me

5 Cara Mematikan Laptop, Mana yang Paling Mudah Menurutmu?

Mar 16, 2024.By Jarvis
Bagikan

Ini dia 5 cara mematikan laptop yang mudah banget dicoba!

Cicilan 0% Gadget

Dalam banyak situasi, laptop kamu mungkin pernah mengalami macet atau lemot karena beberapa bug di aplikasi atau sistem operasi Windows. Dalam hal ini, mematikan paksa laptop adalah alternatif yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah. Pasalnya, sejauh ini masih banyak  alternatif lain untuk mematikan paksa laptop yang aman dan mudah.

Selama keyboard laptop masih berfungsi, maka kamu bisa menjadikannya pintasan untuk mematikan laptopmu dengan cepat.Namun, penting untuk dicatat bahwa mematikan laptop dengan aplikasi atau program yang masih berjalan di latar belakang bisa merusak file tersebut. Oleh karena itu, adapun 5 cara untuk mematikan laptop yang aman dan mudah adalah sebagai berikut.

Baca juga: Cara Membuat Makalah yang Benar 


Laptop merupakan perangkat elektronik luar biasa yang telah membuat hidup kita jauh lebih mudah dan praktis. Meski laptop bisa diandalkan untuk menunjang pekerjaan, tapi bukan berarti perangkat keras ini nggak bebas dari masalah. Pasalnya, setiap perangkat elektronik pasti akan dilengkapi dengan masalahnya sendiri, dan nggak terkecuali laptop milikmu.

Sejauh ini, telah banyak ditemukan berbagai masalah yang dialami oleh sebagian pengguna laptop, salah satu yang utama adalah kesulitan mematikannya. Biasanya, ada beberapa alasan mengapa laptop nggak bisa dimatikan, dan yang paling umum terjadi yaitu dikarenakan terdapat beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang, file atau drive sistem Windows rusak, dan masih banyak lagi.

Masalah seperti ini terkadang bisa membuat stres dan khawatir kalau kamu nggak tahu solusinya, tetapi untungnya, ada berbagai trik yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya dalam hitungan menit saja. Oke langsung saja, inilah cara mematikan laptop yang aman dengan atau tanpa bantuan keyboard. Simak dulu yuk!

Cara Mematikan Laptop dengan Tombol Windows + X

Cara Mematikan Laptop dengan Tombol Windows + X
pintartekno.id

Cara pertama mematikan laptop yang mudah adalah dengan menggunakan tombol Windows +X. Sebetulnya, dengan menekan tombol tersebut berfungsi untuk menampilkan menu di bagian atas logo Windows untuk mematikan laptop dengan memilih opsi shut down. So far, menurut beberapa orang, cara pertama ini bisa dibilang paling cepat yang bisa dicoba tanpa harus menggunakan mouse.

Sebelum laptop dimatikan, periksa kembali semua aplikasi di laptomu karena jangan sampai ada yang masih berjalan di latar belakang. Selanjutnya langsung saja Tekan ⊞ Windows + X untuk membuka menu di sisi kiri layar laptop. Klik shut down or sign out, atau kamu juga bisa menekan U pada keyboard untuk membuka bagian tersebut. Selanjutnya, klik shut down, maka laptopmu akan segera mati.

Cara Mematikan Laptop dengan Command Prompt

Cara Mematikan Laptop dengan Command Prompt
geeksforgeeks.org

Cara kedua mematikan laptop yang mudah dengan menggunakan command prompt. Bagi yang belum tahu apa itu command prompt,berikut adalah penjelasannya untukmu. Jadi, fitur ini juga dikenal sebagai cmd.exe atau cmd, yang merupakan penerjemah baris perintah default untuk sistem operasi OS/2, eComStation, ArcaOS, Microsoft Windows, dan ReactOS.

Biasanya, cara yang satu ini menjadi andalan para penggemar teknologi karena cukup dengan menginput beberapa perintah syntax untuk mematikan laptop dengan otomatis melalui pemograman Windows. Caranya adalah tekan Windows + R pada keyboard laptopmu, ketiklah “cmd” dan Enter, selanjutnya ketik “shutdown -s” di CMD lalu Enter kembali, tekan “Close”, maka laptop akan mati.

Cara Mematikan Laptop dengan Tombol Ctrl + Alt + Del

Cara Mematikan Laptop dengan Tombol Ctrl + Alt + Del
youtube.com/@captrongnam

Cara ketiga mematikan laptop yang mudah adalah menggunakan tombol pintasan pada keyboard, yaitu tekan Ctrl + Alt + Del. Cara yang satu ini sebenarnya bukan hal yang baru, karena sudah banyak yang berhasil mencobanya saat laptop mereka nge-blank dan nggak bisa dimatikan. Menariknya, cara mematikan laptop kali ini bisa dilakukan meski dalam keadaan aplikasi sedang berjalan.

Sayangnya, saat laptop dimatikan paksa oleh sistem, maka semua lembar kerjamu bisa hilang begitu saja. So, kalau nggak mau itu terjadi, jangan lupa untuk menyimpannya terlebih dahulu. Selanjutnya, barulah tekan dan tahan Ctrl + Alt + Del secara bersamaan, lalu carilah tombol Power di bagian sudut kanan bawah. Jika sudah ketemu, pilih “Shut down”, agar laptopmu bisa langsung turn off. 

Cara Mematikan Laptop dengan Tombol Alt + F4

Cara Mematikan Laptop dengan Tombol Alt + F4
hellotech.com

Blibli Friends sudah pernah mencoba cara mematikan laptop yang satu ini? Jika belum, cara keempat ini sangat direkomendasikan banget untuk mengatasi laptop susah dimatikan, bahkan sekaligus juga bisa menutup semua sistem operasi dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, hanya dengan mengandalkan bantuan dari tombol-tombol yang ada di keyboard saja, lho!

Untuk caranya sendiri sangat mudah dilakukan, di mana kamu hanya perlu menekan dan menahan tombol Alt + F4 bersamaan. Saat kedua tombol pintasan ini kamu tekan, maka semua aplikasi yang sedang beroperasi akan tertutup satu per satu. Setelah memastikan semua jendela sudah off, lalu klik shut down untuk segera matikan laptopmu.

Cara Mematikan Laptop dengan Win/Start + Power

Cara Mematikan Laptop dengan Win Start + Power
kapanlagi.com

Cara terakhir mematikan laptop yang mudah adalah dengan bantuan tombol pintasan Win/Start + Power. Namun perlu kamu ketahui, kalau cara yang satu ini hanya bisa dilakukan untuk seri Windows 10 atau Windows 11, sedangkan untuk seri Windows 8, bisa dicoba dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboard yakni Win + X.

Untuk yang masih belum mengetahui caranya, berikut langkah-langkahnya: tekan tombol Windows atau bisa mengklik menu Start di pojok kiri bawah. Selanjutnya, klik power button yang akan membuka menu pop-up. Misalkan kamu nggak punya mouse, cobalah tekan Tab, lalu gunakan panah bawah untuk memilih power button dan tekan Enter. Pilih shutdown lalu klik, maka laptop kamu akan mati.


Baca juga: Cara Membuat Nomor Halaman di Word, Mudah dan Cepat!

Gimana Blibli Friends, mudah banget kan cara mematikan laptop dengan bantuan tombol di keyboard? Jadi, kalau sewaktu-waktu laptop kamu blank atau lemot, langsung saja gunakan cara di atas untuk mengatasinya. Sementara itu, buat Blibli Friends yang belum punya dan berencana ingin membeli  Komputer & Laptop, bisa langsung cek Toko Online Blibli saja.

Temukan berbagai merek komputer & laptop seri terbaru dengan spek lebih tinggi yang ditawarkan dengan harga spesial. Nikmati juga promo belanja lainnya dan dapatkan juga garansi resmi untuk setiap pembelian perangkat elektronik di Blibli. Tunggu apalagi? Segera dapatkan laptop impianmu sekarang juga!