me

Simak 7 Cara Memperbaiki Setrika Philips Mati Total

Apr 25, 2024.By Jarvis
Bagikan

philips.co.id
Sebelum membeli yang baru, nggak ada salahnya untuk mencoba cara memerbaiki setrika Philips mati total sendiri di rumah.

Cicilan 0% KAM

Setrika merupakan salah satu perabot listrik rumah tangga yang kelihatannya kecil, namun memiliki manfaat yang besar. Walaupun sekarang jasa setrika baju menjamur, namun saat emergency di rumah setrika Philips akan menjadi penyelamat agar bajumu nampak mulus dan nggak kusut. Makanya, ketika setrika Philips tiba-tiba matot alias mati total wajar kalau kamu panik.

Hal pertama yang terpikir dalm situasi ini pasti adalah mencari tempat service setrika Philips. Bisa jadi solusi jitu sih, tapi sebenarnya kamu bisa kok mencoba memerbaikinya sendiri di rumah sebagai pertolongan pertama. Dengan cara memerbaiki setrika Philips mati total berikut ini setidaknya kamu bisa menghemat dana buat perbaikan setrika.

Baca juga:


Cabut Kabel Setrika dari Stop Kontak

freepik.com/author/EyeEm

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin memerbaiki setrika Philips yang mati total adalah mencabut kabel setrika dari stop kontak. Mungkin kamu berpikir, kalau setrika mati total berarti nggak masalah diperbaiki tanpa mencabut kabel dari sumber listrik karena toh nggak berfungsi juga. Ini salah ya, Blibli Friends.

Pasalnya, kamu nggak pernah tahu penyebab setrika mati total tersebut. Jika nanti tanpa diduga ada aliran listrik yang masuk ke dalam bagian pemanas setrika dan kamu sedang memerbaikinya, bukan nggak mungkin sengatan listrik akan terjadi. Ini berbahaya sekali dan bisa mengancam nyawa. Itulah alasannya, pastikan mencabut kabel tiap kali kamu hendak memerbaiki perabotan listrik.

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan
freepik.com/author/kos-51

Kalau setrika yang mati total tadi udah siap diperiksa, kamu bisa memersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan baik untuk melakukan pengecekan, membuka bagian dalam setrika maupun memerbaikinya. Jika sering mengutak-atik peralatan listrik kamu pasti memiliki beberapa perlengkapan ini di rumah.

Peralatan yang kamu butuhkan adalah AVO meter untuk mengukur arus, tegangan hingga hambatan yang ada pada setrika. Selain itu, kamu juga perlu obeng plus dan minus untuk membuka bagian dalam setrika, selotip serta cutter atau gunting untuk memotong kabel jika diperlukan. Pastikan cutter atau gunting dalam keadaan tajam untuk memudahkan kamu.

Periksa Kemungkinan Penyebabnya

Periksa Kemungkinan Penyebabnya
freepik.com/author/ededchechine

Ada banyak hal yang menyebabkan setrika Philips mati total, yang meliputi setrika nggak mau panas hingga lampu indikator yang nggak menyala. Kemungkinan pertama dari kondisi ini adalah ada kerusakan pada stop kontak, dan bukan setrika. Jika stop kontak rusak otomatis aliran listrik nggak bisa disalurkan ke bagian pemanas setrika makanya setrika Philips mati total.

Kemungkinan kedua adalah ada bagian yang rusak di dalam setrika yang mengakibatkan fuse atau sekring pengaman putus. Saat sekring putus maka aliran listrik yang masuk ke dalam setrika juga ikut terputus sehingga mati total terjadi. Untuk bisa mengetahui kerusakan pada sekring kamu harus membongkar setrika dengan cara membuka tutup luarnya dengan obeng.

Setelah menemukan penyebabnya, baru deh, kamu bisa menentukan gimana cara memerbaiki setrika Philips tersebut. Kalau kerusakannya ringan sebenarnya kamu bisa memerbaikinya sendiri di rumah. Namun, bila kesulitan dan ada indikasi kerusakan parah, nggak ada salahnya kamu memanggil jasa servis setrika.

Cek Kabel Setrika Philips

Cek Kabel Setrika Philips
freepik.com/author/fabrikasimf

Kabel setrika biasanya dilapisi dengan bahan nilon atau karet yang mudah terpelintir karena mengikuti gerakan setrika ketika kamu menggunakannya. Tanpa sadar, hal ini dapat membuat kabel listrik di dalamnya terpilin hingga mengalami kerusakan atau putus. Jika ini terjadi, kadang setrika jadi “rewel” termasuk mati total.

Itulah alasannya biasanya ketika setrika nggak mau menyala bagian yang dicek terlebih dahulu adalah kabelnya dengan cara menyayat lapisan bagian luar kemudian memeriksa kabel menggunakan AVO meter. Kalau ternyata kondisinya nggak normal, kemungkinan besar emang kabelnya yang musti diperbaiki dengan cara disambungkan kembali menggunakan selotip.

Periksa Sekring dalam Setrika

freepik.com/author/kamranaydinovstudio

Kerusakan sekring sering menjadi penyebab setrika yang mati total. Seperti yang kamu tahu, sekring berfungsi untuk memutus arus listrik ketika terjadi konsleting pada perangkat. Tujuannya adalah untuk menghindari kecelakaan yang lebih besar misalnya kebakaran. Nah, kalau kamu menemukan sekring pada setrika putus, wajar aja kalau setrika nggak mau menyala.

Solusinya adalah dengan mengganti sekring yang putus dengan yang baru. Kalau nggak memiliki cadangan sekring setrika di rumah, kamu bisa membelinya di toko komponen listrik. Ingat, kamu boleh membuka setrika dan mengganti komponennya hanya jika kabel setrika nggak menancap pada stop kontak. 

Panggil Jasa Servis Setrika

Panggil Jasa Servis Setrika
freepik.com/author/msgrowth

Kamu benar-benar awam dengan perbaikan perabotan elektronik? Ini sangat disayangkan sih, sebab kadang kerusakan pada perabotan tersebut termasuk setrika nggak berat dan seharusnya bisa dilakukan sendiri. Selain lebih cepat, kamu juga menghemat biaya karena nggak membutuhkan pertolongan ahlinya.

Namun, kalau memang nggak bisa dan nggak ada bujet juga buat beli setrika Philips baru maka menggunakan jasa servis setrika adalah solusi terbaik. Bila memungkinkan, bawalah setrika yang mati ke pusat perbaikan resmi Philips terutama jika masa garansinya belum lewat. Kamu nggak perlu keluar uang sepeserpun untuk perbaikan setrika kalau masih dalam masa garansi.

Namun, jika masa garansi udah berlalu atau kartu garansi hilang, kamu bisa menghubungi servis setrika terpercaya. Biasanya, tukang servis ini juga bisa dipanggil ke rumah in case kamu nggak bisa membawa ke gerainya. Namun, memanggil jasa servis ke rumah biasanya akan dikenakan biaya tambahan.

Ganti dengan Setrika Baru

Ganti dengan Setrika Baru
blibli.com

Opsi lain yang lebih praktis ketika setrika Philips mati total dan kamu malas memerbaikinya adalah dengan membeli setrika baru. Ini menjadi solusi kalau kamu juga punya anggaran untuk itu. Apalagi sekarang model dan jenis setrika Philips lebih beragam dengan harga yang berbeda-beda juga, memberikan kamu banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Beberapa keuntungan membeli setrika Philips baru adalah pertama, kamu nggak perlu ribet memerbaiki dan mencoba ulang setrika yang bermasalah tadi. Selain itu, karena ini adalah barang baru maka kondisinya udah pasti bagus dengan garansi kerusakan umumnya 2 tahun. Kamu juga bisa mendapatkan model setrika yang lebih kekinian agar lebih semangat saat menyetrika. 


Baca juga:

Setrika Philips memiliki kualitas yang baik dan tahan lama, selama kamu memakainya dengan benar. Philips menawarkan banyak pilihan produk terbaik yang membantu kegiatanmu sehari-hari. Kalau butuh perabotan listrik baru, kamu bisa mengunjungi Philips Official Store di Blibli. Selain lengkap, peralatan elektronik Philips di Blibli juga dijamin ori, jadi nggak bakalan rugi deh belanja di sini! 

Tag: