me

Cek Cara Pakai PayLater Blibli Tiket by Indodana, Yuk!

Apr 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Cara Belanja di Blibli Pakai Blibli Paylater — Saat ini, belanja rasanya jadi lebih mudah karena ada PayLater, sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk belanja sekarang dan bayarnya bisa nanti dengan sistem cicilan. Hal ini membuat kaum-kaum hobi belanja tetap bisa beli barang impian tanpa perlu gigit jari karena saldo di rekening udah tipis. Tapi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan tentang cara pakai PayLater Blibli, nih, biar gak terjebak dalam lingkaran gali lubang tutup lubang. 

Baca Juga: Kenalan Sama Biaya Layanan di Blibli 


Apa Itu PayLater? 

Istilah satu ini emang bukan hal baru, tapi mungkin masih cukup awam untuk beberapa orang yang belum pernah menggunakan PayLater. Sebenarnya, PayLater merupakan metode pembayaran yang bisa dilakukan dengan cara kredit atau cicilan sehingga pembayaran yang kamu lakukan rasanya jadi lebih ringan ketimbang langsung bayar penuh. 

Memang, sejak dulu udah ada kartu kredit yang bisa mempermudah pembelian dengan sistem cicilan, namun sayangnya nggak semua orang punya kartu karena cara daftar dan proses approval-nya bisa dibilang tidak mudah. Nah, makanya muncullah alternatif PayLater yang memungkinkan kamu jadi lebih mudah untuk belanja dengan sistem cicil karena tidak membutuhkan kartu. 

PayLater sendiri bisa digunakan untuk membayar pembelian apa aja, bahkan bisa langsung kamu sambungkan dengan e-money atau e-commerce sebagai laman belanjanya. Penggunaan PayLater ini nggak ada batasnya sehingga bisa kamu pakai gak cuma untuk belanja kebutuhan pokok, tapi bisa juga untuk membeli sesuatu yang kamu inginkan. 

Tapi, ada tapinya, nih, Blibli Friends… Kalau PayLater nggak digunakan dengan bijak, hal ini bakal memberikan dampak kurang baik untu sistem keuangan kamu. Soalnya, udah banyak kasus seseorang terlilit utang PayLater karena terlalu banyak mengambil urang dan nggak bisa membayarnya sesuai kesepakatan. Jadinya, penawaran kemudahan berbelanja yang harusnya membantu ini malah jadi boomerang untuk diri sendiri, deh. 

Tips Bijak Memanfaatkan PayLater

Sebelum memutuskan untuk menggunakan fitur PayLater, ada baiknya kamu tau dulu, nih, cara pakainya dengan bijak biar terhindar dari lilitan utang yang membengkak atau menumpuk. Simak tips cara pakai paylater Blibli di bawah ini, yuk!

1. Gunakan Hanya untuk Hal Mendesak

Nih, tips pertama yang harus banget kamu lakuin ketika menggunakan PayLater adalah pastikan hanya digunakan untuk kebutuhan mendesak saja. Coba ngobrol sama diri sendiri, apakah kamu beli barang tersebut karena butuh? Atau hanya untuk keinginan aja?  

Kalau emang untuk keinginan, pastikan kamu bisa membayar cicilannya, ya. Soalnya kalo nggak dipikirin ke depannya gimana bayarnya, bakal gak ada abisnya dan kamu pasti cenderung ketagihan untuk melakukannya lagi dan lagi. Kebiasaan kurang baik inilah yang bakalan membuatmu mengentengkan utang yang udah numpuk di kredit PayLater sehingga jadi berat banget pas mau bayar tagihannya.  

2. Perhatikan Platform yang Kamu Gunakan

Kedua, pastiin kamu pilih platform yang terpercaya, seperti Blibli! Saat ini, kan, udah banyak banget platform yang memberikan kemudahan memilih metode pembayaran PayLater, tapiiii nggak semuanya aman untuk digunakan, lho. Jadi, jangan sampai salah pilih biar nggak boncos! 

Utamanya, sih, pilih platform yang udah mendapatkan izin beroperasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau udah ada izin OJK, platform tersebut udah jelas dan nggak akan menyalahgunakan data pribadimu. Tentu aja hal ini bakal buat kamu lebih aman dan nyaman saat menggunakan fitur PayLater di platform pilihanmu.  

3. Wajib Cek Syarat dan Ketentuan

Ketiga, cek dulu syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum menggunakan PayLater. Kamu harus tau kalau masing-masing platform punya syarat & ketentuan berbeda yang wajib dipatuhi ketika mengajukan kredit pembayaran.  

Selain dokumen dan data diri yang perlu kamu siapin, kamu juga harus banget baca ketentuan berupa bunga maupun tenor yang diberikan. Cek dulu apa aja pilihan tenor yang ada, angsuran kredit, dan berapa lama waktu pelunasan yang bisa dilakukan pada pembayarannya. Jangan lupa cek juga jenis dan jumlah bunga yang dipakai pada setiap cicilannya biar kamu bisa mempertimbangkan kesanggupan untuk membayar cicilan sesuai pilihanmu. 

Oh ya, nggak semua platform menggunakan sistem bunga datar melainkan ada yang sistemnya meningkat sehingga pembayaran cicilan tiap bulannya bakalan makin mahal. Pastiin kamu tau hal ini, ya, biar nggak merasa tertipu padahal udah dijelasin di bagian syarat dan ketentuan. 

4. Persiapkan Dana Darurat

Kita masuk ke tips keempat. Pastiin kamu punya dana darurat untuk jaga-jaga, ya. Dana ini nggak cuma disisihkan untuk situasi yang kurang baik, namun juga dipersiapkan biar kamu nggak bingung mencari pinjaman ketika dibutuhkan. Salah satu cara tepat yang bisa dilakukan adalah dengan Investasi dan menabung. 

Dana darurat bisa banget kamu pakai untuk kebutuhan rumah dan pegangan kamu ketika ada kebutuhan mendesak yang mungkin sedikit mengubah cashflow. Maksud mendesak di sini adalah untuk berobat ketika sakit, memberikan kado teman saat menikah atau lahiran, dan lainnya. Pokoknya jenis-jenis pengeluaran yang nggak masuk dalam anggaran bulanan, deh. 

Pastikan kamu selalu menyisihkan setidaknya Rp50 ribu sampai Rp100 ribu setiap bulannya dan pisahkan dari uang harian agar bisa kamu gunakan saat situasi mendesak. 

5. Gunakan Banyak Promo

Mau dapat barang yang kamu inginkan dengan harga murah? Manfaatin promo aja! Cek semua platform belanja yang kamu punya lalu cek promo apa aja yang lagi berlangsung. Hal ini bisa buat kamu memangkas harga dan ongkir sehingga jadi lebih hemat. 

Selain itu, keuntungan lain yang kamu dapatkan adalah bisa membeli dengan uang yang ada tanpa utang PayLater atau bisa mengurangi nominal PayLater yang diajukan dibanding dengan bayar penuh. Cuma, perlu diingat kalau pembelian ini untuk sesuatu yang memang penting, bukan sekadar karena ingin beli aja tanpa pertimbangan yang jelas. 

6. Belajarlah untuk Memprioritaskan Sesuatu

Keenam, belajarlah memprioritaskan sesuatu. Bedakan mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan karena definisinya berbeda. Ketika kamu butuh, maka emang harus dibeli secepatnya karena bakal memiliki dampak tertentu kalau nggak dibeli. 

Contoh kebutuhan yang harus dibeli secepatnya seperti bahan pokok, kebutuhan dapur (sayuran, daging, dan lainnya), pakaian (untuk mengganti yang udah nggak layak). Sedangkan untuk keinginan adalah sesuatu yang sebenarnya nggak dibutuhkan sesegera mungkin karena toh kalau nggak dibeli atau dipenuhi sekarang nggak ada dampak besar buat kehidupan kamu. Contohnya, perhiasan, aksesoris, pakaian branded, dan lainnya. 

Dahulukan apa aja yang menjadi kebutuhanmu dengan uang yang ada. Kalau dirasa kurang, baru gunakan fitur PayLater untuk membeli kebutuhan ini. Ingat! Hanya  gunakan ketika kondisinya mendesak atau nggak ada uang sama sekali. 

7. Pahami Tenggat Pembayaran

Lanjut ke tips ketujuh. Nggak kalah penting dengan tips lainnya, nih. Di tips kali ini, kami mau ngajak kamu untuk jadi orang bertanggungjawab, terutama pada utang yang udah kamu pilih. Ketika mengambil PayLater, kamu harus banget memerhatikan kapan tenggat waktu untu membayarnya. Kenapa? Soalnya, ketika kamu telat bayar bakalan ada konsekuensi khusus seperti denda maupun hukuman lainnya. 

Makanya, catat tanggal tenggat pembayaran dan buatlah penanda atau alarm pengingat di HP-mu biar nggak lupa. Baiknya, sih, buat pengingat 3 hari menjelang waktu tenggat biar nggak terlalu mepet dengan tanggal jatuh tempo. Jadinya, kan, kamu bisa mempersiapkan uang dengan baik tanpa ribet dan salah hitungan. 

8. Pinjam ke Teman

Mungkin sebelum kamu memutuskan pakai PayLater, bisa coba pinjam uang ke teman terdekat dulu. Tapi, pastikan kamu punya tanggungjawab, ya. Segera kembalikan utangmu ketika udah punya uangnya. 

Kalau udah kepepet dan nggak ada satu pun temanmu yang punya uang lebih, baru pertimbangkan pakai PayLater dengan membaca segala konsekuensi di dalamnya. Kalau kamu cuma asal biar ada uang dan nggak bisa bayar utangnya, hal ini bisa dibawa ke jalur hukum dan bahkan kamu otomatis kena blacklist sehingga nggak bakal bisa pakai PayLater di platform manapun. 

9. Perhatikan Jumlah Pinjaman

Please, hati-hati karena proses pinjaman PayLater memang sangat mudah sehingga bisa buat kamu kecanduan. Untuk itu, penting banget buat mempertimbangkan jumlah pinjaman yang udah kamu ambil biar nggak terlalu banyak atau bahkan bercabang . Hal ini bakal buat keuanganmu memburuk soalnya. 

Disarankan untuk ambil satu jenis cicilan aja dan segera selesaikan dulu sampai lunas. Baru deh abis itu kamu ambil cicilan lain ketika udah mepet banget keuanganmu biar nggak tutup buka lubang karena melelahkan. 

10. Buat Rencana Keuangan

Tips terakhir! Hal satu ini udah cukup sering dibahas, tapi masih banyak orang yang bingung ataupun enggan melakukannya. Yes! Catat keuanganmu seperti akuntansi pada umumnya. Kamu cukup mencatat pemasukan dan pengeluaranmu di dalam sebuah buku atau catatan di HP. Pokoknya yang mudah kamu akses aja. 

Pertama, catat dulu segala sumber pendapatanmu setiap bulannya (dipisah tiap bulannya). Kedua, catat pengeluaranmu secara rinci (kebutuhan pokok dan hal-hal penting lainnya). Ketiga, catat juga utang terkait nominal, jatuh tempo, dan nama akunnya biar nggak bingung. 

Dengan memantau catatan yang kamu buat ini, kamu bakalan lebih mudah cek ke mana aja uangmu digunakan dan juga membantumu terhindar dari utang atau kebutuhan yang belum terbeli. Catatan ini juga sekaligus membantumu mengelola uang lebih bijak dan nggak boros. 

Ketika sudah memiliki catatan keuangan yang jelas maka kamu bisa memikirkan kembali apakah butuh pakai PayLater atau nggak. Jika memang butuh, kamu perlu memasukkannya ke dalam catatan utang biar masuk hitungan setiap tanggal pembayarannya. Sehingga kamu nggak bakalan kena denda karena telat bayar.  

Blibli Tiket Paylater by Indodana 

Kalau kamu tertarik buat cobain layanan PayLater, cobain penawaran dari Blibli yaitu Blibli Tiket PayLater by Indodana aja. Kerjasama antara Blibli dengan Indodana ini menawarkan kemudahan belanja dengan menyediakan opsi pembayaran cicilan 0% tanpa memerlukan kartu kredit. Kamu bisa melakukan pembelian tiket pesawat, kereta, bus, dan moda transportasi lainnya serta memperoleh tiket hiburan seperti konser dan event lainnya, lho. 

Nggak cuma itu, Blibli Tiket PayLater by Indodana juga bisa dipakai untuk melakukan pemesanan penginapa di lokasi yang diinginkan dan akomodasi yang nyaman sesuai kebutuhanmu. Terlebih lagi, batas kredit yang tersedia untuk Blibli Tiket PayLater by Indodana di platform ini cukup tinggi dan bisa hemat hingga Rp1,1 jutaan. 

Untuk sayarat ketentuan lengkapnya Blibli Friends bisa lihat langsung di Blibli Tiket PayLater! 

Cara Menghubungkan Blibli Tiket PayLater by Indodana 

Untuk kamu yang akun Blibli Tiket PayLater by Indodana-nya udah aktif di Tiket.com atau Indodana tapi belum aktivasi di Blibli, pastikan nomor HP-mu di Blibli sama dengan nomor HP yang kamu gunakan di Tiket.com dan Indodana. Kalau kamu tetap mau menggunakan nomor HP yang kamu gunakan sekarang, masukkan data NIK yang telah terdaftar di akun Blibli Tiket Blibli Tiket PayLater by Indodana kamu sebelumnya. 

  1. Buka aplikasi Blibli lalu pilih menu Blibli Tiket PayLater by Indodana. 
  2. Pastikan data NIK dan nomor HP udah sesuai. 
  3. Lakukan verifikasi wajah, pastikan fitur wajahmu terlihat jelas dan tidak tertutup rambut, ya. 
  4. Jika berhasil, selamat! Blibli Tiket PayLater by Indodana kamu udah terhubung dan siap dipakai untuk belanja. 

Jika data diri kamu yang terisi oleh sistem tidak sesuai atau kamu mengalami kendala lainnya, silakan hubungi customer service Indodana untuk info lebih lanjut, ya. 

Cara Belanja Menggunakan Blibli Tiket PayLater by Indodana

Ikuti langkah-langkah berikut untuk cara pakai paylater Blibli, ya, Blibli Friends!

  1. Pilih produk yang mau kamu beli lalu masukkan ke Keranjang Belanja. 
  2. Pilih Blibli Tiket PayLater by Indodana sebagai metode pembayaran pada halaman Checkout. 
  3. Setelah klik “Bayar Sekarang”, kamu akan diarahkan ke proses selanjutnya yaitu memasukkan PIN Blibli Tiket PayLater by Indodana agar transaksimu dijamin aman. Kalau belum punya PIN, kamu akan diarahkan ke halaman pembuatan PIN terlebih dahulu. 
  4. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman Perjanjian Pinjaman Indodana. Baca dulu secara seksama, lalu klik “Saya Setuju” untuk melanjutkan transaksimu. Pastikan nilai tagihan pada Halaman Perjanjian sesuai dengan nilai transaksimu, ya. 
  5. Selesai, deh! Pembayaran dengan Blibli Tiket PayLater by Indodana berhasil dan limit PayLater-mu akan berkurang sesuai dengan jumlah pembayarannya. 

Yuk, cobain Blibli Tiket PayLater by Indodana sekarang! Cara Belanja di Blibli Pakai Blibli Paylater


Baca Juga: Cara Belanja di Blibli Pakai Home Credit

Belanja atau bayar segala kebutuhan tagihan kartu kredit hanya di Blibli saja. Prosesnya mudah dan cepat bahkan transaksi di dalamnya juga terlindungi dengan baik. Kamu berkesempatan mendapatkan diskon dan penawaran menarik saat menggunakan Blibli. Cek dan langsung bayar sekarang juga!