me

Ini Dia Faktor Penyebab Perlu Dilakukan Kalibrasi Layar Samsung

Dec 04, 2022.By
Bagikan

youtube/ITJungles

Satu hal yang selalu diperhatikan saat pilih HP baru adalah kualitas layarnya. Pastinya kita mau layar yang tajam dan jernih supaya nyaman untuk main game, menonton, maupun browsing. Nah, untuk mengecek layar HP Samsung kamu, bisa dilakukan kalibrasi layar Samsung. Apa itu? Kalibrasi adalah pengecekan layar untuk mengetahui apakah kondisi layar masih oke atau nggak.

Baca juga: 4 Power Bank yang Rekomen dan Cocok Buat Mobile di Luar


Bagaimana sih caranya kalibrasi layar di HP Samsung? Ada yang menggunakan aplikasi tambahan khusus untuk kalibrasi layar, ada juga yang nggak pakai aplikasi tambahan. Dengan kalibrasi layar, bahkan kita bisa tahu kondisi HP secara keseluruhan. Tapi sebenarnya apa sih faktor penyebab kita harus melakukan kalibrasi layar HP? Yuk, cek beberapa alasannya di bawah ini.

Layar HP Sering Lagging atau Hang

samsung.com

Biasanya HP yang layarnya sering lagging maupun hang itu terjadi kalau usia HP sudah cukup tua. Tapi mungkin juga ada penyebab lainnya. Misalnya karena HP sering dipakai terlalu lama, sampai berjam-jam non stop. Nah, HP yang sering lagging ini bisa kita cek kondisinya dengan cara kalibrasi layar.

Bahkan sangat disarankan untuk melakukan kalibrasi layar sebelum layar HP Samsung Blibli Friends mulai rewel dan sering lagging. Jadi kita bisa tahu sebelum layar bermasalah. Kita bisa mencegah terjadinya layar lagging, apalagi sampai hang dan nggak ada respons sama sekali.

Layar HP Samsung Berubah Warna

TechRadar.com

Layar HP Samsung memang dikenal jernih dan tajam. Tapi pernah nggak sih mengalami layar HP kuning Samsung? Jelas mengganggu dan bikin mata kita kurang nyaman. Sebenarnya apa penyebab layar HP Samsung berubah warna? Biasanya ini terjadi karena suhu HP sudah terlalu panas. Jadi sebaiknya HP dimatikan dulu atau restart.

Penyebab lain layar HP Samsung bisa berubah warna adalah karena sistemnya yang sudah eror. Lebih parah lagi kalau sistemnya sudah rusak. Nah, kalau kita melakukan kalibrasi layar secara berkala, sebenarnya layar yang berubah warna ini bisa dihindari. Karena kita selalu mengecek kondisi layar secara rutin.

HP Pernah Terendam

mynewsfit.com

Saat ini sudah banyak HP yang dilengkapi dengan sertifikasi tahan air dan debu. Tapi bukan berarti ini aman 100%, lho. Sertifikasi semacam ini tetap ada batasannya. Ada yang mencapai kedalaman 5 meter, tapi itu pun hanya bertahan selama 30 menit saja. Kalau HP terendam sudah lebih dari 30 menit, maka nggak bisa lepas dari kerusakan juga.

HP yang sudah terendam lama bisa mengalami kerusakan di berbagai elemennya. Bukan hanya prosesornya, tapi juga layarnya. Mungkin saja layar mengalami perubahan warna. Bisa juga layar HP Samsung jadi lagging dan hang, nggak bisa memberi respons apa-apa lagi. Dengan kalibrasi layar setelah HP terendam, layar yang rusak bisa segera diketahui dan dicegah.

HP Terkena Minyak

Trusted Reviews

Kalau Blibli Friends suka memasak, pasti sering membawa HP Samsung ke dapur. Biasanya untuk sekalian melihat menu atau video tutorial memasak hidangan tertentu. Nah, di saat seperti ini nggak jarang layar HP terkena minyak atau bahan makanan lainnya. Ini juga sering terjadi buat yang suka bawa HP ke meja makan.

Nah, kalau HP sudah terkena minyak dan bahan makanan lainnya, kita bisa mengatasi kerusakan dengan cara kalibrasi layar. Tujuannya untuk mengecek kondisi layar, apakah mengalami kerusakan yang parah atau masih aman digunakan? Tentu saja layar ponsel harus dibersihkan dari sisa minyak. Caranya dengan mengelapnya dengan kain lap bersih. Baru setelah itu lakukan kalibrasi.

Saat Layar HP Samsung Sama Sekali Nggak Merespons

theverge.com

Karena satu dan lain hal, layar HP Samsung bisa macet sama sekali. Kadang ada layar yang hang tapi masih bisa merespons setelah menunggu beberapa lama. Atau layar hang tapi masih bisa kita restart. Kalau yang ini masih cukup aman karena masih mudah cara mengatasinya. Tapi kalau yang benar-benar sudah nggak ada respons, salah satu solusinya adalah dengan kalibrasi layar.

Tentu HP Samsung yang layarnya sudah nggak ada respons ini saat dilakukan kalibrasi bakal berisiko. Alasannya karena proses kalibrasinya bakal berlangsung lama banget. Kalau kita punya HP cadangan, tentu nggak ada masalah. Karena kita bisa tetap berkomunikasi dan melalukan berbagai kebutuhan lainnya dengan HP yang lain.

Nah, disarankan untuk melakukan kalibrasi secara rutin untuk mengecek kondisi layar HP Samsung kita. Kalau terbaca ada masalah, kita bisa mencegah kerusakan jadi berlanjut dan bikin layar HP kita jadi rusak terlalu parah hingga mengganggu.


Baca juga: Butuh Powerbank Low Budget? Wajib Baca Ini!

Nah, penting juga ya fungsi kalibrasi karena kita bisa mengecek bukan cuma kondisi layar, tapi kondisi HP secara keseluruhan. Bahkan kalibrasi layar bisa dilakukan secara berkala. Yuk, langsung saja dapatkan HP Samsung incaranmu di Blibli. Di sini pilihannya lengkap banget, mau seri yang terbaru juga ada.

Untungnya beli HP Samsung di Blibli selain variannya lengkap, ada promo gratis ongkir juga setiap hari. Jadi pasti lebih hemat. Belum lagi pengemasannya terjamin rapi dan pengirimannya cepat. Yuk, langsung meluncur ke Blibli sekarang juga dan temukan HP Samsung favoritmu!

Tag: