5 Alasan Dalgona Coffee Gagal, Pernah Ngerasain?

alasan dalgona coffee gagal

Alasan Dalgona Coffee Gagal — Sejak viral di Tiktok dan kemudian merambah ke channel media sosial lain, dalgona coffee telah menjelma menjadi salah satu minuman favorit masyarakat seluruh dunia. Bahan dan cara membuatnya yang sederhana pun makin membuat minuman yang berasal dari Korea Selatan ini sebagai teman setia menemani aktivitas work from home dan merupakan hasil dari hobi baru saat #DiRumahAja.

Walaupun bahan dan cara membuatnya sederhana, nggak sedikit juga orang gagal membuat dalgona coffee. Alih-alih tersaji segelas whipped coffee dengan susu dan es batu, karena beberapa alasan di bawah ini kamu malah cuma menuai keringat karena dalgona coffee kamu gagal.

Biar bisa nikmatin minuman yang lagi viral ini tanpa rasa menyesal, berikut 5 alasan dalgona coffee gagal. Dibaca sampai akhir, ya!

Baca juga: Fakta Masker Kain yang Boleh Digunakan Orang Sehat

————————–

Tidak Menambahkan Gula

Pada dasarnya, komposisi untuk membuat dalgona coffee adalah 1:1:1 untuk gula, kopi, dan juga air. Jika kamu nggak menambahkan gula pada adonan kopi kamu, niscaya akan membuat dalgona coffee kamu nggak mengembang. Mengapa? Sebab gula bermanfaat untuk proses pengembangan foam.

Terlalu Banyak Air

Adonan dalgona coffee yang kekurangan air akan membuat adonan encer dan foam jadi tidak mengembang sempurna. Suhu air untuk campuran adonan dalgona coffee nggak harus panas, lho, Blibli Friends. Kamu bisa juga menggunakan air dengan suhu ruangan. Oke?

Mengaduk dengan Alat yang Kurang Tepat

Mengaduk bahan-bahan kopi dan gula kamu menggunakan blender memang akan terdengar lebih cepat dibanding menggunakan sendok. Namun, perlu diperhatikan bahwa blender akan membuat bahan-bahan kopi dalgona kamu panas dan akhirnya gagal mengembang.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengaduk bahan-bahan dalgona coffee kamu dengan menggunakan whisk atau mixer. Atau jika kamu ingin sesuatu yang lebih menantang, kamu boleh lho mengaduknya menggunakan sendok.

Berhenti Mengaduk

Adonan sudah sesuai. Air yang digunakan juga sesuai petunjuk. Tapi kok dalgona coffeenya nggak mengembang? Mungkin salah satu alasannya karena poin ini. Untuk membuat tekstur dalgona coffee seperti whipped cream, diperlukan dedikasi untuk mengaduk secara terus-menerus, yang artinya kamu nggak boleh berhenti mengaduk selama adonan belum mengembang dan foam belum terbentuk.

Ya, memang benar. Salah satu nilai moral yang bisa diambil dari membuat dalgona coffee ini adalah sabar. Jadi, sing sabar, ya.

Salah Pilih Jenis Kopi

Last but not least, poin ini juga jadi hal yang krusial. Bahan-bahannya emang mudah sih, tetapi bukan berarti kamu asal pilih, ya Blibli Friends. Supaya Dalgona coffee kamu sukses sejahtera, sebaiknya hindari memilih kopi 3in1. Kopi jenis ini pada umumnya sudah dicampur dengan creamer dan gula. Padahal, bahan-bahan tersebut seharusnya disajikan terpisah.

Selain itu, hindari juga jenis kopi yang berampas. Kopi yang berampas hanya akan menghambat terbentuknya foam. Alhasil, dalgona coffee kamu malah melempem alias nggak mengembang. Maka dari itu, pilihlah jenis kopi hitam saja. Contoh produk kopi hitam instan yang bisa kamu pilih adalah nescafe classic.

Nescafe Classic
Nescafe Classic

 

————————–

Baca juga: Produk Vitamin C yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Nah, itu dia 5 alasan dalgona coffee gagal. Setelah membaca ini, semoga Dalgona Coffee kamu terus sukses, ya. Hmm, kira-kira minuman apalagi ya yang akan viral selanjutnya? Bisa tebak?

Temukan Beragam Produk Nescafe dengan Harga Terbaik di Sini!

Yunita Dwi

Loves to run, sing, eat, and joget Korea.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY