me

Cara Mengolah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Apr 13, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.pexels.com

Cara Mengolah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang- Bagi orang awam yang nggak terlalu paham soal tanaman, mungkin nggak terlalu familiar dengan tanaman ketapang. Tapi buat yang mengerti tanaman atau yang hobi memelihara ikan cupang, pasti sudah nggak asing lagi. Daun ketapang ternyata punya manfaat baik untuk kesehatan manusia dan ikan. Sebenarnya pohon ketapang banyak tumbuh di Indonesia, tapi mungkin kita nggak mengenalinya.

Daun pohon ketapang berwarna agak merah muda, kemudian nantinya akan menguning kemerahan, baru kemudian jatuh. Biasanya pohon ketapang tumbuh di tepi pantai, tapi banyak juga ditanam di taman kota. Daun pohon ketapang yang jatuh dan berserakan ini bisa dimanfaatkan. Tapi bagaimana sih cara mengolah daun ketapang untuk ikan cupang? Sebelumnya cari tahu apa saja manfaatnya, yuk.

BACA JUGA: Jenis Ikan Koi dan Harganya


Manfaat Daun Ketapang

Kita bisa membagi manfaat daun ketapang untuk kesehatan manusia dan ikan. Ini dia berbagai manfaatnya yang perlu kita tahu:

  • Menjaga Sistem Imunitas Tubuh

Daun ketapang ternyata memiliki kandungan antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Karena itu, tubuh jadi lebih terlindung dari tertular beragam penyakit yang diakibatkan oleh kuman, bakteri, maupun virus.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan antioksidan di dalam daun ketapang juga bisa digunakan sebagai penguat tulang. Ini karena antioksidan mampu mencegah kerusakan kromosom, sehingga tulang lebih terjaga.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan di dalam daun ketapang mampu memberi efek negatif diabetes. Artinya mampu menurunkan kadar gula di dalam darah. Ini membuatnya baik dikonsumsi oleh pasien diabetes.

  • Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan asam folat untuk kesehatan dirinya dan pertumbuhan si buah hati. Utamanya untuk perkembangan otak si bayi. Daun ketapang memiliki kandungan asam folat. Tetapi untuk ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan, karena kondisi tiap ibu hamil berbeda-beda.

  • Melawan Kanker

Mengandung senyawa yang sifatnya anti kanker, daun ketapang juga dipercaya mampu digunakan sebagai obat untuk mencegah dan menurunkan sel kanker. Meski demikian, manfaat yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

  • Meningkatkan Kualitas Air

Ketika berada di dalam air, ternyata daun ketapang mampu melepaskan senyawa aktif yang menyebabkan pH di dalam air berkurang. Kadar pH ini cocok banget untuk tempat hidup ikan cupang. Daun cupang juga mampu mengubah warna air, jadi ikan cupang nggak mudah stres. Seperti yang kita tahu, ikan cupang termasuk sensitif banget dengan lingkungannya.

Jnanacrafts daun ketapang laut kering 40gram terlaris

Kamu bisa menggunakan Jnanacrafts Daun Ketapang Laut Kering kemasan 40 gram yang harganya Rp 8 ribuan. Mampu menurunkan kadar pH hingga 6.2 – 7 sehingga kondisi air jadi lebih stabil dan nyaman bagi ikan.

  • Menyerap Racun di Air

Terkadang pemilik ikan nggak menyadari kalau wadah atau akuarium yang kita gunakan ternyata kurang tepat untuk tempat hidup ikan cupang. Salah satu sebabnya adalah wadahnya mengandung logam berat.

Jadi, bisa saja wadah terlihat bersih dan ikan sehat-sehat saja, tapi tiba-tiba mati. Kita bisa mendeteksi kondisi air dengan alat khusus. Tapi cara mudahnya adalah dengan memasukkan daun ketapang yang mampu menyerap logam berat dan racun di air.

  • Menjaga Kesehatan Ikan

Daun ketapang mampu menjaga kesehatan ikan cupang karena sifatnya yang anti jamur, anti bakteri dan anti parasit. Otomatis ikan pun jadi tumbuh lebih kuat dan sehat. Selain itu, menambahkan daun ketapang juga dipercaya membantu ikan cupang bisa bertelur dengan lebih cepat.

  • Tempat Bertelur

Selain baik untuk tempat hidup, air yang kandungan pH-nya berkurang ini juga bagus banget untuk bertelur. Ikan cupang bisa merasa nyaman bertelur di atasnya. Selain itu, daun ketapang juga bisa digunakan untuk menyembunyikan telur ikan.

daun ketapang ( tanpa tulang) bersih

Pilihan lainnya yang bisa kamu pilih adalah Daun Ketapang Tanpa Tulang kemasan 30 gram yang harganya Rp 64 ribuan. Sudah siap pakai, kamu tinggal memasukkannya ke dalam akuarium saja. Telur bisa mudah melekat di daun dan nggak mudah jatuh.

  • Solusi Gangguan Kulit

Daun ketapang memiliki kandungan bernama tanin. Ini adalah zat yang mampu membunuh bakteri, jamur dan virus. Dengan begitu, berbagai masalah kulit bisa teratasi dengan zat tanin. Ini bagus banget untuk ikan cupang yang terluka setelah diadu. Lukanya bisa sembuh dengan lebih cepat.

daun ketapang laut olahan

Kamu bisa coba gunakan Daun Ketapang Laut Olahan dengan Proses Frementasi em4 yang harganya Rp 62 ribuan. Di dalam paket sudah terdapat 20 – 30 lembar daun ketapang siap pakai. Nggak perlu lagi ditambahkan garam ikan, tinggal dimasukkan ke dalam air tempat hidup ikan cupang.

Cara Mengolah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Wah ternyata daun ketapang penting banget untuk proses mutasi dan kesehatan ikan cupang. tentu saja kamu bisa membeli daun ketapang yang sudah diproses kalau nggak punya banyak waktu untuk mengolahnya sendiri.

Tapi kalau lebih yakin dengan yang alami buatan sendiri, kamu bisa juga kok mengolah sendiri dengan mudah. Nah, supaya bisa mendapatkan manfaatnya, pastikan kamu mengolahnya dengan tepat. Ini dia cara mengolah daun ketapang untuk ikan cupang yang benar:

  • Cuci Daun Ketapang

Kamu bisa menggunakan daun ketapang yang dipetik dari pohon, bisa juga daun yang sudah jatuh. Yang pasti, daun ketapang harus dicuci bersih karena asalnya dari luar. Pastinya ada debu dan kotoran yang menempel. Remas-remas daun ketapang dengan lembut, lalu buang air bilasannya.

  • Rendam dalam Wadah

Supaya yakin daun ketapang higienis, kamu juga bisa merendamnya sebentar setelah dibilas. Gunakan air bersih yang baru lalu rendam selama sekitar 30 menit. Setelah itu, buang kembali air rendamannya.

  • Gunakan Garam Ikan

Masukkan sedikit garam ikan ke dalam wadah kosong, lalu tambahkan dengan air bersih secukupnya. Nggak perlu terlalu banyak, lalu aduk hingga garam larut dengan rata. Kemudian masukkan daun ketapang ke dalamnya. Disarankan untuk merendam daun ketapang dengan air garam selama 24 jam.

  • Buang Air Rendaman

Setelah direndam selama 24 jam penuh, ambil daun ketapang dan buang air larutannya. Proses belum selesai, karena daun ketapang ini masih harus dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur.

  • Jemur Daun

Proses terakhir adalah menjemur daun ketapang di bawah sinar matahari. Kalau daun sudah mengeluarkan aroma seperti teh, ini tandanya sudah kering dan bisa diangkat. Setelah ini baru bisa dimasukkan ke dalam air yang jadi tempat hidup ikan cupang.


BACA JUGA: Jenis Ikan Koi Lokal

Banyak banget manfaat yang bisa kita dapat dari daun ketapang untuk kesehatan ikan cupang kesayangan. Kamu bisa dapatkan daun ketapang berkualitas di Blibli. Kamu juga bisa temuin berbagai jenis daun atau tanaman lain di kategori Home & Living. Pilihannya beragam dan kamu bisa belanja lebih hemat dengan voucher spesial di Blibli. Yuk pilih sekarang juga supaya ikan cupang lebih sehat!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya