me

 5 Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Otomatis

Apr 09, 2024.By Jarvis
Bagikan

blibli.com
Simak cara memperbaiki mesin cuci Samsung otomatis ini dulu sebelum beli baru!

Cicilan 0% KAM

Di tengah kesibukan yang kian padat, saat ini banyak orang memilih pakai mesin cuci otomatis karena praktis. Cukup masukkan pakaian kotor, tekan tombol, dan semua kerja mulai dari mencuci, membilas, hingga mengeringkan pakaian dilakukan sekali saja. Salah satu merek yang favorit adalah Samsung. Nah, kalau rusak, bagaimana cara memperbaiki mesin cuci Samsung otomatis?

Mesin cuci otomatis merupakan mesin cuci 1 pintu, dengan bukaan atas (top loading) dan bukaan depan (front loading). Program dan fitur yang tersedia berbeda-beda, tapi umumnya lebih canggih dibandingkan mesin cuci 2 pintu. Lalu bagaimana caranya memperbaiki mesin cuci Samsung otomatis kalau ada masalah? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Baca Juga:


Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Otomatis Muncul Kode 4C atau 4E

Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Otomatis Muncul Kode 4C
youtube.com

Masalah pertama yang mungkin muncul pada mesin cuci otomatis Samsung adalah muncul kode 4C atau 4E. Kalau ini yang terjadi, maka mesin cuci bakal melakukan pengeringan (drain) secara otomatis yang berlangsung selama 3 menit. Pada saat pengeringan, tombol power nggak bisa berfungsi sama sekali karena aliran airnya nggak berfungsi sebagaimana seharusnya. 

Biasanya, masalah ini disebabkan oleh adanya sumbatan di bagian penyaring mesin cuci, sehingga air nggak bisa mengalir dengan baik. Untuk mengatasinya, kita harus cari tahu apa sumber sumbatan tersebut. Jadi, cek filter airnya. Coba lepaskan saringan air menggunakan garpu makan. Angkat dengan pelan-pelan saja, nggak perlu ditarik ke atas kuat-kuat. 

Biasanya di saringan air ada kotoran yang menghambat, misalnya lumut, benang kusut dari pakaian yang dicuci, kancing berukuran besar yang terlepas, dan lain-lain. Bersihkan saringan, setelah itu pasang kembali ke tempatnya. Kalau ini sumber masalahnya, maka seharusnya mesin cuci otomatis Samsung kamu sudah bisa dipakai kembali. 

Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Otomatis yang Airnya Nggak Mengalir

Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Otomatis yang Airnya Nggak Mengalir
samsung.com

Masalah berikutnya pada mesin cuci Samsung otomatis adalah air di dalam mesin cuci nggak mengalir dengan baik. Kalau ini terjadi, biasanya di layar juga muncul kode 4C atau 4E. Kalau setelah membersihkan saringan air dan mesin cuci masih nggak bisa bekerja seperti seharusnya, maka mungkin masalahnya terletak di keran air. 

Keran air di mesin cuci otomatis Samsung harus dalam posisi terbuka sepenuhnya dan tekanan sumber air pun harus cukup. Jadi cek dulu keran air di mesin cuci Samsung kamu. Kalau keran sudah terbuka penuh dan tekanan sumber air cukup, maka seharusnya sudah bisa digunakan kembali. 

Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Otomatis Nggak Berputar

Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Otomatis Nggak Berputar
blibli.com

Masalah ketiga yang mungkin terjadi pada mesin cuci Samsung otomatis adalah nggak bisa berputar. Padahal air sudah penuh dan semua setelan sudah tepat. Jadi bagaimana cara memperbaiki mesin cuci Samsung yang tidak berputar? Hal pertama yang perlu kamu cek adalah koneksi listrik. Memang sepele, tapi kadang ini terjadi karena kabel kurang dimasukkan ke dalam stop kontak listrik. 

Lalu cek posisi pintu mesin cuci Samsung kamu, sudahkah tertutup dengan rapat? Kalau pintu belum tertutup dengan benar, maka wajar saja nggak bisa berputar dan bekerja dengan baik. Lalu cek lagi tabung cuci kamu, apakah pakaian kotor yang dimasukkan sudah sesuai kapasitas atau justru kelebihan? Ini penting banget, karena kalau memasukkan terlalu banyak cucian, sulit untuk bergerak. 

Kalau ternyata isi mesin cuci memang terlalu banyak, coba keluarkan lagi beberapa pakaian yang belum perlu dicuci. Kamu bisa lakukan pencucian 2 kali, daripada memaksakan mencuci dalam kondisi kelebihan kapasitas. Selain bikin mesin cuci nggak bisa berputar, kalau sering dilakukan, ini bakal bikin mesin cuci kamu cepat aus dan akhirnya rusak. 

Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Otomatis yang Berdengung

Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Otomatis yang Berdengung
blibli.com

Sudah memasukkan pakaian kotor sesuai kapasitas, air juga sudah sesuai kapasitas, dan detergen nggak berlebihan, tapi mesin cuci mengeluarkan suara berdengung tanpa berputar? Nah, kalau ini masalah yang kamu hadapi, biasanya masalahnya bersumber dari rusaknya sabuk penggerak. Perlu dicek dulu apakah sabuk penggeraknya cuma terlepas atau sudah putus dan harus diganti. 

Mesin cuci yang berdengung tapi nggak bisa berputar juga mungkin juga disebabkan oleh kerusakan pada bagian motornya. Bagi yang punya kemampuan dan terampil memperbaiki mesin sendiri, mungkin bisa memperbaiki mesinnya di rumah. Tapi kalau nggak unya pengalaman memperbaiki mesin apa pun, sebaiknya hubungi service center resmi Samsung untuk penanganan yang tepat. 

Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Otomatis yang Bocor

Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Otomatis yang Bocor
blibli.com

Sudah beli mesin cuci di Samsung Official Store tapi ternyata tabungnya bocor? Eits, tenang dulu. Bukan berarti ada kesalahan pada motor mesin cuci, lho. Masalah ini mungkin terjadi karena cara penggunaan kita yang salah, soalnya penyebab tabung mesin cuci bocor itu bisa disebabkan karena berbagai hal. Salah satunya adalah penggunaan detergen yang terlalu banyak. 

Banyak orang yang masih mengira kalau semakin banyak detergen yang dimasukkan ke dalam mesin cuci, maka kotoran di pakaian bakal lebih mudah terangkat. Ternyata ini nggak benar, Blibli Friends. Penggunaan detergen justru nggak perlu terlalu banyak karena bisa menyumbat saluran dan saringan mesin cuci. Kalau terbiasa mencuci dengan cara ini, ternyata mesin cuci bisa bocor. 

Penyebab lainnya mesin cuci Samsung otomatis yang bocor adalah selangnya yang memang sudah bocor. Biasanya ini terjadi karena selang digunakan sudah cukup lama, jadi memang perlu diganti. Nah, penggantian selang ini bisa dilakukan sendiri, bisa juga dengan memanggil ahli reparasi. Jadi, cara memperbaiki mesin cuci Samsung yang bocor ini tergantung dari apa sumber masalahnya. 

Disarankan untuk menghubungi ahli reparasi dari service center resmi Samsung supaya masalah pada mesin cuci otomatismu bisa ditangani dengan tepat. Jangan lupa cek dulu kartu garansinya, karena kalau masih dalam masa garansi dan kerusakan yang terjadi sesuai dengan S&K yang berlaku, maka servis bisa kamu dapatkan gratis!


Baca Juga:

Itu dia 5 cara memperbaiki mesin cuci Samsung otomatis yang bermasalah. Pertama-tama, penting banget untuk mencari tahu apa sumber masalahnya, apakah karena kapasitas pakaian kotor yang dimasukkan terlalu banyak, atau ada sumbatan di saringan mesin cuci, ada yang bocor, atau penyebab lainnya? Kalau tahu sumber masalahnya, bakal lebih mudah memperbaikinya.

Nah, kalau mesin cuci otomatis Blibli Friends sudah rusak parah dan nggak bisa diperbaiki lagi, sekarang saatnya beli mesin cuci otomatis Samsung di laman Peralatan Elektronik Blibli. Pilihannya beragam dan bisa langsung beli di toko resminya, lho. Produknya lebih terjamin plus dapat promo gratis ogkir pula! Jadi tunggu apa lagi? Yuk, ke Blibli dan pilih mesin cuci favoritmu!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya