me

Cara Mengetahui Ukuran Sepatu dari Tinggi Badan

Mar 08, 2024.By Nadine
Bagikan

www.pexels.com

Kalau Blibli Friends mau beli sepatu, salah satu hal paling penting buat diperhatikan adalah ukurannya. Tapi, pernahkan kamu merasa susah menemukan ukuran sepatu yang cocok. Nah, sebenarnya ada cara mengetahui ukuran sepatu dari tinggi badan. Mudah, kan, kalo gini caranya. 

Kamu cukup tahu tinggi badanmu, terus kamu bisa tentukan ukuran sepatumu. Ini bakalan membantu kalau kamu lagi nggak ada alat atau waktu dan tempat buat mengukur panjang kakimu, tapi kamu butuh segera beli sepatu online. Pernah kan seperti ini? Jadi, sekarang kita simak cara untuk tahu ukuran sepatu melalui tinggi badan. 

Baca juga: 10 Heels yang Cocok untuk Kebaya 


Cara Mengetahui Ukuran Sepatu dari Tinggi Badan 

Daftar Nomor Ukuran Sepatu dan Panjangnya 

Di Indonesia, ukuran sepatu umumnya pakai standar Eropa. Maka dari itulah, ukuran tersebut buat pria dan wanita itu sama. Kita coba pakai standar satu poin nilainya ⅔ cm, dengan poin 1 buat 0 cm. Jadi, nomor ukuran sepatu dewasa beserta panjangnya adalah sebagai berikut: 

  • 36 = 23,33cm 
  • 37 = 24cm 
  • 38 = 24,66cm 
  • 39 = 25,33cm 
  • 40 = 26cm 
  • 41 = 26,66cm 
  • 42 = 27,33cm 
  • 43 = 28cm 
  • 44 = 28,66cm 

Cara Mengetahui Ukuran Sepatu dari Tinggi Badan 

Buat setiap ukuran sepatu, ada cara buat menghitung panjang telapak kaki agar pas saat dimasukkan ke dalam sepatunya. Caranya, panjang sepatu dikurangi 0,8cm sampai 1,5cm, rata-rata idealnya 1,15cm. Perhitungan tersebut juga tergantung pada ketebalan bahan dan strukturnya. 

Sekarang, nggak banyak orang yang sadar kalau telapak kaki manusia itu panjangnya secara normal adalah sekitar 15% dari tinggi badan. Jadi, melalui tinggi badan tersebut, kamu bisa menghitung perkiraan ukuran sepatunya. Misalnya begini: 

Tinggi badan = 165 cm 

Panjang telapak kaki sekitar = 165 x 15% = 24,75cm 

Ukuran sepatu ideal = 24,75 + 1,15 = 25,9cm (lihat ukuran nomor berapa yang sesuai dengan panjang tersebut dari daftar pada poin nomor satu) 

Berarti, ukuran sepatu paling pas untuk orang tersebut adalah nomor 40. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Tentang Ukuran Sepatu 

Itu tadi cara menghitung ukuran sepatu dengan menggunakan patokan tinggi badan. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa ukuran tersebut nggak mutlak. Soalnya, pasti sering kamu jumpai ukuran nomor sepatu yang nggak seakurat itu, nggak seperti yang tercantum tadi. 

Adapun penyebabnya pada umumnya adalah standar cetakan pabriknya yang emang kurang presisi aja. Makanya, ukuran sepatunya juga jadi kurang sempurna. Coba dibawa santai aja, sesuaikan lagi dengan tabel ukuran yang biasanya diberikan oleh brand sepatu tersebut. Ikuti aja ukuran nomor dan panjang sepatu yang udah tersedia. 

Sekarang kita udah paham cara mengukur nomor sepatu dari tinggi badan. Buat yang lagi berburu sepatu, yuk simak rekomendasi produknya berikut ini: 

Rekomendasi Sepatu yang Nyaman di Kaki 

1. PUMA Avid Nu Knit Unisex Sport Shoes 

PUMA Avid Nu Knit Unisex Sport Shoes 369341 01

Sepatu PUMA udah nggak perlu diragukan kualitasnya. Nah, ini sepatu sport yang cocok nggak cuma untuk olahraga aja, tapi juga bisa buat aktivitas casual. Soalnya, model sepatu ini bener-bener modern dengan sentuhan dinamis. Lalu, ada kesan santai dan simpel dari sepatunya. 

Desain sepatu Puma ini juga humble dengan warna hitam beraksen garis-garis putih dan biru di depan dan pinggir sepatunya. Sementara, sol sepatu berwarna putih, membuatnya terlihat trendi. Sepatu dengan tali ini juga berwarna netral, sehingga bakalan mudah dipadukan dengan outfit apapun. Harga sepatu ini Rp700 ribuan. 

2. Sepatu Woven Fabric Breathable 

Sepatu Woven Fabric Breathable

Sepatu woven fabric breathable emang keren abis desainnya. Sepatu ini anti smash dan juga anti tusukan. Udah gitu, saat dipakai, sepatu breathable ini terasa sejuk, loh. Apalagi, desainnya emang dirancang dengan teknologi breathable. Meskipun memiliki desain yang kokoh dan tangguh, sepatu ini tetap aja ringan. Kamu pun bebas bergerak karena sepatu ini non-slip, dan juga tahan aus. 

Pada dasarnya, produk ini dirancang dengan standar keselamatan, di mana ujungnya terbuat dari bahan baja. Sepatu ini juga bisa dipakai buat olahraga, serta biasa digunakan di industri kimia, baja, minyak bumi, peleburan, manufaktur mobil, pertambangan, tenaga listrik, hingga konstruksi. Harga sepatu ini Rp200 ribuan. 

3. adidas X9000L4 Running Shoes Sepatu Lari Pria 

adidas X9000L4 Running Shoes Sepatu Lari Pria S23667

Buat kamu yang lagi mencari sepatu olahraga buat lari, ada running shoes dari adidas. Apalagi kalau kamu ada target jarak lari yang mau dicapai. Khususnya buat lari jarak pendek sampai menengah. Nah, sepatu lari adidas ini siap jadi pilihan kamu. Ada midsole boost full-length yang memberi pengembalian energi di setiap langkah. 

Sementara, desain sepatunya terinspirasi dari dunia virtual. Warnanya kece dengan detail semi transparan. Desainnya tersebut emang dirancang menyerupai layar yang berpendar. Outsole sepatu ini berkilau, serta punya traksi yang memiliki daya cengkeram saat kamu pakai di jalanan perkotaan. Harga sepatu ini Rp 800 ribuan. 

4. League Nu Griffin U Sepatu Lifestyle Pria 

League Nu Griffin U Sepatu Lifestyle Pria

Ada juga sepatu nyaman model sneakers serba putih yang trendi. Sepatu ini cocok buat olahraga maupun aktivitas sehari-hari. Seperti namanya, yang jelas  sepatu lifestyle ini hadir dengan desain sporty dan kekinian. Pastinya kamu bakal merasa semakin percaya diri saat memakai sepatu yang satu ini. 

Dengan sentuhan desain casual serta warna putih dari ujung ke ujungnya, sepatu ini cocok buat kegiatan apa aja. Bisa untuk kegiatan indoor maupun outdoor. Buat dikenakan sehari-hari juga terasa nyaman. Bahannya sintetis yang berkualitas, membuat sepatu ringan dan kuat. Harga sepatu ini Rp450 ribuan. 

5. Diadora Slice Tennis Shoes Sepatu Tennis Pria 

Diadora Slice Tennis Shoes Sepatu Tennis Pria DIATE210908W

Sekali lagi, sepatu sport bisa kamu jadikan andalan sehari-hari. Soalnya, desain sepatu ini nggak cuma sporty aja tapi juga casual. Terutama, kalau kamu emang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan atau mobilitas kamu tinggi, sehingga kamu harus bergerak ke sana kemari. Pilihan sepatu Diadora ini bisa menjadi alas kaki yang tepat. Kebetulan fungsi utama sepatu ini adalah sebagai tennis shoes. 

Desainnya bagian upper berupa sintetis dan berpadu tekstil ringan serta outsole berbahan karet. Sepatu ini punya kemampuan grip serta daya tahan yang bagus buat pemula yang mau main tenis. Selepas bermain tenis, kamu bisa kok, tetap pakai sepatu ini buat melakukan aktivitas. Harga sepatu ini Rp500 ribuan. 

Jadi, demikian ulasan tentang ukuran sepatu. Kalau udah tahu ukuran sepatu yang pas, kamu tinggal pilih aja sepatunya yang paling cocok buat kebutuhan kamu. Soalnya, sepatu yang bagus adalah yang nyaman dipakai sekaligus bikin kamu percaya diri. Selain itu, udah ada daftar rekomendasi sepatu buat kamu. 

_______________________________________________________________________________ 

Baca juga: Sandal yang Cocok untuk Kebaya Wisuda 

Maka dari itu, kamu tinggal terapkan cara mengetahui ukuran sepatu dari tinggi badan. Begitu udah tahu ukuran sepatu paling pas buat kamu, bakal lebih mudah mencarinya nanti. Kamu bisa dapetin sepatu kesukaan kamu di Blibli dengan diskon dan penawaran menarik lainnya!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya