me

Cara Bermain Uno Stacko dengan Mudah

Nov 24, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Cara Main Uno Stacko – Terdapat dua jenis permainan Uno. Ada yang menggunakan kartu atau biasa disebut dengan kartu Uno dan ada juga yang menggunakan komponen balok yang biasa disebut dengan Uno Stacko. Komponen balok yang digunakan untuk bermain Uno Stacko ada yang terbuat dari plastik maupun kayu.Tidak ada yang membedakan antara kartu Uno dan Uno Stacko karena warna, angka dna petunjuk hampir sama.

Uno mempunyai makna satu jika diartikan dari Bahasa Spanyol dan Italia. Permainan Uno mulai diproduksi pada tahun 1971 oleh  Merle Robins dan saat ini telah diakuisisi menjadi produk dari Mattel. Secara umum bermain Uno Stacko yaitu dengan menyusun balok Uno menjadi sebuah Menara dan para pemain akan secara bergiliran mengambil balok Uno untuk melepaskannya.

Baca juga: 3 Jenis Permainan yang Bantu Kamu Jadi Lebih Akrab


Menentukan Jumlah Pemain

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk bermain Uno Stacko adalah menentukan berapa jumlah pemain yang diinginkan. Jumlah Pemain tidak dibatasi, boleh dimainkan oleh 2 orang pemain saja atau bahkan bisa lebih, asal tidak dimainkan secara sendirian.

Setelah seluruh pemain berkumpul, maka pemain harus duduk secara melingkar atau berhadapan antara pemain satu dengan anggota pemain lainnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pemain mengambil balok Uno stacko.

Salah satu pemain dapat menyusun balok Uno stacko menjadi seperti menara yang selanjutnya akan digunakan dalam permainan.

Menentukan Aturan

Langkah kedua dalam permainan Uno Stacko ini yaitu menentukan aturan apa saja yang akan digunakan dalam permainan. Misalnya hanya boleh mengambil balok dengan dua jari saja, adanya pertanyaan yang harus dijawab oleh pemain yang ingin mengambil balok, atau pemain hanya boleh mengambil balok menggunakan satu tangan.

Aturan yang sudah ditentukan tentunya harus dipatuhi oleh setiap pemain. Karena aturan yang disepakati dibuat secara bersama sama. Bagi pemain yang kedapatan melanggar aturan maka berhak mendapat sanksi dari pemain lain.

Melakukan Pengundian

Pengundian dilakukan untuk menentukan siapa pemain yang berhak mengambil balok terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti bermain curang atau yang lainnya.

Memahami Jenis-Jenis Uno Stacko

Ada baiknya para pemain memahami terlebih dahulu apa saja sih jenis-jenis dari balok Uno. Beberapa jenis balok Uno diantaranya:

  • Balok Angka

Balok ini mempunyai gambar angka di setiap sisinya. Angka dimulai dari 1 sampai 4. Selain itu terdapat 4 warna yang berbeda pada setiap baloknya. Warna tersebut yaitu biru, kuning, merah dan hijau

  • Balok Skip

Balok ini mempunyai simbol lingkaran yang dicoret pada bagian sisi sampingnya. Bagi pemain yang mendapatkan balok ini maka tidak akan bisa melanjutkan ke permainan berikutnya.

  • Balok Trun Around

Balok ini dikenal dengan sebutan balok reserve yang memiliki simbol 2 panah yang saling berlawanan arah. Jika pemain kedapatan mendapatkan balok ini maka giliran pemain berikutnya akan diputar giliran.

  • Balok Wild

Balok ini mempunyai ciri khas berwarna ungu. Jika ada pemain yang bisa mendapatkan balok ini maka dapat menentukan balok apa yang akan diambil oleh pemain berikutnya.

  • Balok Draw 2

Balok yang mempunyai 2 simbol pada bagian sisi sampingnya. Balok ini bisa menjadi penanda bahwa pemain selanjutkan harus bisa mengambil dua balok dengan warna yang sama pada balok draw 2.


Mengambil Balok Uno Stacko

Jika sudah ada pemain yang mengambil balok Uno stacko, itu pertanda permainan sudah dimulai. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pemain pada saat akan mengambil balok, diantaranya:

  • Jika pemain pertama telah mengambil balok yang memiliki simbo, maka pemain selanjutnya juga harus melakukan hal yang sama. Yaitu mengambil balok yang sama dengan pemain pertama.
  • Pemain selanjutnya harus mengikuti aturan yang yang sudah ditetapkan untuk setiap simbol.
  • Para pemain hanya diperbolehkan mengambil balok pada susunan paling bawah. Sedangkan balok pada susunan atas seperti pada susunan level ke 1,2 dan 3 tidak diperbolehkan untuk diambil oleh pemain siapapun.
  • Pemain pertama hanya boleh mengambil balok yang terdapat gambar angka. Dan tidak boleh mengambil balok yang mempunyai gambar simbol

Menentukan Pemenang

Sangat mudah sekali menentukan pemenang pada permainan ini. Pemain yang tidak meruntuhkan Menara balok sama sekali akan terus melanjutkan permainan. Jika pemain dapat bertahan hingga para pemain lain habis maka dialah yang akan menjadi pemenangnya.

Bagi pemain yang merobohkan susunan menar yang terdiri dari balok Uno Stacko, maka harus Menyusun dan menata kembali agar permainan dapat terus berlanjut sampai didapatkan pemenang.

Nah…seperti itulah cara bermain Uno Stacko yang bisa membuat hari-harimu menjadi lebih seru. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika melakukan permainan ini.diantaranya melatih kemampuan kognitif dan motorik  serta berani untuk mengambil keputusan guna meminimalisir sebuah kekalahan.


Baca juga: Game Online PC Terbaik Di 2021 Wajib Coba

Ayo langsung kamu coba ya permainan Uno Stacko bersama beberapa orang temanmu. Kamu bisa mendapatkan Uno stacko dengan cara membelinya melalui Blibli. Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot untuk membelinya ke tempat lain.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya