me

Cara Memperbaiki Port Laptop Tidak Berfungsi

Nov 22, 2022.By
Bagikan

lifewire.com

Port laptop merupakan elemen yang berfungsi untuk menghubungkan laptop ke komputer, jaringan, atau perangkat-perangkat lainnya. Terdapat dua jenis port laptop yang perlu kamu ketahui yaitu port fisik dan non-fisik. Port laptop fisik seringkali mengalami kendala, seperti tidak berfungsinya port tersebut. Nah, cara memperbaiki port laptop tidak berfungsi ini penting untuk kamu ketahui.

Dengan mengetahui cara memperbaiki port laptop tersebut, kamu jadi bisa mengatasi sendiri jika terdapat masalah yang berhubungan dengan port laptop. Oleh karena itu, yuk simak informasi apa saja yang harus kamu tahu tentang port laptop dan cara memperbaikinya jika suatu saat tiba-tiba komponen tersebut tidak berfungsi. Ini dia informasinya untuk Blibli Friends.

Baca juga: Yuk, Intip Cara Mengganti Desktop Laptop


Apa yang Terjadi Jika USB Port Laptop Tidak Berfungsi?

usb port laptop
Macworld

Salah satu jenis perangkat port laptop fisik yang sangat berperan penting adalah Port USB. Elemen laptop ini bisa menyambungkan laptop ke berbagai perangkat eksternal yang biasa digunakan. Contoh-contoh dari perangkat eksternal yang bisa disambungkan ke laptop melalui port USB adalah harddisk, memory card, kabel data, mouse, dan masih banyak perangkat lainnya.

Tak dapat dipungkiri, jika port laptop merupakan komponen laptop yang penting banget untuk menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya. Jangan sampai port USB yang dimiliki oleh laptop menjadi rusak, karena hal tersebut akan mengganggu Blibli Friends dalam mengoperasikan laptop yang mungkin butuh terhubung dengan perangkat lainnya, seperti flashdisk, dan lainnya.

Port USB merupakan lubang-lubang yang terdapat di bagian samping laptop milik Blibli Friends. Apa yang terjadi jika USB port laptop tidak berfungsi ? Jika sampai hal tersebut terjadi, maka Blibli Friends nggak bisa menggunakan USB port untuk menghubungkan laptop dengan perangkat lainnya. Tentu hal ini akan menghambat kamu saat ingin melakukan pekerjaan menggunakan laptop.

Untuk itu, port USB harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik agar nggak rusak saat dipakai. Dengan USB yang berfungsi dengan baik dan normal, maka laptop milikmu akan mudah untuk terkoneksi dengan perangkat-perangkat lainnya. Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kualitas dan kondisi dari USB port adalah dengan membersihkannya secara rutin.

Penyebab USB Port Laptop Tidak Berfungsi

usb port laptop
Computerworld

Sebagai salah satu komponen laptop, nggak menutup kemungkinan kalau USB port akan mengalami kerusakan. Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan merawat port USB dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara agar port USB pada laptop nggak rusak adalah dengan tahu apa saja hal yang bisa menyebabkan USB port jadi nggak berfungsi dengan baik.

Ada beberapa penyebab USB port laptop tidak berfungsi dengan baik. Penyebab dari tidak berfungsinya USB port pada sebuah laptop akan dijabarkan pada informasi di bawah ini.

Permasalahan Drive Laptop

Salah satu penyebab dari USB port yang tidak berfungsi dengan baik adalah karena adanya permasalahan pada drive laptop. Jika Blibli Friends selesai melakukan upgrade atau update pada Windows, kemudian tiba-tiba port USB jadi nggak berfungsi, maka hal tersebut bisa menjadi indikasi kalau ada permasalahan pada driver laptop yang baru dipasang tersebut.

Permasalahan drive laptop yang nggak cocok bisa membuat port USB gagal untuk membaca semua perangkat eksternal yang akan dihubungkan. Tentu hal ini berakibat kepada USB port yang nggak berfungsi dengan baik. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan drive laptop yang berpengaruh kepada USB port adalah dengan rollback driver update.

USB Port yang Kotor dan Tersumbat

Penyebab lain dari USB Port yang nggak bisa berfungsi dengan baik adalah karena adanya kotoran yang membuat USB port menjadi tersumbat. USB port memang rawan kotor karena letaknya yang berada di samping laptop, sehingga kotoran bisa masuk dengan mudah. Jika kotoran dan debut it uterus menumpuk dan nggak dibersihkan, maka USB port bisa rusak dan nggak berfungsi.

USB Port Sudah Longgar

Masalah lain yang menyebabkan port USB nggak bisa baca komponen eksternal adalah karena port USB pada laptop sudah mengalami kelonggaran. Hal ini bisa disebabkan karena laptop pernah jatuh atau ada kerusakan secara fisik di USB port tersebut. Oleh karena itu, Blibli Friends harus sering-sering untuk mengecek bagian USB port untuk tahu apakah ada kerusakan pada USB port laptop.

USB Port Mengalami Karatan

USB port bisa saja mengalami karatan yang nantinya berujung pada fungsi dari USB port tersebut. Biasanya, karatan pada USB laptop dikarenakan kebiasaan bermain laptop di tempat yang memiliki suhu lembab. Jika kebiasaan itu dilakukan secara terus menerus, maka karat akan timbul di USB port. Dengan timbulnya karat itu, maka fungsi USB port jadi terganggu dan beresiko rusak.

Cara Memperbaiki USB Port Laptop

USB Port laptop yang mengalami kerusakan seringkali menimbulkan rasa cemas karena laptop nggak bisa terhubung dengan perangkat eksternal sama sekali. Namun, Blibli Friends nggak perlu takut dan bingung. Pasalnya, ada cara memperbaiki USB port laptop dengan mudah dan efektif untuk dilakukan. Kira-kira apa saja langkah atau cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki USB port?

Cek Device Manager

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bisa saja penyebab dari kerusakan USB port adalah karena ada masalah dengan driver. Untuk memperbaiki USB port yang bermasalah karena diver, kamu bisa melakukan pengecekan pada device manager. Langkah-langkah untuk mengecek device manager adalah :

  1. Buka Device Manager pada perangkat laptop Blibli Friends
  2. Klik kanan pada pilihan Universal Serial Bus Controller
  3. Selanjutnya klik Scan for Hardware Change
  4. Setelah itu, lakukan Restart pada laptopmu

Cek Kondisi Fisik USB Port

Untuk memastikan penyebab dari USB port yang nggak berfungsi, Blibli Friends bisa melakukan pengecekan fisik terhadap komponen itu. Pasalnya, jika USB port mengalami kerusakan pada bagian fisik, maka besar kemungkinan fungsi USB port bisa terganggu. Lihat dengan seksama apakah USB port mengalami karatan, kotor, atau mengalami geser.

Jika memang ada masalah pada bagian fisik USB port, sebaiknya Blibli Friends menggunakan jasa service laptop agar masalah tersebut bisa diatasi.

Restart Perangkat Laptop

Solusi untuk memperbaiki USB port laptop adalah dengan melakukan restart pada perangkat laptop. Cara ini dilakukan untuk melakukan scan software dan hardware secara menyeluruh untuk memastikan driver dan USB port bisa berfungsi kembali atau nggak sama sekali.

Ubah Pengaturan USB pada BIOS

Untuk mengubah pengaturan USB pada BIOS, kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Lakukan Restart pada laptop
  2. Masuk ke BIOS dengan cara tekan tombol delete/ F2
  3. Pilih menu Power Management pada BIOS
  4. Di bagian Port USB, Blibli Friends bisa melakukan cek konfigurasi dengan klik menu Enable.

Baca juga: Laptop Gaming untuk Kerja? Bisa Dong! Ini Kelebihannya

Itulah beberapa cara memperbaiki port laptop tidak berfungsi yang bisa kamu lakukan. Untuk mencegah port USB mengalami kerusakan, kamu bisa melindungi komponen itu dengan penutup port laptop. Produk penutup port laptop bisa kamu beli di Blibli dengan banyak pilihan yang menarik lho. Tunggu apalagi, beli di Blibli sekarang juga!

Tag: