Barang jadul tak selalu berarti kuno dan ketinggalan zaman. Di tangan-tangan terampil, barang berpenampilan jadul justru berubah menjadi barang klasik bernilai tinggi. Barang yang berumur tua, terkadang memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding barang baru. Salah satu contohnya barang koleksi kuno, misalnya ukiran kayu jati Jepara. Makin lama usianya, makin jadul, dan punya kekhasan bentuk unik, kalau dilirik kolektor seni, bisa jadi nilainya sangat tinggi.

Barang kerajinan memang seperti itu, berumur tua atau memiliki aura jadul juga bisa mendongkrak nilainya. Di Indonesia, terdapat banyak perajin kreatif yang bisa menyulap bahan-bahan biasa menjadi barang bernilai seni tinggi seperti ini. Berikut ini beberapa kerajinan bergaya vintage yang mempunyai nilai tinggi yang layak dikoleksi atau dijadikan cendera mata. Ingin mengenang masa lalu dan membawanya jadi sesuatu yang bernilai kekinian? Coba saja koleksi beberapa benda berikut:

Bingkai fotobingkai foto

Meskipun zaman sudah serba digital, tapi bingkai foto dan pigura sepertinya tak tergantikan kedudukannya. Sekarang ini bingkai foto bergaya jadul kembali naik daun. Salah satu bingkai super keren yang bisa kamu pajang di kamar atau ruang tamu adalah bingkai berbahan kayu dari bongkahan kapal nelayan seperti ini. Kualitas produk pasti terjamin, karena perahu selalu menggunakan bahan kayu terbaik.

Miniatur wayangminiatur wayang

Β Wayang diakui sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia oleh UNESCO. Kerajinan wayang tentu saja layak untuk dijadikan koleksi penghias ruang tamu. Miniatur wayang, baik berbahan kulit atau berbahan kayu bisa dijadikan pilihan untuk melengkapi dekorasi ruang tamu atau ruang keluarga. Ruanganmu jadi terkesan klasik dan menarik, plus jadi ikut melestarikan kecintaan pada budaya Indonesia kan?


BACA JUGA Ubah Handphone Cantik dengan Motif Batik


Topeng

topengTopeng adalah bagian dari seni budaya Nusantara yang sudah berumur ratusan tahun. Beberapa jenis topeng Nusantara seperti topeng Jawa, topeng Bali, topeng Kalimantan, dan topeng Asmat menjadi incaran kolektor dari dalam dan luar negeri. Topeng Indonesia menjadi incaran kolektor, karena memiliki nilai seni tinggi. Kamu juga bisa menghiasi meja kerja dengan topeng yang sekaligus bisa untuk meletakkan pulpen kesayangan. Jadi makin cinta Indonesia ya…

Radio Jadulradio jadul

Β \Masih ingat radio jadul dengan gelombang MW atau SW? Atau jangan-jangan kamu sudah tidak mengenal radio kotak kayu dengan dua gelombang tersebut. Bila ingin bernostalgia dengan radio kayu jadul yang unik dan sangat cocok untuk dijadikan pajangan, kamu bisa memilih radio yang satu ini. Meski terkesan tua, radio unik ini juga punya fungsi menangkan siaran FM dan AM, seperti radio pada umumnya.

Jadi, tak perlu kaget kalau temanmu mendengar radio jadul memutar lagu Justin Bieber dan kagum dengan bentuk klasik radio ini. Ingin punya seperti ini, beli saja di Blibli. Ada beberapa koleksi lawas yang bisa kamu dapatkan dengan cicilan ringan 0%. Nggak perlu repot, buka apps Blibli, langsung pilih mana yang menarik hati, bayar, radio unik ini akan segera datang tanpa ongkos kirim ke rumahmu. Keren kan?

Yuk, makin cintai Indonesia dengan berbagai koleksi klasik tadi.

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends πŸ™‚
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY