me

Cara Setting TV Digital Samsung, Wajib Tahu Nih!

Jan 04, 2022.By
Bagikan

Image Source : blibli.com

Cara Setting TV Digital Samsung – Biasanya untuk TV memang tampilannya sengaja tetap seperti pengaturan pabrik dan pembeli bisa melakukan cara setting TV Digital Samsung. Hanya saja nggak semua mengerti bagaimana cara untuk melakukannya. Sehingga mereka menganggap tampilan TV yang diberikan ini nggak sesuai dengan keinginan mereka.

Sebelum kecewa cobalah untuk melihat penjelasan dan cara mengatasi hal tersebut seperti di bawah ini!

Baca Juga : Apa Perbedaan TV LED, OLED, UHD, dan Smart TV?


Cara Setting TV Digital Samsung yang Tepat

Hal utama yang banyak dialami para pengguna TV Samsung Digital adalah dengan mencari saluran yang tepat. Padahal untuk bisa mendapatkan saluran tentu membutuhkan pencarian yang sesuai dengan tipe TV yang digunakan. Kamu bisa memulainya dengan beberapa cara sebagai berikut:

  1. Ketahui tipe TV Samsung

Nggak semua jenis TV bisa disambungkan dengan saluran digital jadi kamu harus cek terlebih dahulu TV Samsungnya. Jika memang mendukung barulah bisa lanjut untuk melakukan cara yang berikutnya. Bagaimana cara untuk mengetahui bisa atau nggak TV disambungkan pada saluran digital?

Kamu bisa melihat dari kemasan atau manual books sebagai aturan khusus penggunaan TV tersebut. Kalaupun sudah hilang kamu juga bisa mencari informasinya di internet.

  1. Cobalah masuk ke pengaturan

Jika sudah dipastikan bisa kamu bisa lanjut untuk masuk ke bagian pengaturan dan memilih menu. Masuklah untuk memilih “Program” atau ada juga yang menyebutnya dengan “Programmes”. Proses ini nggak butuh waktu lama jadi kamu nggak perlu khawatir untuk meluangkan banyak waktu dalam melakukannya.

  1. Cari channel yang diinginkan

Langkah selanjutnya adalah kamu bisa langsung mencari saluran digital yang diinginkan. Pilihlah “auto tunning”. Ketika menu ini sudah dipilih maka antena dari TV otomatis akan melakukan penangkapan sinyal yang didapatkannya. Hal ini berlaku untuk TV yang sudah didukung dengan DVBT2.

Bagaimana dengan TV Samsung yang belum ada dukungan dari DVBT2 tersebut? Kamu nggak perlu khawatir cobalah untuk memilih menu “cable”. Selanjutnya pilih “mulai” untuk melakukan pencairan siaran digital yang diinginkan.

  1. Proses mendapatkan siaran digital

Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah menunggu siaran digital dimunculkan. Perlu dipahami jika ingin fokus untuk mendapatkan sinyal digital saluran TV jangan lupa untuk mencentang di sebelah menu Digital Only Tuning. Kamu bisa terus memantau apa saja siaran yang berhasil ditangkap melalui layar TV.

Kamu bisa fokus untuk melihat tampilan DTV sebagai tanda berhasil nggaknya sebuah siaran digital ditangkap oleh antenanya. Proses ini ada yang lama dan ada yang sebentar bahkan hasil pencarian yang didapatkan masing-masing TV mungkin akan berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh banyak nggaknya sinyal yang didapatkan ketika melakukan pencarian.

Kamu perlu memperhatikan beberapa hal untuk menunjang pencarian siaran agar lebih mudah. Pertama, carilah sinyal dalam keadaan cuaca yang baik. Cuaca buruk bisa membuat pencairan sinyal menjadi sulit. Kedua, cobalah cek bagian antenanya, kondisi antena yang bagus juga menunjang mudah nggaknya pencairan siaran.

Ketiga, cobalah untuk memindah-mindahkan arah antena untuk memaksimalkan siaran yang didapatkan. Keempat, posisikan antena di luar rumah untuk menjangkau lebih banyak siaran yang diberikan. Jangan sampai hanya menempatkannya di dalam rumah karena bisa mengganggu pencairan siarannya.

Rekomendasi Produk TV Digital Samsung

Setelah tahu cara pengaturan TV Digital yang tepat kamu bisa melihat rekomendasi TV Samsung digital yang bisa dibeli sebagai berikut:

  1. Samsung LED TV UA32T-4003AKXXD [32 Inchi]

Samsung LED TV UA32T-4003AKXXD (32 Inchi)

Rekomendasi TV pertama yang bisa kamu beli adalah Samsung LED TV UA32T-4003AKXXD [32 Inchi]. Keunggulan yang diberikan oleh TV ini adalah tampilan gambar TV yang lebih menarik dan nggak berisik tentunya. Suaranya cukup menggelegar bahkan nggak perlu tambahan sound system lagi.

Ada beberapa hal yang mendukung TV ini untuk digunakan seperti konektivitas USB, HDMI dan juga layar yang memiliki ukuran resolusi : 1,366 x 768 dan 32 inch. Kamu bisa mendapatkan tampilan gambar cerah maupun gelap dengan cukup elegan. Untuk mendapatkannya kamu perlu budget sekitar Rp2,6 jutaan.

  1. Samsung QA65Q60AAKXXD QLED 4K Smart TV [65 Inch]

Samsung QA65Q60AAKXXD QLED 4K Smart TV (65 Inch)

Jenis TV kedua yang bisa kamu beli adalah Samsung QA65Q60AAKXXD QLED. TV ini cukup canggih untuk digunakan dengan beberapa kelebihan di dalamnya. Kamu bisa mendapatkan tampilan gambar TV lebih baik apalagi untuk tampilan serial drama yang penuh warna di dalamnya.

TV ini juga memiliki beberapa spesifikasi menarik seperti Screen Curvature N/A, Resolution 3,840 x 2,160 dan Display Screen Size 65″. Berita baiknya untuk TV yang super lengkap ini kamu bisa membelinya dengan harga yang terjangkau saja. Dibutuhkan uang sekitar Rp16 jutaan untuk mendapatkannya.

  1. LED TV Samsung 24 inch UA24T4001AR

LED TV Samsung 24 inch UA24T4001AR FREE ONGKIR (JABODETABEK)

Butuh TV yang lebih terjangkau? Jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan TV Samsung 24 inch. Meskipun dibandrol dengan harga sekitar Rp2 jutaan saja namun kamu nggak perlu risau dengan tampilan gambar yang diberikan. Tampilan gambarnya terlihat menarik dengan ukuran layar yang sesuai.

Layar dari TV ini sekitar 24 inch, dilengkapi juga dengan tipe display yang LED. Tampilan gambarnya sudah cukup bersih dan luas untuk dinikmati. Selain itu juga ada Picture Quality (PQI) Index sebesar 200 dan Wide Color Enhancer yang menarik. TV yang cocok ditempatkan di kamar maupun ruang tamu yang menawan.

  1. Samsung UA65AU8000KXXD Crystal UHD 4K Smart TV with AirSlim Design [65 Inch]

Samsung UA65AU8000KXXD Crystal UHD 4K Smart TV with AirSlim Design (65 Inch)

Rekomendasi TV berikutnya adalah Samsung UA65AU8000KXXD Crystal UHD 4K. TV ini juga cukup lengkap untuk digunakan. Sudah dilengkapi dengan Bluetooth Audio Yes, Multiroom Link Yes, Hole Array Speaker N/A, Audio Pre-selection Descriptor N/A, Q-Symphony Q-Symphony dan Object Tracking Sound N/A.

Kamu bisa menikmati tampilan gambar TV yang lebih jernih dan juga suara yang nyaman didengar. TV ini juga memiliki harga yang terjangkau untuk dibeli. Harganya adalah sekitar Rp12,8 jutaan saja. Harga ini tentu sepadan dengan banyaknya spesifikasi yang diberikan untuk TV ini.

  1. SMART TV SAMSUNG 43 INCI

PROMO SUPER SMART TV SAMSUNG 43 INCI

Rekomendasi TV selanjutnya adalah TV Samsung 43 inchi. TV ini cukup menawan untuk digunakan meskipun bentuknya memang kecil. Ada beberapa spesifikasi di dalamnya seperti SmartView/ Screen Mirroring, Ultra Slim Design, Bluetooth Audio, Music Wall, One Remote, Bixby Voice Assistant dan Ultra CleanView.

Kamu bisa mengendalikan banyak pengaturan yang ada di dalam TV hanya melalui remote saja. Untuk membelinya kamu membutuhkan budget sekitar Rp4,8 jutaan saja. Kamu juga bisa menggunakan perintah suara jadi cukup mempermudahmu melakukan apapun yang diinginkan.


Baca Juga : 7 Rekomendasi Home Theater Terbaik 2021

Blibli Friends tertarik dengan TV Samsung di atas? Membeli dengan mudah hanya di Blibli saja jangan yang lainnya. Apalagi untukmu yang ingin mendapatkan bonus lebih banyak karena di Blibli ada promo menarik, gratis ongkir sampai cashback yang sayang untuk dilewatkan. Yuk checkout sekarang juga!

Tag: