me

9 Kelebihan dan Kekurangan Setrika Listrik, Langsung Cek!

Apr 25, 2024.By
Bagikan

freepik.com/author/pressfoto
Apa saja kelebihan dan kekurangan setrika listrik?

Cicilan 0% KAM

Setrika merupakan salah satu alat elektronik rumah tangga yang bisa dibilang sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Setrika akan membantu banget untuk merapikan pakaian setelah dicuci, sehingga kamu bisa berpenampilan lebih rapi, bersih dan lebih percaya diri saat menjalani aktivitas keseharian.

Salah satu jenis setrika yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah setrika listrik. Nggak hanya mudah pemakaiannya, setrika listrik juga awet dan harganya relatif terjangkau. Konsumsi daya dari setrika listrik bervariasi tergantung dari pengatur suhu serta elemen panasnya. Nah, sebelum beli, nggak ada salahnya mengetahui kelebihan dan kekurangan setrika listrik.

Baca juga:


Kelebihan Setrika Listrik

Setrika listrik sampai sekarang masih tetap banyak peminatnya karena memang mempunyai sejumlah kelebihan. Yakni:

Desain Simpel

freepik.com/author/pressfoto

Setrika listrik pada umumnya tampil dengan desain yang super simpel, praktis dan mempunyai bobot ringan. Ujung dari setrika pada umumnya berbentuk lancip untuk mempermudah pengguna menjangkau bagian yang sulit dari pakaian. Seperti di sela-sela kancing, lipatan baju, pada bagian bahu dan bagian sudut baju lainnya.

Setrika listrik juga dibekali kabel yang panjang, untuk ukurannya tergantung dari seri serta merek setrika yang dipilih. Namun umumnya memiliki panjang antara 150 – 180 cm, sehingga membuat pengguna bisa lebih leluasa dan nyaman saat melakukan aktivitas menyetrika.

Pada varian dan merek tertentu, kabel setrika listrik dilindungi dengan teknologi double insulation. Bagian luarnya dilindungi rubber compound yang fleksibel dalam  manuver saat menyetrika, nggak mudah terkelupas dan nggak mudah terpelintir. Sedangkan bagian dalamnya menggunakan bahan nilon yang awet.

Bahan Antilengket

Bahan Antilengket
blibli.com

Jika selama ini kamu enggan menggunakan setrika listrik karena bagian tapak setrika menempel di pakaian, kejadian seperti itu nggak lagi kamu temui. Ini karena setrika listrik sudah menggunakan bahan yang lebih oke dan bebas lengket. Seperti keramik, teflon, stainless steel dan aluminium terbaik.

Ada juga yang menggunakan bahan DynaGlide (pada merek tertentu). Bahan ini memiliki keunggulan yakni panasnya nggak terlalu tinggi jadi bisa menyetrika dengan nyaman tanpa perlu khawatir akan merusak pakaian. Selain itu bahan yang satu ini juga lebih licin saat digunakan untuk menyetrika sehingga pakaian bisa rapi dengan lebih cepat.

Dilengkapi Pengatur Suhu

Dilengkapi Pengatur Suhu
freepik.com/author/freepik

Setrika listrik makin oke karena juga dibekali dengan pengatur suhu yang bisa disesuaikan dengan jenis kain yang akan disetrika. Setrika listrik akan lebih oke digunakan untuk kain yang rentan terhadap kerusakan air maupun kelembaban berlebih.

Namun secara keseluruhan, setrika listrik bisa diandalkan, kok untuk merapikan pakaian dari hampir semua material kain tanpa perlu khawatir akan merusaknya. Mulai kain yang tebal seperti denim sampai kain yang lembut seperti silk pun aman. 

Penggunaan Mudah

freepik.com/author/EyeEm

Kelebihan setrika listrik berikutnya adalah penggunaannya yang mudah. Beda dengan setrika uap yang harus mengisi tangki dengan air sebelum digunakan, setrika listrik penggunaannya lebih praktis. Tinggal colokkan ke sumber listrik, tunggu sampai setrika siap digunakan (indikator menyala), atur suhu sesuai kebutuhan dan bisa langsung digunakan.

Umumnya setrika listrik yang banyak dijual di pasaran saat mencapai suhu tertentu setrika akan mati secara otomatis sehingga pengguna nggak perlu khawatir setrika kepanasan yang bisa merusak kain. Fitur yang disematkan pada setrika listrik juga minimalis sehingga nggak membingungkan dan nggak bikin ribet. Cocok buat pengguna yang ingin aktivitas menyetrika lebih praktis dan cepat.

Punya Daya Tahan Okre

Punya Daya Tahan Okre
freepik.com/author/bowonpat

Salah satu keunggulan setrika listrik adalah daya tahannya yang prima alias awet walaupun sudah dipakai dalam waktu lama. Nggak hanya bagian kabelnya yang oke (seperti sudah dijelaskan sebelumnya) spare parts yang digunakan juga memiliki kualitas bagus dan bandel.

Selain itu bila ada kerusakan pada spare part atau harus menggantinya, mendapatkannya juga mudah banget karena banyak dijual di toko offline maupun online dengan harga yang relatif terjangkau. Jadi setrika listrik merupakan pilihan tepat untuk pelengkap rumah tangga kamu.

Hemat Listrik

freepik.com/author/EyeEm

Nggak seperti setrika uap, setrika listrik umumnya membutuhkan daya listrik yang rendah, jadi nggak perlu was-was tagihan listrik bakalan bengkak walaupun sering menyetrika. Besarnya daya listrik yang dibutuhkan bervariasi tergantung dari varian dan merek yang dipilih. Kurang lebih 300-350 Watt.

Selain itu pada setrika keluaran merek tertentu juga ada yang dibekali dengan fitur atau teknologi modern yang membuat setrika mampu merapikan pakaian dengan baik tanpa harus boros listrik.

Harga Terjangkau

Harga Terjangkau
blibli.com

Pada umumnya setrika listrik yang banyak dijual di pasaran ditawarkan dengan harga yang ekonomis. Untuk harga pastinya tergantung dari varian, tipe dan merek yang dipilih. Walaupun harganya terjangkau namun kualitas yang dihadirkan nggak mengecewakan, kok. Jadi tinggal dipilih yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet. Jadi mulai sekarang jangan pernah ragu menggunakan setrika listrik, ya.

Kekurangan Setrika Listrik

Walaupun menawarkan banyak kelebihan, setrika listrik juga tetap memiliki kekurangan. Nah, kekurangan setrika listrik adalah:

Hasil Setrika Kurang Licin

Hasil Setrika Kurang Licin
freepik.com/author/h9images

Buat sebagian orang menyetrika dengan setrika listrik dianggap kurang licin. Terutama saat menyetrika pakaian dari material tertentu seperti katun, linen, beludru atau kain lainnya yang mudah kusut. 

Namun secara keseluruhan, sebetulnya setrika listrik tetap mampu melicinkan pakaian dari material apa saja. Asalkan memilih setrika listrik yang menggunakan material berkualitas tinggi.

Minim Fitur

freepik.com/author/shutterphu

Buat sebagian orang fitur yang minim pada setrika listrik adalah sebuah kelebihan karena pemakaiannya jadi nggak ribet. Namun bagi sebagian orang lainnya, hal ini bisa sebagai kekurangan karena dianggap kurang modern. 

Dari segi fitur memang kalah dari setrika uap yang fiturnya lebih detail dan dilengkapi LED indikator. Tentang mana yang lebih baik, hal tersebut dikembalikan pada selera dan kebutuhan masing-masing pengguna.

Jadi pada dasarnya dalam memilih setrika bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dan pilih setrika yang konsumsi daya listriknya rendah sehingga pengeluaran bulanan nggak membengkak.


Baca juga:

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan setrika listrik seperti ulasan di atas, diharapkan bisa membantu untuk memilih produk yang tepat. Berbagai macam jenis setrika dan peralatan elektronik lainnya bisa dengan mudah didapatkan di Blibli, toko online terkemuka yang selalu siap memberikan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan.

Produk sudah pasti terjamin kualitasnya dan belanja di Blibli juga bisa lebih hemat, lho karena banyak penawaran promo istimewa. Proses transaksi nggak pakai ribet, tinggal tentukan produk yang ingin dibeli dan lakukan pembayaran. Makin nyaman karena Blibli juga menyediakan banyak metode pembayaran, salah satunya cicilan tanpa kartu kredit. Yuk, segera belanja di Blibli!

Tag: