me

Cara Membuat Makalah yang Benar 

Aug 16, 2023.By Jarvis
Bagikan

Lihat cara membuat makalah sampai format strukturnya di bawah ini!

Cicilan 0% Gadget

Makalah merupakan salah satu bentuk karangan ilmiah yang biasanya sering dikerjakan oleh para pelajar maupun mahasiswa. Cara membuat makalah sendiri, tentu nggak bisa kamu lakukan secara asal-asalan. Makalah yang baik dan benar memiliki beberapa aturan format tertentu.

Umumnya, kebanyakan makalah mengandung unsur pemikiran terkait suatu permasalahan atau topik tertentu yang ingin dibahas dan dituangkan dalam bentuk karya tulis ilmiah. Nah, lalu seperti apa sih cara membuat makalah yang benar dan sesuai dengan aturan? Yuk, simak langkah-langkahnya bersama di bawah ini!

Baca juga: Cara Membuat Nomor Halaman di Word, Mudah dan Cepat!


Cara Membuat Makalah yang Sesuai

Hampir sebagian orang masih sulit untuk membedakan antara makalah dengan jurnal ilmiah. Padahal, kedua karya tulis tersebut nggak sama, lho. Terdapat beberapa perbedaan dalam sistematika penulisan yang perlu kamu ketahui. Pertama, penulisan jurnal ilmiah sendiri cenderung lebih sederhana.

ACER LAPTOP ASPIRE 3 A314-36P-C1UW 14HD INTEL N100 RAM 8G STORAGE 512G SSD W11

Berbeda halnya dengan sistematika penulisan makalah yang cenderung lebih kompleks. Seluruh pembahasan yang dimuat dalam makalah juga harus runtut dan sistematis. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat makalah yang baik, berikut ini beberapa langkah-langkahnya.

  • Menentukan Tema Makalah

Menentukan tema makalah
makeitmissoula.com

Penentuan tema harus dilakukan sebelum kamu hendak membuat makalah. Tema yang ditentukan dengan baik bisa menjadi kunci keberhasilan kamu dalam membuat karya tulis makalah. Kamu bisa dengan bebas memilih tema apa saja yang diinginkan. Jika pihak sekolah atau kampus sudah menentukan topik tertentu untuk isi makalah, maka kamu bisa mencari tema yang sesuai dengan topik tersebut.

Sebaiknya, hindarilah tema penulisan makalah yang nggak kamu kuasai dengan baik. Memilih tema yang sulit merupakan suatu kesalahan besar karena hal tersebut dapat menyulitkan kamu dalam pembuatan karya tulis makalah. Selain itu, pilihlah tema yang sudah banyak di reset. Hal ini berguna agar kamu lebih mudah mencari referensi sumber penelitian melalui internet.

  • Menentukan Judul Makalah yang Sesuai dengan Tema

Menentukan judul makalah yang sesuai dengan tema
theupcoming.co.uk

Selanjutnya, kamu perlu menentukan judul makalah yang tepat. Pastikan untuk memilih judul sesuai dengan tema yang sudah kamu pilih. Jika kamu merasa kesulitan dalam menentukan judul makalah, tak ada salahnya mencari referensi contoh makalah yang beredar di internet.

Tentunya kamu perlu mencari referensi yang memiliki topik pembahasan sesuai dengan tema makalahmu. Selain kesesuaian tema dengan judul, kamu juga perlu memperhatikan tata bahasa yang baik dan benar. Hal ini dilakukan supaya kamu dapat menuliskan judul yang sesuai dengan standar KBBI.

  • Mencari dan Mengumpulkan Referensi

Mencari dan mengumpulkan referensi
abcactionnews.com

Makalah termasuk karya tulis ilmiah, maka dari itu referensi yang kamu gunakan haruslah kredibel dan terpercaya. Mencari sumber referensi yang kredibel memang dapat menjadi suatu tantangan tersendiri. Kamu bisa mencari sumber referensi penelitian untuk mendukung permasalahan pada isi makalah melalui berbagai jurnal umum atau ilmiah.

Tak hanya jurnal berbahasa Indonesia, kamu juga bisa lho mencari sumber referensi melalui jurnal dengan bahasa asing. Contohnya, jurnal yang menggunakan bahasa Inggris. Jurnal sinta juga bisa menjadi sumber referensi kredibel yang tepat untuk mendukung isi makalah kamu.

Setelah sudah mencari berbagai sumber referensi yang akan dibutuhkan, kamu bisa mengumpulkan dan menyimpannya terlebih dahulu di memo beserta link sumbernya. Cara ini efektif supaya kamu nggak kehilangan referensi tersebut. Jika kamu memiliki waktu lebih, survey juga bisa menjadi pilihan tepat. Kamu bisa membuat survey secara online atau survey secara langsung di lapangan.

  • Buatlah Kerangka Tulisan

Buatlah kerangka tulisan
eslstarter.com

Keseluruhan isi makalah harus ditulis secara runtut dan sistematis. Supaya bisa menulis makalah yang sistematis, sebaiknya kamu perlu membuat kerangka tulisan terlebih dahulu. Kerangka tulisan merupakan rencana kerja yang dibuat dengan memuat keseluruhan garis besar suatu tulisan.

Selain itu, membuat kerangka tulisan juga dapat memudahkan kamu dalam pembuatan penulisan makalah. Buatlah kerangka tulisan yang disusun secara teratur. Hindari pula kalimat pengulangan atau kalimat nggak efektif lainnya agar inti pembahasan makalah dapat tersampaikan dengan lebih efisien.

  • Menambahkan Kutipan

Menambahkan kutipan
languagetool.org

Tak hanya referensi kredibel saja tetapi menambahkan kutipan juga dapat memperkuat data-data yang terdapat pada tulisan makalah kamu. Misalnya, kamu bisa menambahkan kutipan yang berjenis kutipan langsung maupun kutipan nggak langsung.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan kutipan yang kredibel? Nah, kamu bisa mendapatkan kutipan semacam ini yang berasal dari wawancara narasumber ketika lapangan atau teori-teori para ahli pada jurnal penelitian.

  • Mengedit Makalah yang Telah Dibuat

Mengedit makalah yang telah dibuat
ubertutors.co.uk

Menyunting atau mengedit makalah menjadi suatu hal yang perlu kamu lakukan. Kebanyakan para pelajar atau mahasiswa melakukan kesalahan umum pada saat pembuatan makalah. Misalnya, seperti kesalahan penggunaan tata bahasa, format penulisan, tata baca yang nggak tepat dan lain sebagainya.

Hal ini biasa terjadi karena terlalu terburu-buru dalam mengumpulkan karya tulis makalah yang sudah jadi. Akibatnya, penulisan makalah kamu menjadi nggak terkesan ilmiah dan dapat mempengaruhi penilaian dari guru atau dosen.

Demi meminimalisir hal tersebut, bacalah ulang makalah yang telah dan dibuat. Kamu juga dapat menambahkan atau mengurangi kata-kata yang dirasa perlu agar topik pembahasan makalah tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

  • Berkonsultasi Terlebih Dahulu

Berkonsultasi terlebih dahulu
careerswithstem.com.au

Jika kamu masih merasa ragu untuk mengumpulkan karya tulis makalah yang telah dibuat, tak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu kepada guru atau dosen. Kamu juga dapat meminta saran dari teman atau kerabat dekat yang memang sudah terbiasa dalam pembuatan karya tulis makalah. Berbagai saran atau kritik yang didapat bisa kamu gunakan untuk memperbaiki tulisan makalah.

Cara Menyusun Struktur Makalah yang Tepat

Selain mengetahui cara membuat makalah, kamu juga perlu mempelajari bagaimana cara menyusun struktur makalah yang tepat. Nah, di bawah ini kamu dapat melihat cara menyusun struktur makalah. Mulai dari bab awal, pendahuluan, pembahasan hingga penutup. Yuk, disimak!

  • Awal

Awal
peachyessay.com

Pada bagian ini, kamu perlu menambahkan halaman cover, kata pengantar serta daftar isi. Pada halaman cover atau sampul, kamu harus mencantumkan judul makalah, nama penulis, logo sekolah atau institusi, tempat serta tahun pembuatan makalah.

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan nomor induk dan nama dosen atau guru pembimbing. Bagian cover memiliki fungsi tersendiri agar pembaca dapat melihat informasi lengkap terkait makalah tersebut. Pada kata pengantar, kamu bisa menuliskan kalimat salam sebagai pembukaan, waktu penulisan, tempat penelitian dan pihak-pihak lain yang mungkin terlibat selama proses pembuatan makalah.

Terakhir, kamu perlu membuat daftar isi yang memuat seluruh informasi halaman dari isi konten makalah. Daftar isi ini berfungsi untuk mempermudah pembaca dalam mencari halaman yang sedang ingin dibaca.

  • Pendahuluan

Pendahuluan
freshessays.com

Bagian bab pendahuluan berisi latar belakang topik makalah, rumusan makalah, tujuan tulisan makalah serta manfaat tulisan. Kamu bisa mengungkapkan alasan kenapa memilih topik tersebut pada bagian latar belakang. Lalu, tulisan yang berisi pertanyaan tentang topik tersebut dicantumkan pada rumusan masalah.

  • Pembahasan

Pembahasan
corporate.fnp.com

Pada bab pembahasan, kamu perlu memberikan kajian teoritis yang memuat berbagai teori para ahli, referensi beserta kutipan. Pastikan untuk mencantumkan teori yang relevan dan kredibel. Lalu, kamu juga perlu menambahkan pembahasan yang berisi inti dari isi makalah tersebut.

  • Penutup

Penutup
booksrun.com

Kesimpulan serta saran ditempatkan pada bagian penutup. Kamu dapat menuliskan berbagai tafsiran serta jawaban dari permasalahan yang sudah dibahas dalam bagian pembahasan. Untuk saran, kamu bisa menuliskan saran pribadi.

Kamu juga perlu menambahkan daftar pustaka dan lampiran. Daftar pustaka memuat berbagai sumber referensi yang digunakan dalam pembuatan makalah. Sementara itu, lampiran biasanya berisi gambar atau tabel yang kamu cantumkan pada penelitian.


Baca juga: Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Nah, itulah cara membuat makalah yang perlu kamu ketahui. Supaya pembuatan makalah lebih lancar, kamu bisa mendapatkan produk Komputer & Laptop dengan spesifikasi tinggi melalui Blibli. Tenang saja, berbagai produk teknologi di Blibli terbukti asli. Yuk, belanja produk laptop di Blibli sekarang!