me

Kucing Suka Stres? Lakukan 5 Hal Berikut Supaya Kucingmu Bahagia

Jun 20, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Memelihara kucing bisa kasih banyak manfaat untuk kita, seperti meningkatkan mood, menghilangkan stres, bahkan menurunkan risiko penyakit jantung. Beberapa orang memilih untuk membiarkan kucing peliharaan keluar masuk rumah, beberapa juga mengharuskan kucing peliharaan untuk tinggal di dalam rumah untuk menghindari risiko hilang dan terkontaminasi bakteri dari luar rumah.  Nah, sayangnya kucing yang tinggal di dalam rumah rentan stress nih. Kalau kucingmu sedang mengalami masa stress, coba deh Blibli Friends lakukan lima hal berikut supaya kucingmu kembali bahagia!

 

  • Siapkan Tempat Istirahat 

Langkah pertama untuk mencegah kucing stres adalah dengan menyiapkan tempat istirahat yang jauh dari bising dan gangguan. Selain itu, kalau kamu memiliki kucing lebih dari satu, kamu harus menyiapkan litter box berisi pasir halus untuk masing-masing kucing karena mereka hewan bersih dan nggak mau berbagi ruang untuk ini.

Sebelum membelinya, pastikan litter box memiliki ukuran yang lebih besar dari tubuh kucing. Selain itu, pastik kamu membersihkannya secara rutin, ya. Dan area ini sebaiknya jauh dari tempat istirahat mereka. Kamu juga perlu menyiapkan tempat tidur yang nyaman atau seenggaknya kasih tempat buat mereka rebahan kapan aja mereka mau.

Cek di sini deh: Tempat Tidur Kucing Sofa Premium 

 

  • Bebaskan Interaksi Sosial pada Kucing

Jangan pernah memaksa kucing untuk berinteraksi ya Blibli Friends! Biarkan kucing mengatur kecepatan seberapa besar ia ingin terlibat dalam interaksi sosial di lingkungannya. Jangan memaksa untuk memegang atau membelai kucing, karena mereka sangat sensitive soal ini.  Berikan pengalaman positif tentang interaksi sosial, dengan begitu kucing menjadi lebih ramah. Kalau kamu memaksanya, ini menyebabkan mereka jadi stress dan nggak bisa berinteraksi dengan natural.

 

  • Sediakan Mainan yang Layak

Berikan aktivitas yang menyenangkan Pada dasarnya kucing menyukai aktivitas fisik yang membuat mereka lelah. Jika kamu memelihara kucing di rumah, kamu bisa memberinya mainan untuk melatih fisiknya. Buatlah jadwal makan dan bermain untuknya, lalu ikuti jadwal tersebut secara konstan. Jika kamu terpaksa harus mengubah salah satu dari kedua hal di atas, lakukan secara perlahan dan hindari perubahan yang mendadak. 

Beberapa pilihan mainan kucing yang memerlukan kelincahan adalah mainan dengan bulu, mainan dengan tali yang menggantung, tempat cakaran dan mainan dengan lampu atau laser. Kamu juga bisa kasih kucingmu pilihan Mainan Ikan Bergerak yang bisa dibeli di sini : 

Mainan Ikan Bergerak, free Catnip

 

  • Jangan Terlalu Sering Mengurung Kucing

Blibli Friends, kucing adalah hewan yang senang berkeliaran. Jika kamu mengurungnya terlalu lama di dalam kandang, kucing akan cepat bosan dan mudah stres karena ia merasa kesepian. Akibatnya, hewan peliharaan kamu jadi rentan terkena penyakit.

Kalau kamu takut kucing akan kabur pada malam hari, kamu bisa mengunci semua pintu dan jendela agar mereka nggak keluar rumah. Selain itu, pilih satu lokasi untuk menempatkan kandang kucing dan hindari memindahkannya secara terus-menerus karena mereka cepat stress kalau tempatnya berubah-ubah.

 


  • Cek Kesehatan dan Kebersihan Kucing Secara Rutin

Baik itu kucing atau hewan peliharaan lain, tentu kamu harus melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Jadi, jika kucing sakit, kamu bisa memberikannya penanganan lebih cepat. Kamu bisa buat kucing nyaman dengan carrier saat membawanya ke dokter. Letakkan wadah camilan di dekatnya secara berkala dan ajak ngobrol sepanjang perjalanan ya.

Kamu juga bisa bawa Mainan Kucing Crab Catnip Ball supaya mereka lebih nyaan saat diperiksa kesehatannya oleh dokter. Beli aja di sini : 

Mainan Kucing Crab Catnip Ball

 

Memelihara kucing membuat kita senang dan mengurangi tingat stress karena padatnya aktivitas. Namun, jangan sampai kucingmu yang malah stress karena salah merawatnya. Semoga setelah ini kucingmu lebih bahagia dan nggak lagi merasa stress ya Blibli Friends! Beli juga di sini mainan dan kebutuhan kucing lainnya 

Tag: