me

Cara Memilih Warna Foundation Wardah yang Tepat

Feb 16, 2022.By
Bagikan

Cara Memilih Warna Foundation

Cara Memilih Warna Foundation – Bagi kaum wanita, menggunakan foundation sebagai pelengkap make-up adalah satu step yang nggak bisa di skip. Sudah banyak merk make up dalam dan luar negeri yang memiliki berbagai pilihan tone warna foundation, salah satu merk kenamaan buatan dalam negeri yaitu Wardah. Wardah cukup maju dalam memberikan inovasi make up flawless untuk berbagai jenis kulit wanita Indonesia.

Dalam memilih foundation, kamu nggak boleh sembarangan. Jika sampai salah, bisa-bisa warna akhir dari make up kamu akan terkesan belang dan nggak alami. Ada beberapa cara memilih foundation wardah sesuai warna kulit serta juga memperhatikan kecocokan jenis kulit. Penasaran cara apa saja? Simak tips memilih foundation yang baik sesuai warna kulit dari Blibli berikut ini.

Baca Juga: Tutorial Make Up Wardah Simple Ala Abel Cantika

__________________________________________________

Cari Tahu Undertone Kulit

Wardah Lightening Liquid Foundation

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami undertone kulit kamu. Undertone bukan warna kulit, tetapi warna dasar kulit yang nantinya nggak akan berubah meskipun terkena sinar matahari. Biasanya undertone dibagi menjadi 3 macam, yaitu warm, neutral, dan cool. Ketiga undertone inilah yang nantinya menjadi dasar kamu untuk memilih warna foundation.

Lalu bagaimana cara untuk cek undertone? Kamu tinggal lihat warna urat nadi yang ada di bagian pergelangan tangan. Jika urat nadi yang terlihat berwarna kehijauan, bisa diartikan undertone kamu tergolong warm. Kemudian kalau urat nadi warnanya biru atau keunguan, berarti undertone termasuk cool. Jika warna urat nadi di antara keduanya, termasuk dalam undertone neutral.

Dengan cara ini bisa diambil kesimpulan umumnya. Biasanya untuk cool undertone, bisa pilih warna pink, ivory, atau bronze. Jika untuk undertone warm, kamu bisa pilih warna kuning, beige, golden, honey, atau bisa caramel. Terakhir jika undertone-nya neutral bisa memakai foundation dengan warna natural beige, beige, walnut, atau bisa juga espresso

Coba Beberapa Pilihan Shade Foundation Bersamaan

Cara yang cukup bisa diandalkan apalagi kalau kamu sedang ada di counter foundation adalah dengan mencoba beberapa shade pilihan yang ada. Tujuan dari cara ini pastinya adalah untuk mencari tahu foundation mana yang paling menyatu dengan warna kulit, atau paling tidak mencerahkan satu shade tanpa memberikan efek belang yang nyata.

Langsung Coba Foundation di Pipi, Bawah Mata, atau Leher

Seringkali kamu salah dalam mencoba mengaplikasikan foundation untuk percobaan. Apakah kamu mencobanya di tangan? Coba ganti kebiasaan tersebut dan coba di beberapa tempat seperti pipi, bawah mata, atau juga leher. Jangan sampai melewatkan cara ini karena warna yang terlihat di botol kadang berbeda dengan warna asli jika diaplikasikan ke kulit.

Kalau mau coba di area pipi, kamu bisa coba di daerah bawah mata sekalian, bandingkan paling nggak 3 warna foundation Wardah. Nanti pilih yang paling cocok, nggak warna abu-abu. Jika wajahmu ternyata lebih terang dari leher, coba oleskan di bagian leher juga. Jadi pilih yang warnanya mendekati leher supaya nggak belang sampai ke leher. Trik ini akan membuat hasil foundation akan lebih berdimensi.

Perhatikan Jenis Kulit

Jenis atau tipe kulit merupakan hal harus benar-benar diperhatikan saat memilih foundation, mengingat wardah juga memiliki beberapa jenis foundation dengan warna berbeda-beda. Jika pada jenis foundation tersebut nggak ada yang sama dengan jenis kulit, coba cari yang mendekati. Hal ini karena kesesuaian jenis kulit sangat berpengaruh pada ketahanan foundation pada wajah.

Pilih Warna Paling Mirip yang Tersedia

Wardah Everyday Luminous Liquid Foundation (40 mL)

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, warna foundation Wardah kadang ada yang tidak sama dengan tone  wajah kamu. Tapi masalah ini bisa diatasi dengan memilih warna paling mirip, bisa yang lebih cerah maupun lebih gelap. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan gaya make up yang ingin kamu tampilkan. Contohnya saja jika mau make up Korean style, pilih shade lebih cerah.

Hal yang sama bisa diaplikasikan pada make up Japanese style.  Berbeda lagi jika kamu mau aplikasi make up untuk American style  atau Arabic style. Kamu cenderung harus memilih tone atau shade foundation lebih gelap dari warna asli kulit. Hal ini bisa dikarenakan style Arab dan Amerika memang cenderung tebal, sehingga jika ambil shade lebih cerah, hasil akhirnya akan terlihat terlalu terang dan nggak alami.

Coba Foundation di Tempat Terang atau Netral

Cara selanjutnya adalah jangan sampai kamu mencoba foundation di tempat yang kurang cahaya. Hal ini karena jika tempatnya terlalu gelap. Maka warna asli foundation nggak akan terlihat dengan jelas. Pastikan bayanganmu juga nggak menutupi saat mencoba foundation. tetapi cahayanya jangan sampai silau atau terlalu terang. Perhatikan sekitar kamu, sampai menemukan lokasi pencahayaan yang tepat.

Biarkan Foundation di Kulit Beberapa Saat

Kalau kamu sedang mencoba foundation di counter make up, jangan malu untuk memakai produk atau membiarkan foundation berada di kulit untuk jangka waktu yang lama. Hal ini supaya bisa melihat apakah shade-nya benar-benar cocok dengan kulitmu ampai foundation tersebut kering. Jadi coba aplikasikan foundation pada bagian sensitif seperti leher, pipi, atau rahang dan jangan langsung dihapus.

Tunggu sambil keliling mencoba produk lain, biarkan sampai waktu menunjukkan sekitar 15 sampai dengan 20 menit. Foundation yang belum kering biasanya akan memiliki warna yang lebih gelap dan agak lebih cerah ketika sudah meresap atau lebih kering.  Rasakan juga apakah foundation mengalami oksidasi, jika iya maka hasilnya di kulit nggak akan bagus dan cenderung lebih kusam.

Coba Fitur Virtual Try On

Wardah Exclusive Liquid Foundation (20 mL)

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan virtual try on yang disediakan oleh Wardah. Jadi kamu nggak perlu repot ke store dan bingung menentukan warna foundation lagi. Fitur virtual try on ini sangat mudah untuk membantumu mencoba foundation bahkan shade make up lainnya dari Wardah.

Sebelumnya kamu bisa klik Virtual Makeup dan akan keluar layar yang menampilkan wajahmu. Selanjutnya tinggal coba shade atau warna foundation yang ditampilkan pada layar interaktif. Pilih yang kira-kira sesuai atau paling tidak 1 tone dibawah atau diatas warna asli kulitmu. Coba juga untuk shade makeup lain supaya nggak bingung lagi saat akan membeli.

Ternyata cukup mudah bukan untuk menerapkan cara memilih foundation Wardah sesuai warna kulit? Apalagi sekarang sudah ada aplikasi Virtual Try On yang bisa membuat kamu bisa menentukan warnanya tanpa harus pergi ke counter make up untuk mencoba setiap shade. Cukup pakai layar smartphone dan coba secara virtual.

__________________________________________________

Baca Juga: Sunscreen Wardah yang Bagus, Ini Rekomendasinya!

Jika sudah menentukan produk foundation dengan warna paling cocok, kamu bisa banget cek penawaran dan melakukan pembelian di Blibli. Jadi kamu nggak perlu kemana-mana untuk mendapatkan foundation dengan shade pilihan. Cukup praktis, dan pastinya ada banyak banget promo diskon yang bisa Blibli Friends manfaatkan, lho. Yuk, dapatkan produk favoritmu dengan harga terbaik hanya di Blibli. Cus, checkout sekarang juga!

 

Tag: