me

Cara Memperbanyak Channel TV Digital Praktis untuk Nonton Sepuasnya

Dec 04, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Pada masa kini, saluran TV di Indonesia udah memakai sistem digital. Jadi, udah nggak ada lagi pemakaian TV analog yang dilakukan. Nggak harus ganti TV dari analog ke digital, sekarang udah ada alat bernama Set Top Box sebagai perantara buat mengubah sinyal analog jadi digital untuk disiarkan. Lalu, kenapa channel TV digital sedikit? Salah satunya adalah karena arah antena yang dipasang kurang pas.

Nah, kalau kamu salah satu pengguna Set Top Box, pasti bakal ngerasain yang namanya cari saluran atau channel TV supaya bisa nonton sepuasnya sesuai stasiun TV yang diinginkan. Supaya nggak ribet, kamu juga bisa memperbanyak channel TV digital dengan memakai Set Top Box. Untuk itu, ikuti aja beberapa cara memperbanyak channel TV digital di bawah ini!

Baca juga: Jangan Sampai Salah! Ketahui Ciri TV LED yang Sudah Digital


esferize.com

Ketahui Nomor MUX

Sebelum kamu melakukan pencarian saluran untuk TV digital memakai Set Top Box, ketahui dulu nomor MUX pemancar. Kamu bisa browsing di internet buat cari tahu nomornya.

Posisikan Antena dengan Tepat

Kamu juga perlu memposisikan antena ke arah yang tepat dan maksimal. Hal ini bakal membantu supaya nantinya sinyal yang didapatkan bakal kuat.

Instal TV dengan Betul

Selanjutnya, kamu bisa melakukan instalasi unit TV analog atau TV tabung. Pastikan untuk melakukannya dengan tepat, seperti melakukan pemasangan RCA atau AV dari Set Top Box ke colokan TV. Selain itu lakukan juga pemasangan kabel dari Set Top Box ke antena luar.

Atur Saluran

Setelah instalasi dilakukan dengan benar, kamu bisa menyalakan TV. Kalau udah, kamu bisa menyalakan juga Set Top Box. Aturlah jenis saluran yang ada di TV ke AV. Kamu juga bisa memastikan tampilan bawaan atau logo Set Top Box muncul di layar TV.

Masuk ke Pengaturan dan Mulai Mencari

Tekanlah tombol menu yang ada di remote Set Top Box. Pilih buat masuk ke pengaturan. Pilihlah “Saluran”. Setelah itu, pilih juga “Pencarian Saluran DTV”. Pakailah pilihan cara pencarian manual pada DTV.

Masukkan Nomor MUX

Setelah itu, kamu bisa memasukkan parameter nomor MUX yang didapat dari tower pemancar. Pastikan nomor yang kamu masukkan betul.

Cek Layar TV

Lihatlah ke layar TV. Kalau proses di atas berhasil, maka TV akan menampilkan indikator sinyal saluran dari TV digital.

Putar Antena

Kamu bisa memutar antena luar sampai mendapatkan sinyal terkuat. Ada baiknya hal ini dilakukan orang yang ahli supaya lebih aman dan nyaman.

Lakukan Pemindahan Saluran

Kalau udah ditemukan persentase kekuatan sinyal digital yang paling bagus, tekanlah tombol “Start”. Setelah itu, kamu pun tinggal menunggu proses pemindaian sampai selesai.

Saluran TV Digital Tersimpan

Saluran TV digital yang sukses dipindai bakal tersimpan secara otomatis di TV kepunyaanmu. Nah, kamu pun bisa mengecek dan mulai menyaksikan tayangan apa aja yang diinginkan di saluran TV kesayangan.


Baca juga: Ini Dia Cara Smart Ubah TV Biasa Jadi Smart TV

Nah, itu dia cara memperbanyak channel TV digital. Kamu bisa ikutin berbagai cara di atas untuk melakukannya. Selain itu, kamu juga bisa beli TV apa aja buat dijadikan sebagai hiburan atau nonton berita penting. Biar nggak repot, kamu bisa beli produk elektronik ini di Blibli. pembeliannya bisa kamu lakukan kapan aja dan dari mana aja, sehingga bakal terasa lebih praktis dan juga efisien.