me

7 Cara Memperbaiki Setrika Dengan Mudah

Apr 25, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/kamranaydinov
Asal teliti dan telaten, kamu pasti sukses mencoba cara memperbaiki setrika di bawah ini.

Cicilan 0% KAM

Bentuknya segi tiga, ukurannya kecil, bisa bikin pakaian auto mulus. Yes, setrika! Walaupun ukurannya minimalis, namun setrika memiliki fungsi yang nggak tergantikan tertama kalau semua pakaianmu wajib kencang nggak ada kusutnya. Makanya, jika suatu waktu setrika di rumahmu “rewel”, bisa dibayangkan gimana paniknya.

Memang kamu bisa membawa pakaianmu ke laundry buat disetrika, namun gimanapun juga bakal lebih cepat dikerjakan sendiri. Itulah alasannya ketika setrikamu bermasalah harus segera diperbaiki. Kabar baiknya, setrika yang error nggak harus langsung diganti dengan yang baru. Ada beberapa cara memperbaiki setrika yang dapat kamu coba sendiri di rumah sebagai pertolongan pertama.

Baca juga:


Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

freepik.com/author/freepik

Kalau kamu hendak memerbaiki setrika yang rusak, hal pertama yang harus dilakukan adalah memersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Beberapa peralatan yang harus ada adalah obeng plus dan minus untuk membuka sekrup pada setrika jika dibutuhkan kemudian juga AVO meter untuk mengukur tegangan, arus dan hambatan listrik yang masuk ke setrika.

Selain itu, kamu mungkin juga membutuhkan cutter atau gunting untuk membuat sayatan pada kulit kabel yang hendak disambungkan kembali. Jangan lupa untuk memersiapkan selotip, terutama selotip kertas untuk menyambungkan bagian kabel yang terputus. Kalau semua udah siap, sekarang kamu udah bisa mulai cara memperbaiki setrika.

Cek Kondisi Stop Kontak

Cek Kondisi Stop Kontak
freepik.com/author/ededchechine

Eits, jangan keburu-buru membongkar setrika yang mati total. Kadang, masalah bukan ada pada setrika melainkan stop kontaknya. Bisa jadi stop kontak mengalami kerusakan sehingga listrik nggak bisa mengalir sampai ke ujung kabel setrika. Alhasil, setrika jadi nggak bisa nyala sama sekali dan kamu mengira itu adalah tanda kerusakan.

Kamu bisa memeriksa stop kontak yang biasa digunakan menggunakan tespen, yang biasanya ada di bagian atas obeng. Kalau tespen nggak menyala itu artinya nggak ada aliran listrik yang mengalir di sana alias stop kontak emang rusak. Namun, jika tespen menyala berarti di sana ada listrik namun nggak bisa disalurkan dengan sempurna karena ada hal yang nggak beres.

Periksa Lampu Indikator Setrika

freepik.com/author/kuprevich

Setelah mengecek stop kontak dan ternyata nggak ada masalah di sana, sekarang kamu bisa beralih ke setrika. Terkadang setrika bisa panas seperti biasa namun lampu indokatornya nggak menyala sehingga kamu nggak tahu setrika sebenarnya sedang dalam kondisi panas, atau malah overheat. Jangan diremehkan ya, bisa-bisa bajumu rusak karena suhu yang nggak sesuai dan nggak terkontrol.

Kalau diketahui lampu indikator mengalami kerusakan, kamu harus memersiapkan satu peralatan lagi yaitu lampu LED pengganti. Kamu bisa mendapatkannya di toko komponen listrik. Pilihlah warna yang sesuai dengan aslinya, jangan diubah hanya karena kamu ingin suasana baru. Lampu setrika yang mencolok membantu kamu mengenali cahayanya.

Pastikan Kabel Dalam Kondisi Baik

Pastikan Kabel Dalam Kondisi Baik
freepik.com/author/freepik

Setrika yang nggak menyala bisa jadi juga karena ada kabel yang putus di dalam. Seperti yang kamu tahu, kabel setrika yang panjang itu biasanya dilapisi dengan nilon atau karet elastis yang bisa mengikuti arah pergerakan setrika saat digunakan. Lama kelamaan, kabel akan terpilin dan akhirnya serat tembaga di dalamnya putus tanpa kamu sadari. Efeknya, setrika jadi mati.

Untuk memastikan penyebab ini, kamu harus menyayat kulit kabel setrika. Anyaman nilon atau karet yang melapisi kabel dalam mau nggak mau harus dikupas sedikit sehingga kamu bisa memeriksanya menggunakan AVO meter. Kalau angka di AVO meter nggak normal, berarti memang ada masalah pada kabel setrika. 

Cara memerbaikinya mudah. Di bagian kabel yang putus, kamu bisa menyambungkannya kembali dengan menggunakan selotip kertas. Susun rapi serat kabel yang ingin disambungkan kemudian rekatkan dengan selotip. Tekan-tekan perlahan supaya selotip menempel sempurna dan kabel tersambung. Di bagian luar tempat sayatan, tutup dengan melingkarkan selotip rapat-rapat.

Periksa Sekring Setrika

Periksa Sekring Setrika
blibli.com

Tahu nggak sih, kerusakan sekring sering menjadi penyebab setrika yang mati total. Seperti yang kamu tahu, sekring berfungsi untuk memutus arus listrik ketika terjadi konsleting. Tujuannya adalah untuk menghindari kecelakaan yang lebih besar misalnya kebakaran. Nah, kalau menemukan sekring putus ketika membongkar bagian dalam setrika, kamu harus mengganti komponen tersebut.

Biasanya sih di rumah nggak ada serep sekring untuk setrika. Kalau nggak memiliki cadangan sekring, kamu bisa membelinya di toko komponen listrik. Ingat, kamu boleh membuka setrika dan mengganti komponennya hanya jika kabel setrika nggak menancap pada stop kontak. Pasalnya, walaupun dalam kondisi mati bukan nggak mungkin ada aliran listrik yang masuk dan bikin setrika panas.

Gosok Lempengan Thermostat

Gosok Lempengan Thermostat
freepik.com/author/kuprevich

Thermostat otomatis adalah komponen setrika yang berfungsi mengatur panas pada lempengan setrika. Umumnya, setrika yang nggak mau panas adalah karena thermostatnya dalam kondisi kotor. Alih-alih menggantinya dengan yang baru, kamu bisa membersihkannya dengan cara menggosok thermostat menggunakan kertas amplas.

Gosok semua bagian thermostat otomatis termasuk kaki-kakinya dengan amplas sampai nampak bersih dan berkilau. Biasanya proses ini nggak makan waktu lama. Setelah thermostat nampak seperti baru, coba pasang kembali di tempatnya kemudian tutup setrika dengan sempurna menggunakan sekrup. Lalu hubungkan dengan sumber listrik dan lihat bagaimana hasilnya.

Bawa ke Reparasi Setrika

Bawa ke Reparasi Setrika
freepik.com/author/bangunstockproductions

Kalau semua cara di atas nggak membantu atau kamu terlalu takut membongkar setrika sendiri karena nggak pengalaman, nggak ada salahnya menggunakan jasa reparasi setrika terpercaya. Biasanya kamu diminta untuk membawanya ke bengkel kang servis agar lebih mudah memperbaikinya mengingat di sana peralatannya lengkap.

Namun, ada juga sih yang bisa dipanggil ke rumah dengan tambahan biaya transportasi. Jika memang kerusakan setrikamu nggak berat, opsi ini bisa menjadi jalan keluar yang praktis. Sama seperti pusat perbaikan, reparasi setrika akan memberikan garansi beberapa hari setelah perbaikan untuk memastikan setrikamu bener-bener “sembuh”.

Udah dibawa ke tukang reparasi tapi setrika masih tetap bermasalah? Itu tandanya nggak ada jalan lain kecuali kamu beli setrika yang baru. Kabar baiknya nggak semua setrika itu mahal. Banyak kok, yang terjangkau bahkan dari merk terpercaya dan terjamin durabilitasnya. Apalagi sekarang model setrika juga makin beragam dengan aneka fitur yang mendukung kebutuhanmu.


Baca juga:

Kalau butuh setrika baru, kamu jangan ragu buat kepoin etalase peralatan elektronik Blibli. Soalnya, hanya di sini kamu bisa mendapatkan setrika model terbaru dari merk kenamaan dengan harga terbaik. Blibli juga memberika jaminan produk original jadi berapapun yang kamu bayarkan nggak bakalan bikin rugi atau kecewa. Makanya, ayo belanja di Blibli sekarang!

Tag: