me

10 Brand Outdoor Lokal Terbaik untuk Petualang Sejati

Jan 13, 2022.By Nadine
Bagikan

Image Source: instagram.com/consinaofficial

Brand Outdoor Lokal Terbaik – Mungkin bagi orang yang nggak suka berpetualang akan bertanya-tanya, “Apa sih enaknya beraktivitas di alam bebas? Sudah capek, berisiko cedera sampai harus keluar biaya banyak pula.” Memang pertanyan-pertanyaan semacam itu adalah satu hal yang lumrah, akan tetapi bagi orang yang suka berpetualang di alam bebas akan berpendapat bahwa ada kenikmatan sendiri yang nggak dapat diungkapkan.

Untuk menjelajah liarnya alam, maka kamu harus mempersenjatai diri dengan apparel atau gear-gear khusus untuk petualangan, bukan? Nah, berikut ini ada 10 brand outdoor lokal terbaik yang nggak kalah dengan brand-brand luar negeri yang sudah terkenal. Apa saja ke-10 brand itu? Simak berikut daftarnya.

Baca Juga: Suka Traveling sambil Melakukan Outdoor Activities? Ini Rekomendasi Destinasi Lokal dari Travel Blogger!

__________________________________________________

  1. Eiger

Sekilas memang namanya cukup “Eropa” dan terkesan merupakan brand outdoor dari luar negeri. Tapi siapa sangka jika Eiger ini adalah brand sekaligus merek dagang asli Indonesia. Ya, Eiger dengan nama perusahaan resminya PT Eigerindo Multi Produk Industri menjadi salah satu produsen pionir yang membuat dan merilis produk-produk khusus untuk aktivitas luar ruangan atau alam bebas.

Berasal dari Kota Kembang, Bandung, Eiger sekarang ini sudah menjajaki pasar dunia. Mulai merilis produknya di tahun 1979 dengan target pasar lokalan Bandung saja, kini cabang Eiger sudah dapat ditemui di beberapa negara Asia. Produk paling banyak diminati adalah tas dengan berbagai jenis serta ukuran, jaket sampai dengan yang paling umum adalah sandal gunungnya.

  1. Consina

Seperti halnya Eiger, Consina adalah sebuah brand atau merek peralatan dan pakaian yang digunakan untuk berbagai aktivitas di luar ruangan atau di alam bebas. Brand satu ini memang mirip dengan nama brand luar negeri, tapi pada kenyataannya Consina adalah asli Indonesia. Ide awal berdirinya brand ini didasari dari perbedaan harga produk lokalan dan yang buatan luar negeri.

Akhirnya berawal dari keisengan membuat waist back dan kemudian berlanjut ke backpack dan bodypack, siapa sangka Consina mulai kebanjiran pesanan. Mulai dari hanya di kalangan teman lalu pasar lokalan saja, akhirnya Consina berhasil bersaing di pasar Nasional sampai Internasional. Produk paling laris adalah jenis-jenis tas mulai dari tas pinggang sampai ransel.

  1. Cartenz Tactical

Seperti namanya, Cartenz Tactical mengadopsi nama sebuah gunung dengan ketinggian 4884 Mdpl di Papua, yaitu Carstensz Pyramid atau Cartenz atau Gunung Jaya Wijaya. Sedangkan kata “Tactical” sendiri makna bahwa untuk dapat mendaki sampai puncak Cartenz, maka dibutuhkan taktik dan strategi khusus. Oleh karenanya, sang pencipta brand menamai produknya dengan nama Cartenz Tactical.

Ada cukup banyak produk-produk dari Cartenz Tactical yang sangat populer dan menjadi buruan para pencinta alam atau orang-orang yang gemar beraktivitas di alam bebas. Mulai dari sepatu hiking, jaket tebal, tas ransel sampai dengan gear-gear survival khusus disediakan untuk para Cartenzsquad atau sebutan bagi para pengguna dan pencipta produk Cartenz Tactical.

  1. Arei Outdoorgear

Arei Outdoorgear juga merupakan brand lokal yang produk-produknya tak kalah hebat dengan brand lokal lain atau yang buatan dari luar negeri. Brand satu ini didirikan oleh Billy Andrias kali pertama pada tahun 2005. Pada waktu itu, Billy mengamati produk lokalan desainnya monoton, oleh karenanya dia ingin tawarkan warna baru melalui Arei Outdoorgear.

Sesuai dengan visinya, Arei Outdoorgear hadir untuk memberikan nuansa baru berupa produk outdoor yang berkualitas akan tetapi tetap stylish ketika dikenakan. Cukup banyak produk keluaran Arei Outdoorgear yang bagus dan populer, terutama sandal gunung, tenda dan tas ransel berbagai ukuran. Material yang digunakan pun bagus sehingga mendukung aktivitas luaran tetap lancar.

  1. Gravell

Jika kamu searching di Google, akan ada 2 nama brand yang bakal muncul, yaitu Gravell dan Gravel. Manakah yang mempunya produk outdoor, tentu saja yang ada huruf “L” double di belakang atau Gravell. Brand satu ini adalah merek lokalan yang didirikan kali pertama di Jakarta oleh seorang pencinta hiking, Tomi Sugianto.

Dari awal, Gravell sendiri fokus pada pembuatan tas-tas untuk aktivitas luar ruangan atau di alam bebas. Salah satu produk tas-nya yang paling populer adalah carrier Sangkareang. Semua produk tas buatan Gravell memiliki mutu dan kualitas yang tinggi dan nggak kalah dengan produk buatan produsen lainnya.

  1. Claw 

Berdiri pada tahun 1999, Claw atau Claw Feel Free adalah brand lokal yang juga memproduksi apparel, gear dan semua yang digunakan untuk aktivitas luar ruangan atau alam bebas. Di awal bisnisnya, Claw fokus memproduksi sepatu khusus untuk hiking dan panjat tebing. Semua produk sepatu yang diciptakan sangat berkualitas.

Walaupun di awal penjualan setiap produknya cukup murah dibandingkan dengan kebanyakan produk outdoor lainnya, akan tetapi kualitasnya tidak boleh dianggap remeh. Dari keuletan dan jam terbang tinggi, mulai dari yang awalnya menekuni pasar lokalan, akhirnya Claw mulai merambah pasar luar negeri. Dan produk unggulan yang paling tinggi peminatnya adalah sepatu.

  1. Avtech

Hampir sama seperti kebanyakan pencipta brand outdoor lokal pada umumnya, Avtech juga didirikan oleh seorang pencinta aktivitas luar ruangan bernama Yudi Kurniawan. Awalnya, Yudi menciptakan produk-produk tersebut hanya untuk diri sendiri, namun kemudian dia mulai berpikiran untuk membisniskan hal tersebut. Dan ternyata produknya diterima di pasaran.

Keunggulan produk-produk Avtech adalah memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan yang diproduksi brand-brand luar negeri akan tetapi dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Kini produk Avtech dapat ditemui di berbagai kota besar di Indonesia dan juga sudah merambah pasar luar negeri. Produk yang paling banyak diminati adalah tas dan semua yang khusus untuk panjat tebing.

  1. Merapi Mountain

Seperti yang terlihat dari namanya, Merapi Mountain sudah dapat dipastikan merupakan brand outdoor yang berasal dari Indonesia. Hal itu dikarenakan pengambilan nama Merapi sendiri didasarkan dari 2 nama gunung yang ada di Tanah Air, yaitu Gunung Merapi di Jawa Tengah dan satu lagi di Sumatera Barat.

Produk utama yang diciptakan Merapi Mountain adalah tenda yang materialnya memang benar-benar kuat dan berkualitas serta model jahitannya yang bagus. Ditambah lagi bentuk desainnya juga aerodinamis sehingga mampu menahan terpaan angin. Selain produk tenda, produk Merapi Mountain yang banyak diminati lainnya adalah tas backpack dan sleeping bag.

  1. Mahameru

Seperti halnya Merapi Mountain dan Carsten Tactical, Mahameru Survival Soul atau Mahameru juga mengambil nama salah satu gunung di Indonesia. Brand asal Bandung ini didirikan pada tahun 2012 dan menjadi salah satu merk lokalan pemroduksi segala peralatan untuk aktivitas luaran yang paling muda. Walaupun begitu, bukan berarti produk buatan Mahameru kalah dengan produk lainnya.

Terbukti bahwa pada perhelatan PON XIX yang digelar di Jawa Barat, Mahameru menjadi penyedia kostum official untuk cabang olahraga panjat tebing. Mahameru memproduksi banyak alat sampai dengan pakaian untuk aktivitas di alam bebas. Produk yang paling banyak peminatnya adalah jenis tas, pakaian dan sleeping bag.

  1. Forester

Produk outdoor lokal yang terakhir adalah Forester atau Forester Adventure. Sama seperti Mahameru, Forester juga didirikan kali pertama di Bandung pada tahun 2004. Di awal pendiriannya, Forester hanya terfokus pembuatan tas outdoor berbagai jenis. Lantas seiring dengan berjalannya waktu, produk brand satu ini mulai bertambah dari mulai dari sepatu sampai dengan pakaian.

Tidak ingin kalah dengan produk dari brand-brand lainnya, Forester terus meningkatkan kualitas produk buatan mereka sehingga dapat bersaing di pasaran. Untuk produk-produk dari Forester yang cukup banyak peminatnya adalah jaket, tas selempang sampai dengan model backpack, sepatu dan kaos atau pakaian.

__________________________________________________

Baca Juga: Mau Naik Gunung? Ini Dia 5 Peralatan Hiking di Bawah 1 Juta yang Nggak Boleh Ketinggalan!

Nah, bagi kamu yang sedang ingin melakukan aktivitas di alam bebas tapi bingung mau beli produk dari brand apa, daftar 10 brand outdoor lokal di atas dapat kamu jadikan rujukan. Masih bingung juga mau membelinya di mana? Coba kunjungi Blibli, deh. Di toko online satu ini juga ada banyak produk dari brand-brand di atas kok. So, tunggu apa lagi?

DAPATKAN PROMO BANGGA LOKAL HANYA DI BLIBLI!