Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Oct 19, 2020.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Tahukah kamu membuat kuesioner kini bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa perlu mencetak kertas dalam jumlah banyak, lho. Selain lebih menghemat waktu, membuat kuesioner secara online juga bisa membuat kamu lebih menghemat uang. Nggak cuma itu aja, kuesioner kamu juga akan lebih mudah disebarluaskan sesuai dengan target audiens yang sudah Blibli Friends tentukan.

Google Form menjadi salah satu alat aplikasi online milik Google yang bisa membantu kami dalam membuat sebuah kuesioner. Bahkan, hasil dari kuesioner tersebut bisa langsung kamu dapatkan secara instan tanpa perlu melakukan pendataan secara manual, lho. Seluruh data dan hasil dari kuesioner akan langsung tersimpan di dalam spreadsheet. Menarik, kan? Tertarik membuat kuesioner secara online? Simak cara membuat Google Form berikut.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Google yang Bikin Perjalanan Mudik Lebih Mudah

______________________________________

1.Akses Google Form

Mengingat Google Form merupakan salah satu alat milik Google, hal pertama yang perlu kamu lakukan tentulah membuat akun Google terlebih dahulu. Jika sudah memilikinya, kamu bisa langsung mengakses laman https://docs.google.com/forms/. Kemudian, pilihan template formulir yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain mengunjungi laman tersebut, mengakses Google Form juga bisa kamu lakukan melalui Google Drive. Caranya pun sama mudahnya, kamu hanya perlu mengklik menu “New” dan kemudian memilih opsi Google Formulir. Opsi satu ini biasanya baru muncul jika kamu mengklik more terlebih dahulu. Jika sudah, pilih template atau buah formulir kosong.

2. Beri Judul pada Kuesioner Kamu

Setelah menentukan template yang tepat, kini saatnya kamu memberi judul pada kuesioner yang akan kamu buat. Untuk memudahkan para responden memahami kuesioner yang akan kamu bagikan, jangan lupa untuk isi kolom Form Description. Deskripsikan dan tulis secara mendetail karakteristik responden yang cocok dengan kuesioner kamu. Cantumkan juga apa tujuan kamu membuat kuesioner ini, apakah untuk tugas, penelitian, dan lain sebagainya.

3. Buat Pertanyaan

Nah, sekarang saatnya kamu membuat pertanyaan yang akan muncul pada kuesioner. Ada dua tipe pertanyaan yang bisa kamu pilih, apakah itu multiple choice atau jawaban berupa esai. Kamu juga bisa mencantumkan kedua tipe pertanyaan tersebut dalam satu kuesioner. Selain dua pilihan tipe pertanyaan tersebut, kamu juga bisa menemukan opsi pertanyaan checkboxes yang bisa kamu pilih. Setiap kali akan menambahkan sebuah pertanyaan tambahan, kamu bisa langsung mengklik tanda “+” yang berada di sisi kanan.

4. Bagikan Link Google Form Kamu

Cek kembali seluruh pertanyaan yang sudah kamu cantumkan dan pastikan nggak ada yang ketinggalan. Kemudian, klik tombol kirim sebagai tanda bahwa kuesioner sudah selesai dibuat. Link dari Google Form yang sudah selesai bisa langsung kamu copy untuk dibagikan kepada responden yang sesuai. Selain bisa dikirimkan melalui aplikasi pengiriman pesan chat, formulir kuesioner ini juga bisa kamu bagikan di media sosial, lho.

____________________________________

BACA JUGA: Google Home Mini, Smart Speaker 300 Ribuan yang Underrated

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara membuat kuesioner di Google Form? Membuat Google Form ini hanya bisa kamu lakukan pada perangkat PC atau laptop. Pastikan kamu memiliki laptop atau komputer terlebih dahulu jika ingin membuat kuesioner online ini.

Jika belum memilikinya, kini kamu bisa membeli laptop atau komputer secara online di laman Blibli. Berbagai macam pilihan merk dan tipe laptop atau komputer tersedia lengkap di toko online satu ini. Selain membuat proses transaksi lebih mudah, kamu juga bisa mendapatkan laptop atau komputer dengan harga yang lebih murah, lho. Buktikan sendiri dan kunjungi laman Blibli sekarang, Friends!

DAPATKAN LAPTOP TERBAIK DI SINI!

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel