Yuk Lakukan 3 Hal ini Pada Eksterior Untuk New Normal

Summer Car Washing. Cleaning Car Using High Pressure Water.

Dalam masa new normal atau yang saat ini juga disebut sebagai PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) transisi, menjadikan kegiatan mobilitas masayarakat mulai bergeliat. Mobil pribadi sebagai salah satu transportasi terbaik dalam situasi sekarang ini pun bisa dipakai seperti sedia kala lagi.

Namun karena beberapa waktu lalu mobil pribadi banyak yang lebih sering diam di garasi karena PSBB, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika hendak dipakai normal lagi. Bagian eksterior jadi sektor paling mudah terlihat efek dari mobil yang lama tak dipakai.

Mulai dari debu yang menumpuk, bahkan baret di permukaan bodi, karat hingga jamur di kaca jadi hal yang normal didapati pada mobil yang jarang jalan saat PSBB. Untuk itu, Anda perlu mengecek dan mengatasi berbagai masalah di eksterior tersebut sebelum mulai aktivitas lagi pakai mobil kesayangan.

Pihak Suzuki membagikan kiat khusus mengembalikan tampilan bodi atau eksterior supaya keren lagi seperti sedia kala. Berikut adalah tipsnya.

  1. Menghilangkan goresan bodi

Goresan pada bodi mobil kadang sulit dihindari meski saat berada diam di garasi atau parkir di rumah saja karena berbagai hal. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa cuci mobil terlebih dahulu di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung, lalu gunakan compound untuk menghilangkan coretan dan baret halus pada bodi. Gosok bagian tersebut menggunakan kain micro fiber atau busa halus secara melingkar dengan tekanan sedang sampai goresan tidak terlihat. Setelah itu, oleskan wax dengan busa halus untuk menyempurnakan hasil compound. Ulangi proses hingga mencapai hasil yang diinginkan.

  1. Mencegah bodi mobil berkarat

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah karat di eksterior adalah menghindari parkir terlalu lama di tempat lembap. Segera cuci, terutama bagian bawah mobil jika terkena hujan, periksa karet atau list penahan air di kaca pintu dan segera ganti jika karet sudah bocor atau tidak lentur, serta segera bersihkan pelat dengan bensin supaya tidak timbul karat jika ada goresan dalam atau cat mengelupas sampai pelat bodi.

CEK PILIHAN SHAMPO MOBIL LENGKAP DI SINI

  1. Merawat kaca supaya tidak mudah berjamur

Jika tidak dirawat dengan baik atau didiamkan dalam waktu lama, kaca mobil dapat ditumbuhi jamur yang disebabkan sisa air kotor yang menempel pada kaca dan menjadi bercak dan berbekas saat kering. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mengeringkan kaca dengan sempurna setelah mencuci mobil. Jangan biarkan bercak air menempel dan kering dengan sendirinya. Selain itu, lakukan pembilasan dengan air bersih jika mobil terkena air hujan atau air kotor. Jika kaca mobil terlanjur berjamur, lap kaca menggunakan alkohol dan gosok dengan kapas, ulangi proses tersebut hingga kaca mobil Anda benar-benar bersih dari jamur.

CEK PRODUK PEMBERSIH KACA MOBIL DI SINI

Fransiskus Prakoso

internet, camera & automotive enthusiast, sometimes sunday morning ride. 🙂

Latest posts by Fransiskus Prakoso (see all)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY