me

Gitar Akustik vs Gitar Elektrik, Mana yang Cocok Untuk Pemula?

Feb 01, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Blibli Friends ingin belajar main gitar? Agar bisa segera menguasainya, tentu kamu juga harus paham betul tentang bagaimana memilih alat musik yang cocok. Khususnya untuk alat musik gitar, kamu bisa memilih antara gitar akustik atau gitar elektrik. Berikut ini adalah perbedaan tentang gitar akustik dan gitar elektrik, serta rekomendasinya untuk pemula. Langsung saja yuk disimak penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi dan Harga Gitar Akustik Terbaik, Cek di Sini!


Kenali Perbedaan Gitar Akustik dan Gitar Elektrik

Gitar akustik adalah alat musik yang menghasilkan suara dari getaran senar yang dialirkan melalui bagian saddle gitar, dan jembatan yang digunakan untuk mengikat senar ke dalam ruang suara. Sementara itu, gitar elektrik atau gitar listrik adalah jenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus elektrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan pengeras suara.

Berikut adalah beberapa perbedaan gitar akustik dan juga gitar elektrik yang perlu kamu ketahui.

  • Karakter Suara

Perbedaan yang sangat menonjol antara gitar akustik dan juga gitar elektrik adalah karakter dari suara yang dihasilkan. Gitar elektrik akan menghasilkan suara yang melengking tinggi dan cocok sekali kalau dipadukan dengan alat musik lain seperti drum atau bass. Gitar akustik menghasilkan suara yang lebih ringan, lembut dan juga natural, biasanya permainan gitar akustik biasa menjadi bagian yang ditonjolkan dalam sebuah lagu

  • Aliran Musik

Dengan karakter suara dari gitar elektrik akan cocok jika memainkan musik rock, blues, jazz hingga heavy metal. Sedangkan untuk gitar akustik akan cocok kalau memainkan lagu yang menonjolkan petikan gitar seperti bertempo slow, lagu pop, keroncong, klasik, tradisional, dan juga country.

  • Biaya

Dari segi biaya, ada beberapa keuntungan kalau kamu memilih gitar akustik karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan gitar elektrik.

Cara Memainkan Gitar Akustik dan Gitar Elektrik

Untuk kamu yang mau belajar bermain gitar, setidaknya ada dua cara sederhana yang bisa dilakukan. Hal ini berlaku untuk gitar akustik atau gitar elektrik agar suara yang dihasilkan bisa sesuai dengan apa yang kamu mau. Caranya adalah dengan memetik setiap senar satu per satu dengan menggunakan ibu jari.

Meskipun cara ini sudah populer, namun kualitas dari suara yang dihasilkan kurang memuaskan. Sebenarnya semua jari bisa digunakan dan setiap jari tangan bisa menentukan bagaimana kualitas dari petikan yang akan diperoleh.

Cara kedua adalah dengan menggunakan lima jari tangan kamu. Walaupun kamu menggunakan lima jari, tapi saat kamu bermain gitar maka kebanyakan kamu hanya akan menggunakan empat jari saja. Jumlah jari yang dipakai sendiri tidak mengikat atau bisa dibilang tidak punya aturan khusus karena setiap lagu punya ritem yang berbeda dan akan sangat berpengaruh pada beberapa jari yang akan dipakai untuk memetik senar gitarnya.

Rekomendasi Gitar yang Tepat untuk Pemula

Dari penjelasan di atas sudah bisa dipastikan kalau kamu seorang pemula kamu harus mempelajari gitar akustik lebih dulu. Selain lebih mudah, gitar akustik yang lebih murah sehingga kamu bisa membelinya dengan mudah. 

Ditambah lagi, gitar akustik juga memungkinkan kamu memainkan semua jenis lagu tergantung gitar seperti apa yang kamu pilih. Pastikan kamu juga menyesuaikan diri dengan gitarmu ya! Karena walaupun belajar gitar akustik mudah, jangan sampai salah pilih gitar.

Cek Daftar Harga Terbaru Alat Musik, Produk Hobby & Interest 

Untuk rekomendasi tempat beli gitar dan berbagai alat musik lain yang berkualitas, kamu bisa membeli secara online di Blibli. Banyak promo spesial buat kamu. Gimana nih Blibli Friends tertarik belajar main gitar?

Rekomendasi Gitar di Blibli:

  • Gitar Akustik Yamaha F310P 

Yamaha F310P Gitar Akustik

  • Gitar Elektrik Yamaha Pacifica 112J

Yamaha Pacifica 112J Gitar Elektrik

 

Tag: