me

Daftar Kuliner di Jalan Suryakencana Bogor, Bikin Ngiler!

May 22, 2024.By Nadine
Bagikan

wiranurmansyah.com

Kuliner di Jalan Suryakencana Bogor berikut ini bikin kamu nggak bisa berhenti makan.

Kuliner di Jalan Suryakencana — Bogor punya nama lain yaitu Kota Hujan. Pasalnya, di sini curah hujannya terbilang sangat tinggi sampai-sampai tiap hari cenderung mendung dan dingin. Sambil menikmati sejuknya hawa kota Bogor, boleh dong mencicipi ragam kuliner yang ada di sana. Salah satu spot dengan banyak banget pilihan kuliner adalah di Jalan Suryakencana.

FYI, Jalan Suryakencana emang populer sekali di kalangan para food traveller karena di sini adalah Pecinan-nya Bogor. Kamu bisa menemukan puluhan kedai dan warung yang menjual berbagai makanan dan jajanan, mulai yang halal sampai non-halal. Harganya jangan ditanya, murmer alias murah meriah. Yuk, simak kuliner apa aja yang bikin kamu nggak bisa berhenti mengunyah.

Baca Juga:


Kuliner di Jalan Suryakencana Bogor

Jalan Suryakencana adalah pusat kuliner Bogor yang wajib kamu sambangi ketika berada di kota tersebut. Sambil menikmati hujan dan hawa dingin yang terasa sepanjang hari, coba deh, menjelajah setiap warung dan toko yang menjajakan aneka makanan hingga jajanan kekinian yang bikin auto-ngiler.

1. Bakso Kikil Pak Jaka

Bakso Kikil Pak Jaka
Sumber: meramuda.com

Ademnya Bogor paling enak diangetin dengan bakso. Eits, jangan salah. Ini bukan bakso biasa melainkan Bakso Kikil Pak Jaka. Dari namanya aja kamu pasti tahu bahwa keunikan kuliner ini terletak pada topping berupa irisan kikil yang gembul dan juga empuk. Nggak ngelawan gitu ketika dikunyah.

Kuahnya cenderung bening tapi tetap gurih dan mantap. Biar makin enak, kamu bisa menambahkan taburan daun bawang cincang dan juga bawang goreng. Seporsinya murah kok, hanya 25 ribuan aja. Kalau ingin mencobanya, mending kamu datang lebih awal karena biasanya Bakso Kikil Pak Jaka ramai pembeli bahkan harus antre.

2. Laksa Gang Aut Mang Wahyu

Laksa Gang Aut Mang Wahyu
Sumber: garvingoei.com

Nggak kalah nikmat dari bakso kikil, di Jalan Suryakencana kamu juga bisa memanjakan lidah dengan Laksa Gang Aut Mang Wahyu. Tahu nggak sih, Laksa Gang Aut Mang Wahyu ini udah ada sejak tahun 1960-an yang berarti udah beroperasi lebih dari 50 tahun yang lalu, lho. Resepnya udah diwariskan ke tiga generasi. Hebatnya, rasanya nggak berubah dari dulu sampai kini: tetap mantul!

Laksa Gang Aut Mang Wahyu disebut-sebut sebagai salah satu laksa paling enak di Bogor. Isiannya kurang lebih sama dengan laksa Bogor lainnya, yaitu irisan ketupat, tauge, tahu, kemangi, dan oncom yang disiram dengan kuah kuning. Nggak ketinggalan irisan telur rebus yang bikin rasanya lebih nikmat lagi. Harganya murah, sekitar 20 ribuan aja.

3. Soto Kuning Pak M. Yusuf

Soto Kuning Pak M Yusuf
Sumber: pontas.id

Bakso udah, laksa juga udah. Satu lagi nih, ada yang namanya Soto Kuning Pak M. Yusuf yang bisa menghangatkan badanmu di tengah dinginnya Kota Bogor. Pada dasarnya Soto Kuning Pak M. Yusuf ini sama dengan soto lainnya. Namun, yang berbeda adalah kuahnya yang pekat banget dan juga jenis soto yang bisa kamu pilih.

Di sini ada soto daging, soto babat, soto ayam, soto pari sampai soto otak. Semuanya enak dan nggak ada yang gagal bikin lidahmu bergoyang. Saking enaknya, harga yang dipatok jadi lumayan tinggi dibandingkan dengan kuliner serupa lainnya. Per porsinya kamu harus membayar sekitar 35 ribu sampai 70 ribu.

4. Nasi Goreng Guan Tjo

Nasi Goreng Guan Tjo
Sumber: facebook.com/visitbogorcom

Kemanapun perginya, nasi goreng makanannya. Apalagi saat hawa lagi dingin, nasi goreng bisa bikin perut hangat karena auto kenyang. Nah, di Bogor kamu harus mencicipi nikmatnya Nasi Goreng Guan Tjo yang udah ada sejak tahun 1960-an. Porsi yang besar ditambah dengan rasa yang mantap menjadi rahasia dibalik kesuksesan Nasi Goreng Guan Tjo dari dulu sampai sekarang.

Walaupun namanya identik dengan Chinese food, namun semua menu yang dijual di sini halal karena menggunakan daging sapi dan ayam. Kamu bisa mencoba nasi goreng pete yang jadi andalannya, ataupun sate sapi yang enaknya nggak nahan. Harganya masuk akal, mulai dari 20 ribuan.

5. Sate Sumsum Pak Oo

Sate Sumsum Pak Oo
Sumber: masukpakeko.id

Siapa nih, yang pecinta sate kelas berat? Nggak hanya di Madura, Bogor juga punya sate yang melegenda. Namanya, Sate Sumsum Pak Oo. Udah ada sejak tahun 1965an, Sate Sumsum Pak Oo menawarkan kenikmatan sate sumsum dan sate ginjal yang dibalur dengan bumbu kacang gurih. Biar lebih mantap, kamu bisa menambahkan sambal dan juga perasan jeruk nipis.

Sebagai kedai “senior” di kawasan Suryakencana, Sate Sumsum Pak Oo ini lintas generasi. Resepnya aja udah diturunkan 3 generasi lho, jadi rasanya nggak perlu diragukan lagi. Dijamin mantap jiwa, lah. Harga per porsinya mulai dari 30 ribuan. Tapi, jangan kebanyakan makan ya, ingat kolesterol say.

6. Martabak Encek

Martabak Encek
Sumber: pergikuliner.com

Makanan berat udah. Berarti yang belum adalah jajanan khasnya. Di Suryakencana Bogor ada yang namanya Martabak Encek. Ini legendaris banget sih, di kawasan Bogor dan bahkan menyandang predikat martabak manis paling enak se-Bogor. Nggak bohong, enaknya udah diwariskan ke tiga generasi sejak tahun 1975.

Martabak Encek juga memiliki keunikan yang menjadi rahasia dibalik rasanya yang berbeda, dimana pembuatan martabaknya menggunakan arang. Alih-alih memiliki aroma gosong khas bakaran, Martabak Encek justru beraroma harus dan legit. Teksturnya lembut dengan kematangan sempurna jadi nggak gampang basi bahkan sampai besoknya.

7. Bir Kotjok Abah

Bir Kotjok Abah
Sumber: idntimes.com

Habis kenyang makan berat dan jajanan pasti haus dong, ya. Tenang, di Suryakencana Bogor ada kedai minuman klasik yang nggak lekang oleh waktu. Namanya adalah Bir Kotjok Abah. Walaupun mengandung kata “bir” tapi minuman ini sama sekali nggak mengandung alkohol. Justru di dalamnya kaya rempah-rempah yang bikin badanmu hangat sekaligus bugar.

Bir Kotjok Abah udah ada sejak tahun 1960an, dibuat secara tradisional menggunakan bahan utama jahe dan kayu manis. Harganya serius murah meriah, per gelasnya kamu hanya perlu membayar 5 ribuan aja. Cocok nih, buat minuman sepanjang masa termasuk tanggal tua.

8. Es Pala Pak Ujang

Es Pala Pak Ujang
Sumber: lapisbogor.co.id

Terakhir, setelah mencicipi bir kocok, jangan lupa untuk mencicipi Es Pala Pak Ujang. Kalau bir kocok bikin badanmu hangat karena mengandung jahe, es pala ini sebaliknya. Bikin tenggorokan terasa segar. Es Pala Pak Ujang udah beroperasi sejak tahun 1950an yang berarti usianya udah lebih dari 50 tahun.

Es pala ini terbuat dari buah pala dan air gula, kemudian ditambah es supaya lebih dingin dan segar. Resep sesimpel ini nggak ada yang bisa menyamai. Makanya, Es Pala Pak Ujang masih bertahan sampai sekarang karena banyak yang suka. Apalagi harganya merakyat sekali, hanya 6 ribuan per gelasnya.


Baca Juga:

Sehari di Bogor nggak akan cukup buat menikmati semua kuliner khas di atas. Biar waktumu lebih efektif dan bisa menjajal semua kuliner di Suryakencana, ada baiknya kamu menyewa mobil di Sewa Mobil Bogor Blibli. Harga bersaing dan kemudahan transaksi bikin pemesanan jadi lebih mudah. Seru kan, keliling Bogor pakai mobil sambil nyobain semua jajanannya?