me

6 Cara Cek iPhone 13 Asli, Mudah dan Jitu Dijamin Anti Kena Tipu

Mar 18, 2024.By Jarvis
Bagikan

apple.com
6 cara cek iPhone 13 asli dengan mudah, dijamin nggak bakalan kena tipu-tipu

Cicilan 0% Gadget

Blibli Friends, pasti sudah tahu kasus tentang penipuan iPhone yang beberapa waktu lalu sempat viral dan hebohkan jagat maya, kan? Wah, memang semakin populer suatu brand, risiko pemalsuan juga makin tinggi. Termasuk Handphone & Tablet dari brand asal Amerika Serikat, Apple. Nah, agar kamu nggak jadi korban, kenali gimana cara cek iPhone 13 asli berikut, yuks!

Baca juga : 


Cara Cek iPhone 13 Asli: Periksa Box Kemasan

Cara Cek iPhone 13 Asli Periksa Box Kemasan
voi.id

Pertanyaan, Bagaimana saya tahu jika iPhone 13 saya asli?, banyak diajukan mereka yang belum mengenal produk smartphone satu ini. Padahal nggak terlalu sulit untuk memeriksa keasliannya. Cara pertama adalah dengan melihat kotak boks kemasan iPhone. Box kemasan iPhone ORI memiliki bentuk kecil dengan desain compact dan minimalis serta bersih.

Memang produsen iPhone seri 13 abal-abal berjuang keras meniru kotak kemasan asli dengan baik. Tapi mereka nggak bisa mendapatkan material premium. Bahkan nggak sedikit kemasan yang nggak disertai dengan logo Apple. Dari sini seharusnya kamu tahu bahwa itu bukan produk asli. Cek juga palet warna pada kemasan dan jangan lupa periksa nomor IMEI-nya, ya.

Cara Cek iPhone 13 Asli: Periksa Tampilan Fisik

Cara Cek iPhone 13 Asli Periksa Tampilan Fisik
indianexpress.com

Tampilan fisik juga bisa jadi salah satu Cara cek iPhone 13 asli atau tidak? Hal pertama yang perlu diperiksa dari tampilan fisik iPhone adalah bezel pada layar. Apple memberikan bezel dengan bentuk yang seragam untuk iPhone X ke atas, termasuk generasi ke-13 yang dirilis pada 2021. Desain bezel bawahnya agak tipis, sehingga memberikan kesan elegan dan simple.

Sedang pada iPhone 13 KW, bezelnya agak tebal. Jangan pernah tergiur meski perangkat yang ditawarkan telah menggunakan layar jenis OLED. Selain bezel, kamu juga nggak perlu ragu lagi tentang Gimana cara cek iPhone 13 asli?, karena tinggal periksa bagian lain, yakni bentuk baut yang terletak di samping port Lightning.

FYI, hingga kini, cuma Apple yang pakai baut bentuk kembang di sisi tersebut dengan tujuan untuk menjaga agar sasis iPhone nggak terbuka ketika perangkat terkena suhu panas dari baterai dan memuai. Jumlah alur pada model baut yang digunakan ada 5. So, apabila kamu mendapati alur baut iPhone kurang atau lebih dari 5 buah, artinya itu produk palsu.

iPhone yang palsu bisa diketahui dari ciri lain, yakni port pengisian daya yang menggunakan USB Micro atau USB Type-C. Trik termudah mengeceknya adalah menyambungkan port tersebut dengan kabel Lightning Apple. Kalau nggak tersambung, nggak perlu ambil resiko beli HP iPhone 13 yang nggak asli, ya, Blibli Friends.

Dari desain bodi, nggak cuma bentuk dan ukuran bezel saja yang bisa jadi tanda apakah iPhone itu asli. Kalau begitu, Bagaimana cara mengetahui iPhone 13 saya asli atau palsu? Tinggal periksa langsung notch, frame hingga modul kamera. Pada model iPhone seri terbaru hanya menggunakan logam dan kaca, sehingga semakin memudahkanmu mengecek keaslianya.

Cara Cek iPhone 13 Asli: Periksa Kode IMEI

Cara Cek iPhone 13 Asli Periksa Kode IMEI
packagingguruji.com

Nggak ada yang lebih efisien untuk mengetahui apakah iPhone tertentu itu asli atau justru palsu dengan memeriksa kode IMEI yang terdiri dari 15 digit. Fungsinya adalah sebagai penanda unik pada iPhone original yang legal alias resmi. So, bisa dipastikan IMEI ini nggak pernah bisa berbohong. Jadi, nggak perlu ragu lagi, kalau IMEI sudah jelas menjadi cara cek iPhone 13 asli.

Lantas, iPhone 13 asli kode nya apa? Untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

Cek IMEI iPhone 13 lewat Sistem

  • Masuk ke menu Setting, lalu pilih opsi General dan ketuk About
  • Cari informasi tentang nomor IMEI iPhone 13 di menu
  • Nggak cuma bisa cek kode IMEI, cara ini juga bisa kamu pakai untuk memeriksa ICCID

Cek IMEI iPhone 13 lewat Bodi

IMEI juga tercantum di bodi iPhone, lho. Tapi untuk tahu iPhone 13 ori kodenya apa?, kamu harus membongkar casing bagian belakang handphone dan juga melepaskan baterai. Karena nomor IMEI tertera di dalam casing, tepatnya di dekat slot SIM card.

Cek IMEI iPhone 13 lewat Kode *#06#

Trik ini nggak cuma bisa dilakukan untuk HP iPhone 13 saja, tapi semua ponsel, lho, Blibli Friends. Caranya nggak sulit, kok. Yang perlu kamu lakukan adalah membuka menu Phone di smartphone, lalu tekan kode *#06#. Nggak butuh waktu lama, nomor IMEI akan muncul di layar.

Cek IMEI iPhone 13 lewat iTunes

Eits, jangan salah, iTunes nggak cuma untuk mengisi musik di iPhone, tapi juga bisa jadi cara cek iPhone 13 ori atau palsu. Untuk memeriksa kode IMEI pakai software asli buatan Apple ini pun nggak ribet, kok. Langsung saja koneksikan iPhone dengan PC yang terinstal iTunes.

Jika sudah tersambung, masuk ke menu Library pada iTunes. Dan data dari iPhone akan secara otomatis muncul di layar, termasuk kode IMEI yang jadi ciri keaslian handphone. Nah, setelah mengetahui berapa nomor IMEI, jangan lupa cocokkan dengan yang ada di kotak kemasan, ya. iPhone yang asli memiliki kode IMEI yang sama antara sistem, bagian fisik dan boks kemasan.

Cara Cek iPhone 13 Asli: Periksa iOS

Cara Cek iPhone 13 Asli Periksa iOS
digitaltrends.com

Keaslian iPhone bisa dicek dari sistem operasi yang bernama iOS. Sedangkan yang palsu, interface-nya saja yang tampak seperti iOS, tapi gimanapun elemen user interface nggak gampang ditiru. Coba perhatikan, saat kamu menyalakan iPhone asli dan diminta mengatur Apple ID, lalu yang muncul adalah tampilan akun Google atau lainnya, ini tiruan.

Lainnya, ketika kamu tekan ikon AppStore dan malah terbuka Google PlayStore, wajib waspada, karena ini ciri iPhone palsu, mengingat perangkat Apple cuma bisa menginstal aplikasi dari AppStore. Dan cobalah juga menekan, lalu menahan tombol Power hingga muncul asisten suara. Yang asli akan muncul Siri. Yang palsu munculnya Google Assistant atau Amazon Alexa.

Cara Cek iPhone 13 Asli: Periksa Kode iBox

ara Cek iPhone 13 Asli Periksa Kode iBox
digitaltrends.com

Apabila kamu memutuskan untuk beli iPhone bekas, ada hal penting yang perlu diperhatikan. Pastikan hanya pilih iPhone iBox yang dilengkapi kode khusus, bukannya iPhone inter. Nah, Apa kode iPhone 13 resmi iBox? Untuk iPhone iBox resmi Indonesia dilengkapi dengan kode PA/A, ID/A dan FE/A. Selain tiga kode ini artinya iPhone berasal dari luar negeri.

Cara Cek iPhone 13 Asli: Periksa Harga

Cara Cek iPhone 13 Asli Periksa Harga
youtube.com

Yang terakhir, cara mengecek apakah iPhone 13 itu asli atau enggak adalah dengan memeriksa harganya, Blibli Friends. Gimanapun harga produk yang asli nggak mungkin terlalu murah lebay. Jika kami sudah meragukan harganya di awal, sebaiknya pertimbangkan ulang membelinya. Dan agar nggak terjebak rayuan manis penipu, hindari membeli di tempat unofficial.


Baca juga : 

Blibli sekarang ada program Blibli Gadget Cicilan 0%, lho. Jadi kamu bisa dapatkan gawai impian, termasuk iPhone 13, tanpa cara cek iPhone 13 asli atau enggak, karena Blibli menjamin produk yang dijual adalah original. Selain itu, nggak perlu lagi mati-matian nabung sampai mengurangi jatah makan, karena nyicil handphone di Blibli bebas bunga sampai 24 bulan.

Tag: