5 Cara Mengatasi Insomnia yang Mudah Dilakukan

Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia atau gangguan kesulitan tidur menjadi salah satu hal yang perlu segera kamu atasi. Munculnya insomnia seringkali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat hingga gangguan psikologi seperti stres yang berlebihan. Membiarkan tubuh mengalami insomnia dalam jangka waktu yang lama hanya akan menimbulkan berbagai macam gangguan penyakit lainnya. Untuk itu, kamu perlu segera mengatasi gangguan kesulitan tidur satu ini. Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia:

BACA JUGA: SIAPA BILANG SEHAT ITU MAHAL? INI DIA ALTERNATIFNYA!

  1. Ubah Gaya Hidup

Gaya hidup yang buruk menjadi salah satu pemicu munculnya insomnia. Sehingga cara untuk mengatasinya yakni dengan mengubah gaya hidup kamu. Segera ajak dan yakinkan diri kamu untuk mulai menerapkan pola gaya hidup sehat. Jika sebelumnya kamu memiliki kebiasaan merokok, perlahan kurangi kebiasaan buruk tersebut. Kebiasaan buruk lainnya yang perlu kamu kurangi yakni mengkonsumsi makanan tidak menyehatkan seperti junk food serta mengkonsumsi minuman kafein secara berlebihan. Gantikan aneka makanan dan minuman tidak menyehatkan tersebut dengan asupan yang lebih bergizi dan kaya nutrisi.

Kotak Makan Bulat Scandio 1052
Kotak Makan Bulat Scandio 1052

  1. Atur Pola Tidur Teratur

Mengatur pola tidur yang teratur juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi insomnia. Mulai atur jadwal tidur kamu setiap harinya dan patuhi jadwal tersebut. Secara perlahan, tubuh kamu nantinya akan mulai mengatur pola tidurnya dengan sendiri. Saat sudah memasuki jam tidur, tubuh kamu akan langsung merasakan kantuk dan kamu tidak lagi kesulitan untuk tidur. Jam tidur dan jam bangun pun akan dengan sendirinya teratur. Meski akan sulit di awal, menjaga jadwal pola tidur akan membuat tubuh kamu lebih sehat dan terhindar dari insomnia.

Simply Original Bed Kasu
Simply Original Bed Kasu

  1. Suasana Kamar yang Nyaman

Tahukah kamu bagaimana suasana di dalam kamar juga bisa menjadi salah satu pemicu nyaman tidak nya seseorang akan tidur di malam hari. Tidak ada salahnya jika kamu mulai mengubah suasana kamar menjadi lebih nyaman dari sebelumnya. Kamu bisa mengganti lampu tidur dengan cahaya yang lebih redup dan lebih nyaman. Selain mengubah lampu kamar, kamu juga bisa mencoba mengubah suhu di dalam kamar menjadi lebih hangat. Suasana kamar yang lebih nyaman akan membuat kualitas tidur kamu lebih baik, lho Blibli Friends. Tidak percaya? Kamu bisa mencobanya sekarang juga!

  1. Rutin Berolahraga

Rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi insomnia, lho. Mengingat aktivitas satu ini akan membuat tubuh kamu lebih bugar dan sehat. Di sisi lain, berolahraga juga bisa membuat suasana hati lebih baik. Kamu pun akan terhindar dari aneka pikiran negatif seperti stres hingga depresi. Dengan sendirinya, hal itu akan membuat kualitas tidur kamu jauh lebih berkualitas. Tidak cuma bisa merubah pola tidur, berolahraga juga bisa membuat berat badan kamu lebih ideal. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang memiliki berat badan cukup tinggi.

  1. Konsumsi Susu Hangat di Malam Hari

Cara mudah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia yakni dengan mengkonsumsi segelas susu hangat di malam hari. Kandungan kalsium yang ada di susu bisa meningkatkan hormon melatonin. Hormon melatonin sendiri memiliki peran yang sangat baik untuk mengatasi permasalahan tidur kamu, sehingga kamu pun bisa mengatasi insomnia. Segelas susu hangat ini juga bisa kamu nikmati tepat sebelum tidur.

Miniso Official Panda We Bare Bears Ceramic Mug
Miniso Official Panda We Bare Bears Ceramic Mug

 

BACA JUGA: INSPIRASI DEKORASI KAMAR TIDUR YANG NYAMAN ALA DRAMA KOREA

Lima cara mudah yang telah disebutkan di atas bisa kamu praktekkan untuk mengatasi permasalahan insomnia. Kesulitan mendekor kamar? Semoga bermanfaat ya, Blibli Friends!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY