me

10 Istilah dalam TikTok Lengkap, dari FYP sampai POV

Feb 28, 2024.By
Bagikan

freepik.com/luisanm
10 istilah dalam TikTok lengkap, mulai dari FYP sampai POV semuanya ada.

Istilah dalam TikTok — TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang sedang marak dipakai belakangan ini ya, Blibli Friends. Semua usia mulai dari anak-anak hingga yang sudah dewasa pun menggunakan platform TikTok. Hal ini karena TikTok punya berbagai daya tarik yang nggak dimiliki oleh kompetitor atau media sosial lainnya.

Biasanya seseorang menggunakan TikTok sebagai media kreativitas dan ekspresi diri atau sekadar ingin mengetahui yang sedang tren saja. Menariknya, TikTok juga memberi pengalaman yang sangat interaktif bagi pengguna dengan keterlibatan memberi like, komentar, berbagi, atau membuat video sebagai tanggapan dari suatu konten. Tapi, kamu perlu paham istilah dalam TikTok yang biasa dipakai jika mau menggunakannya, ya.

Memahami istilah dalam TikTok nggak hanya berlaku untuk pembuat kontennya saja, namun sebaiknya semua pengguna TikTok mengetahuinya agar lebih mudah memakainya. Selain bisa dapat hiburan yang cepat dan beragam, pastinya aksesibilitas TikTok yang mudah serta tersedia gratis menjadi keuntungan tersendiri.

Baca Juga: 


Tentang TikTok

Tentang TikTok
red.msudenver.edu

Hadir sebagai bentuk kemajuan dunia teknologi dan start up, TikTok kini menjadi primadona khususnya di Indonesia. TikTok merupakan platform bersosial di dunia maya atau media sosial untuk membuat, mengedit, membagikan video pendek, atau sekadar menonton konten-konten yang tengah menjadi tren terkini di tanah air dan dunia.

TikTok didirikan oleh perusahaan teknologi dari Tiongkok bernama ByteDance. Video yang kerap diunggah di TikTok biasanya berdurasi 15 detik sampai 3 menit. Pada video tersebut, kamu dapat menambahkan musik latar, filter, efek khusus, atau berbagai konten kreatif lainnya yang relevan dengan isi video. Pengguna bisa saling memberi respon pada video yang diunggah pada TikTok ya, Blibli Friends.

Nggak hanya di Indonesia saja, TikTok bahkan menjadi salah satu media sosial yang paling diminati di seluruh dunia. Jenis konten yang bervariasi juga memungkinkan TikTok dijangkau oleh seluruh kalangan dari semua usia. Apakah kamu merupakan salah satu pengguna TikTok yang kerap bergabung dengan tantangan atau trend yang sedang berlangsung di dunia, Blibli Friends?

Istilah dalam TikTok

Istilah dalam TikTok
cnet.com

Media sosial yang menyajikan konten berupa video berdurasi singkat pastinya membuat TikTok mudah digunakan, ya. Masalahnya, terkadang ada beberapa istilah yang tengah menjadi tren atau hanya digunakan oleh platform TikTok saja. Sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu beberapa istilah dalam TikTok tersebut agar nggak ketinggalan tren dan bisa menggunakan TikTok dengan lebih nyaman.

Kamu bisa mengakses konten yang disajikan secara personal berkat algoritma preferensi pengguna di TikTok dengan mudah jika memahami istilah di dalamnya. Agar nggak penasaran dan semakin bingung saat memakainya, berikut daftar istilah yang kerap dipakai oleh TikTok dan para pengguna beserta maknanya:

  • FYP

Menjadi akronim dari For Your Page, FYP biasanya juga disebut sebagai beranda yang ada di platform TikTok. FYP menjadi bagian dari aplikasi TikTok agar konten yang disajikan sesuai dengan preferensi masing-masing penggunanya. Algoritma TikTok memungkinkan video yang ditampilkan diprediksi akan diminati berdasarkan interaksi sebelumnya.

  • YGY

YGY menjadi salah satu istilah yang baru di dunia TikTok dan banyak digunakan oleh para pengguna berusia muda. Istilah YGY mempunyai kepanjangan Ya Guys Ya dan menjadi istilah yang digunakan di dalam video atau konten pengguna TikTok. YGY dipakai untuk meyakinkan orang lain pada sebuah argumen, misalnya “siang ini panas banget ygy”.

  • DC

Istilah DC pada TikTok berbeda dengan DC biasanya lho, Blibli Friends. Jika biasanya DC berarti dress code, istilah DC dalam TikTok justru merupakan singkatan dari Dance Credit. Para konten kreator yang membuat video dance biasanya mencantumkan informasi DC yang berisi akun koreografer asli dari dance tersebut karena menggunakan gerakannya.

  • POV

Para pengguna TikTok dan beberapa media sosial lain juga mengenal istilah POV yang berarti Point of View. Point of View di sini bermakna gaya pengambilan angle video pada sudut pandang tertentu. Kamu bisa menambahkan istilah POV pada konten video seperti “POV Jadi Kasir Minimarket” dengan posisi kamera dari sudut pandang pelanggannya.

  • TBL

Masih termasuk istilah gaul yang sering dipakai oleh para pengguna TikTok, istilah TBL juga nggak boleh kamu lewatkan. TBL atau Takut Banget Loh ini awalnya digunakan oleh konten kreator yang dikenal dengan nama Bondol. Seperti kepanjangannya, istilah TBL bisa kamu pakai di dalam konten atau video TikTok sebagai ungkapan rasa takut menggunakan bahasa yang lebih gaul.

  • Challenges

Sesuai artinya dalam bahasa Inggris, challenges adalah istilah untuk tantangan yang menjadi tren di TikTok yang bisa ditiru oleh para pengguna. Biasanya ada konsep dan tema tertentu pada sebuah challenges yang membuatnya menarik perhatian banyak orang. Tantangan di TikTok ini juga sering menggunakan lagu dan instruksi yang spesifik dan membuatnya viral.

  • Stitch

Istilah stitch menunjuk pada fitur yang sering dipakai pada konten TikTok untuk mengambil potongan video yang sudah ada dan diunggah sebelumnya. Biasanya, fitur stitch memungkinkan pengguna mengambil video pendek sekitar 5 detik lalu menambahkan videonya sendiri di dalamnya. Hal ini menjadi salah satu yang membedakan interaksi di TikTok dengan media sosial lain.

  • Live

Kamu juga bisa melakukan live saat menggunakan TikTok lho, Blibli Friends. Fitur live memungkinkan para pengguna TikTok melakukan siaran langsung yang dapat ditonton oleh pengguna lainnya. Menariknya, selama melakukan live, pengguna dapat berinteraksi melalui obrolan yang tersedia hingga memberi feedback secara langsung. Artis-artis besar sering menggunakan fitur ini sebagai ruang interaksi dengan para penggemarnya.

  • Spill

Jika diterjemahkan dari bahasa Inggris, spill memang punya arti ‘menumpahkan’. Dalam TikTok dan berbagai platform dunia maya, spill biasanya mengacu pada menumpahkan berita maupun menceritakan gosip terbaru yang sedang hangat dan dibicarakan banyak orang. Kamu juga bisa menggunakan kata spill saat ingin bertanya sesuatu, seperti “spill tasnya dong” atau “spill cerita lengkapnya dong”.

  • Creator Fund

Istilah creator fund juga cukup dikenal oleh para pengguna TikTok. Creator fund merupakan program yang memungkinkan bagi para pencipta konten memonetisasi konten melalui pembagian pendapatan iklan. Konten kreator TikTok harus memenuhi syarat untuk dapat mendaftar program serta menghasilkan uang dari konten video yang dibuat.


Baca Juga: 

Karena sudah mendapat penjelasan secara lengkap, kamu nggak perlu bingung lagi jika ingin menggunakan TikTok ya, Blibli Friends. Jangan lupa pastikan gadget yang dipakai mendukung dan nyaman agar berselancar di dunia maya menjadi lebih nyaman, misalnya dengan handphone keluaran terbaru. Dapatkan handphone Samsung, iPhone, dan berbagai merek handphone terbaik lainnya hanya di Blibli.

Tag: