TV sudah dikenal lama sebagai sahabat keluarga. Perkembangannya makin lama makin keren. Tapi, tau nggak sih kalau nggak semua orang mau langsung ganti TV begitu keluar model baru? Kalau dibandingkan, masa pakai TV jauh lebih lama dibandingkan dengan perangkat komputer atau smartphone. Satu orang menggunakan rata-rata menghabiskan 3 tahun untuk komputer dan 18 bulan untuk smartphone, tapi TV digunakan selama 9 tahun.

Smart TV yang belakangan muncul bikin galau beberapa orang. Haruskah mengganti TV yang masih berfungsi dengan baik ke Smart TV? Smart TV bisa sangat berguna kalau penggunanya benar-benar memanfaatkan fitur yang dimiliki. Misalnya, kalau kamu emang suka banget nonton tayangan streaming, kan lebih enjoy kalau dinikmati di layar yang lebih besar. Buat keluarga yang punya anak-anak, smart TV juga bisa sangat berguna karena tayangan bisa lebih dikontrol untuk menstimulasi si kecil.

Friends, kalau kamu masih merasa sayang untuk mengganti TV-mu tapi udah pengen banget ngerasain sensasi dan manfaat smart TV, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Simak yuk!

1. Menggunakan Apple TV

apple_tv_with_plugs-rotated

via macworld.co.uk

Karena terhubung dengan iTunes, perangkat ini bisa menghubungkan kamu dengan film dan musik dari Apple Store, nonton Netflix, Youtube, dan berbagai fasilitas lain. Kalau kamu pakai Apple TV Remote, kamu juga bisa merasakan sensasi mengubah tayangan dengan sentuhan. Bisa nih buat Apple Geek.

2. Menghubungkan TV ke konsol

Xbox_Tv_Home

via rmg.ie

Ini merupakan cara mudah lain. Xbox 360 atau PS4 bisa membuat TV-mu jadi smart TV. Ya, kamu bisa memanfaatkan konsol yang dimiliki lebih dari sekadar main game.


BACA JUGA Cara Nonton Video di Youtube Secara Online Tanpa Memotong Paket Data


3. Gunakan Chromecast, tinggal colok, pilih tayangan yang diinginkan, dan duduk sambil ngemil

480434-old-chromecast-vs-new-chromecast

via pcmag.com

Chromecast adalah alat yang dikembangkan Google, bentuknya mini, bisa langsung dicolok ke port HDMI di TV-mu dan terhubung dengan smartphone mulai dari iPhone, iPad, Android, hingga laptop. Jangan lupa koneksikan dengan WiFi yaa untuk mendapatkan tayangan yang kamu inginkan.

Serunya, karena ukurannya yang kecil, alat ini jadi bisa dibawa saat jalan-jalan dan menghadirkan tayangan favoritmu di TV hotel, misalnya.

Chromecast-product-rev-110216
Spesifikasi Chromecast

Kalau kamu penasaran dengan kemampuan si imut ini, kamu bisa mendapatkannya di Blibli.com dengan memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan. Mulai dari cicilan 0%, bebas ongkos kirim, kualitasnya yang terjamin, dan beragam cara pembayaran.

4. Pakai alat bernama Kodi

Kodi-main

via redmondpie.com

Kodi punya konsep yang mirip dengan Chromecast, yaitu menghubungkan alat dengan port HDMI di TV. Kamu juga bisa mengatur tayangan yang diinginkan dan membuatnya tayang dalam kualitas HD.

5. Mengoneksikan laptop ke TV

article-0-1AFA103A000005DC-440_634x487

via dailymail.co.uk

Ini cara paling simpel, selama laptop dan TV punya port HDMI. Koneksikan laptop dan TV menggunakan kabel HDMI, voila! Kamu bisa menonton Youtube di layar yang lebih besar!

Itu dia cara-cara biar TV-mu bisa jadi Smart TV. Kalau udah coba, ceritakan pengalamanmu di kolom comment ya. Selamat menonton, Friends!

 


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY