me

5 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Tiba-tiba Muncul

Mar 01, 2024.By
Bagikan

pexels.com

Cicilan 0% Gadget

Berselancar di internet merupakan salah satu aktivitas sederhana yang sering dilakukan pada saat ada waktu luang. Sayangnya, saat membuka internet kamu kerap kali terganggu dengan adanya iklan yang nggak diinginkan. Selain bikin nggak nyaman, kalau iklan terus-menerus muncul maka HP kamu terindikasi terkena malware. So, ini cara menghilangkan iklan di HP Android yang tiba-tiba muncul.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di HP, Kira-Kira Bisa Gak, Ya?


Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Tiba-tiba Muncul

Kamu pasti sering merasa sebal kalau lagi seru-serunya membaca informasi di internet terus ada iklan yang mengganggu. Untuk itu, kamu bisa menerapkan beberapa cara menghilangkan iklan di HP Android yang tiba-tiba muncul di bawah ini:

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome

Untuk menghilangkan iklan melalui Google Chrome, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Chrome pada HP kemudian pilih 3 titik vertikal yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih menu settings kemudian cari opsi “site settings” dan klik “Pop-ups and redirects”.
  • Kemudian pilih toggle sehingga tampilannya berubah menjadi abu-abu sehingga iklan pop up akan terblokir secara otomatis.
  • Selain itu, kamu juga bisa memblokir iklan pop-up  di situs tertentu dengan alur berikut ini:
  • Buka Google Chrome kemudian pilih opsi “Ads” yang berada di bawah “Pop-ups and redirects”.
  • Klik toogle sampai berubah warna menjadi abu-abu, maka iklan yang nggak diinginkan sudah terblokir.
  • Selain itu, ada juga cara lain untuk menghilangkan notifikasi dari situs tertentu yang nggak diinginkan.
  • Buka Google Chrome kemudian cari opsi “Notifications” pada menu “Site Settings”.
  • Kemudian klik toogle hingga berubah menjadi abu-abu.

Cara Menghilangkan Iklan di UC Browser

Selain Chrome, UC Browser juga menjadi salah satu pilihan brow­ser yang banyak dijadikan pilihan. UC Browser dilengkapi dengan Engine U4 yang bisa membuat aktivitas browsing, nonton video, dan mengunduh file secara lebih lancar dan cepat.

Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Ad Block untuk memblokir semua jenis iklan yang mengganggu. Kamu tinggal mengaktifkan fitur tersebut melalui menu pengaturan sehingga iklan nggak akan pernah muncul lagi dan mengganggu kegiatan internetmu.

Menghilangkan Aplikasi dengan Instal AdBlocker

AdBlocker merupakan aplikasi yang sudah bisa ditemukan dengan gampang di Google Play Store.  Pilihannya pun bervariasi, nggak cuma bisa dipasang di Android tetapi juga bisa di smartphone besutan Apple. Kamu bisa memilih aplikasi yang ingin diunduh sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Namun, ada beberapa aplikasi yang cuma bisa digunakan pada aplikasi tertentu, seperti browser.  Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengatur aplikasi secara otomatis biar bisa bebas browsing tanpa  terganggu iklan. Dalam memilih AdBlocker, kamu nggak boleh sebarangan, ada beberapa tips yang harus diperhatikan.

  • Unduh aplikasi AdBlocker hanya melalui Google Play Store. Jangan pernah mengunduh aplikasi yang nggak resmi dari situs tertentu karena berpotensi membawa virus atau malware.
  • Pastikan aplikasi AdBlocker yang sudah diunduh di-scan terlebih dahulu sebelum proses instalasi di HP.
  • Pilihlah aplikasi dengan rating yang bagus, setidaknya 4.5 dari pengguna Play Store.
  • Baca deskripsi dan ulasan aplikasi yang ingin diunduh kemudian pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Salah satu rekomendasi aplikasi AdBlocker yang bisa dipilih adalah AdBlock Plus. Aplikasi ini sudah sangat populer dan tersedia untuk semua browser seperti Chrome, Firefox, Edge, Opera, dan lain-lain. Aplikasi ini gampang banget dikonfigurasikan dan mempunyai sejumlah fitur tambahan seperti dukungan untuk memblokir tracker serta peringatan cookie dan notifikasi.

Bayar Biaya Berlangganan Aplikasi

Kalau kamu menggunakan aplikasi tertentu yang berbayar, biasanya akan ada iklan untuk mendapatkan pemasukan dari pengguna. Hal ini merupakan cara paling lumrah untuk mendapatkan pemasukkan dari developer aplikasi untuk mendapatkan uang. Pemasukan iklan ini biasanya digunakan buat biaya operasional untuk mengembangkan aplikasi.

Di sisi lain, kebanyakan developer menawarkan opsi untuk menghilangkan iklan aplikasi dengan membayar biaya berlangganan. Dengan berlangganan, perusahaan bisa tetap mendapatkan keuntungan per bulan atau per tahun dari pengguna yang nggak ingin melihat iklan. Dengan begitu, pemasukan developer juga akan lebih stabil daripada menawarkan sistem beli putus.

Saat ini memang masih ada sejumlah aplikasi yang menawarkan skema beli putus. Yang mana, untuk menggunakan aplikasi tersebut kamu harus membayar terlebih dahulu. Sayangnya, kebanyakan aplikasi dengan sistem seperti ini jarang mendapatkan update konten. Sehingga, saat digunakan dalam waktu lama akan membuatmu gampang merasa bosan.

Matikan Jaringan Seluler atau Wi-Fi

Untuk menghilangkan iklan di HP yang bisa dipilih selanjutnya adalah dengan cara mematikan jaringan seluler atau Wi-Fi. Cara ini sangat ampuh buat menghilangkan iklan dari aplikasi atau game tertentu yang bisa tetap berjalan meskipun sedang dalam keadaan offline.

Saat akan menampilkan iklan, aplikasi akan mengunduh materi iklan terlebih dahulu dengan jaringan internet. Kalau koneksi mati, maka aplikasi nggak akan bisa men-download iklan lagi. Sementara itu, aplikasi atau game tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya. Cara ini juga sangat efektif untuk mencegah HP terkena malware.

Menggunakan Menu Security di Settings

Hal yang paling dikhawatirkan saat muncul iklan di HP adalah masuknya malware atau virus dari aplikasi berbahaya. Beberapa iklan di HP Android bisa saja “menipu” pengguna buat memasang aplikasi tersebut. Untungnya, aplikasi tersebut biasanya mempunyai rating yang rendah di Play Store sehingga bisa dihindari.

Untuk mencegah Android meng-install aplikasi dari sumber nggak jelas, kamu bisa memblokir iklan melalui menu “Security” di Settings. Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan atau Settings di HP kemudian pilih opsi “Security”. Kemudian kamu bisa menuju ke menu “Privacy dan matikan izin untuk instal aplikasi dari sumber yang nggak diketahui (Unknown Source).

Menghapus Iklan di HP Xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu merek smartphone asal China yang sering menampilkan iklan pada aplikasi bawaannya. Hal ini tentu saja membuat beberapa pengguna merasa sebel banget. Hal ini bahkan membuat pengguna Xiaomi enggan memakai aplikasi bawaan dan memilih aplikasi pihak ketiga. Namun, kamu bisa menghapuskan iklan pada aplikasi bawaan ini dengan cara:

  • Buka menu Settings pada HP Xiaomi kemudian scroll sampai menemukan menu “Passwords & Security”.
  • Pilih opsi “Privacy” lalu klik “Ad Services”  lalu matikan “Personalized Ad Recomendations”.
  • Setelah itu buka salah satu aplikasi bawaan Xiaomi, misalnya Security.
  • Kemudian klik menu “Settings” yang ada di pojok kanan atas.
  • Non-aktifkan “Receive Recommendations” pada semua aplikasi bawaan Xiaomi.

Baca juga: Kenalan dengan Spesifikasi Samsung S22 Dulu, Yuk!

Itu dia beberapa cara menghilangkan iklan di HP Android yang tiba-tiba muncul yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kenyamanan beraktivitas. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghindari iklan adalah menggunakan Android yang berkualitas. Kamu bisa cari tahu pilihan lengkapnya di Blibli dengan harga yang bersahabat dan dipastikan orisinalitasnya. 

Tag: