisi knitted fabric.

Informa - Ashley 180x200x31 Cm Chime Kasur Memory Foam - Putih

Kasur ini dirancang dengan desain busa yang berongga dan bergelombang dengan tujuan sebagai sirkulasi udara agar kasur nggak mudah lembap dan memberikan efek pendinginan. Untuk setiap pembelian kasur memory foam dari Informa ini kamu akan mendapatkan 1 unit kasur, lengkap dengan 2 set bantal dan guling. 

Quantum Mattress Topper Memory Foam

Quantum Mattress Topper Memory Foam
blibli.com

Rekomendasi ketiga datang dari merek Quantum dengan produk terbaiknya yakni Quantum Mattress Topper Memory Foam, yang terbuat dari busa memori yang dilengkapi dengan teknologi Air Flow System untuk meminimalisir suhu panas yang berlebihan. Menariknya lagi, kasur memory foam yang dibanderol seharga Rp2,5 jutaan ini juga dilengkapi kain anti-dust mite sebagai lapisan microfiber.

Quantum Mattress Topper Memory Foam 6.5cm Kasur Springbed Spring Bed

Dengan ketebalan  6,5 cm, kasur by Quantum ini bisa dipastikan sangat empuk dan nyaman untuk tidur sendirian maupun berdua tanpa perlu khawatir badan jadi pegal-pegal karena busanya mampu mendistribusikan bobot dengan seimbang sehingga kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak dan sehat. 

Central Springbed Imperium Pocket with Memory Foam

Central Springbed Imperium Pocket with Memory Foam
blibli.com

Sebagai salah satu merek legendaris di Indonesia yang sudah banyak memproduksi perlengkapan kamar tidur, Central juga turut menawarkan kasur memory foam yaitu Central Springbed Imperium Pocket with Memory Foam. Kasur dengan ketebalan 37 cm ini dilengkapi lapisan ganda, pocket spring, serta menggabungkan busa memori dan busa adaptif untuk menawarkan pengalaman tidur yang nyaman.

Kasur Central Springbed Imperium Pocket Tebal 37cm with memory Foam

Mereka juga menawarkan dukungan hebat, pelepas tekanan, dan isolasi gerakan yang sangat baik. Dijamin, tidurmu nggak hanya sekedar nyenyak, tetapi tubuhmu akan kembali fresh kembali saat bangun di pagi hari. Ditambah lagi, produk ini juga dilengkapi dengan garansi selama 10 tahun yang akan memudahkanmu mendapatkan perbaikan secara gratis. 

Avery Evergrande Omega Euro Memory Foam Pocket

Avery Evergrande Omega Euro Memory Foam Pocket
blibli.com

Avery adalah merek matras populer dengan reputasi yang baik. Mereka juga menawarkan kasur memory foam original bernuansa seimbang dengan beberapa lapisan HD foam yang dikombinasikan dengan bahan Polyester Fiber, dan juga dilengkapi dengan 5 Zone Pocket Spring. Kamu juga nggak perlu takut kepanasan karena kasur ini juga menggunakan bantalan kapas untuk menahan panas dan knitted fabric. 

Avery - Evergrande Omega Euro Memory Foam Pocket / Kasur Spring Bed / Kasur BOX 120x200, 160x200, 180x200

Selain itu, kasur tersebut juga bisa digulung dengan mudah, sehingga bisa disimpan saat nggak digunakan. Tersedia dalam 3 varian ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan preferensi kebutuhan ruanganmu. Kamu bisa membeli kasur memory foam ini di harga pasaran sekitar Rp2,8 jutaan – Rp3,5 jutaan. 


Baca juga: 5 Rekomendasi Kasur Kapuk Modern Anti Alergi dan Ramah Lingkungan!

Jadi, kamu tertarik untuk membeli merek kasur memory foam yang mana nih? Nggak usah bingung, segera dapatkan produk kasur memory foam di Blibli saja, karena sudah pasti berkualitas dan banyak pilihan ukurannya. Nikmati kemudahan berbelanja dengan opsi pembayaran yang beragam dan juga penawaran promo menarik lainnya. Yuk, cek Blibli sekarang juga dan bawa pulang kasurnya!

Tag: