Anti-mainstream: Ikut Wisata Kota Jepara ke 6 Tempat Ini, Yuk!

Pasti kamu udah tahu, dong, sebutan Bumi Kartini itu ditujukan ke Kota Jepara, kota kelahiran R. A. Kartini? Meski nggak seterkenal kota wisata lainnya di Pulau Jawa, kamu bisa menemukan berbagai tempat wisata indah di Bumi Kartini, lho! Mulai dari wisata air hingga wisata sejarah bisa kamu lakukan di sini.

Kota Jepara cocok banget buat kamu yang anti-mainstream. Kamu bisa menikmati keindahan alam tanpa kebisingan. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan kerajinan kayu jatinya, lho! Terlebih lagi, biaya ke 6 tempat ini murah banget. Penasaran? Yuk, baca 6 rekomendasi tempat wisata kota Jepara di bawah ini!

1. Pantai Bondo alias Pantai Ombak Mati

wisata kota jepara
Via – @r.ndaaa

Ingin melepas stres dengan memandangi lautan? Kamu bisa kunjungi Pantai Bondo yang terkenal dengan sebutan Pantai Ombak Mati ini. Sebutan Pantai Ombak Mati itu diberikan karena di pantai ini kamu nggak akan menemukan ombak sama sekali. Jadi, lautan seakan-akan “mati” dan yang tersisa hanya keheningan dan ketenangannya saja.

Jaraknya memang agak jauh dari Kota Jepara, tapi suasana dan keindahan di sini bakal bikin kepala kamu enteng. Pantai Bondo terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri. Dari pertigaan Pantai Bandengan lurus terus sampai ke pertigaan Mlonggo. Kemudian belok kiri dan lurus terus sampai pertigaan Pantai Bondo, ke kiri Pantai Bondo dan ke kanan PLTU.

Sambil menikmati alam, sepedaan di pantai berpasir putih ini dijamin rasa penat di pikiran kamu bisa terangkat.

Estimasi biaya:
Tiket: gratis
Penginapan: Rp150.000,00 – Rp500.000,00

2. Pantai Pungkruk dengan kualitas seafood terbaik

wisata kota jepara
Via – Tic Jepara

Berkunjung ke pantai, kurang lengkap rasanya kalau nggak makan hidangan seafood. Apalagi kalau pemandangannya indah. Rasanya pingin hidup ratusan tahun buat menikmati sajian seafood segar yang ditangkap langsung oleh para nelayan setempat.

Bahkan, jika kamu ingin pengalaman berkuliner yang lebih unik, setelah berkendara sejauh 7 km dari Jepara, kamu bisa menikmati seafood lezat di tengah laut! Kamu bisa masuk ke Pantai Pungkruk lewat Pantai Bandengan, juga. Oh, ya, jangan lupa bawa tisu dan hand sanitizer biar bau ikannya nggak ikut pulang!

Estimasi biaya:
Tiket: Rp5.000,00/dewasa dan Rp2.000,00/anak (hari biasa) Rp7.000,00/dewasa dan Rp3.000,00/anak (akhir pekan/libur)
Penginapan: Rp150.000,00 – Rp500.000,00

3. Pantai Tirto Samudro, Bandengan

wisata kota jepara
Via – Blognya Rudy Faishol

Sedikit berbeda dari dua pantai sebelumnya, pantai yang hanya sejauh 15 menit dari pusat Kota Jepara ini cukup ramai pengunjung. Nggak heran, sih, karena di Pantai Tirto Samudro ini kamu bisa menyaksikan perlombaan motocross dan paralayang tingkat internasional dengan biaya tiket hanya Rp10.000,00/dewasa dan Rp7.000,00/anak.

Selain itu, kamu bisa melakukan banyak kegiatan olahraga air di pantai “Kuta”-nya Jepara ini. Terlebih lagi, pantai ini dekat dengan Pantai Ujung Ngelom yang punya sunset yang indah dan jauh dari keramaian pengungjung. Pokoknya, romantis banget untuk kamu yang berkunjung dengan pasangan! Jangan lupa bawa kamera underwater, ya!

Estimasi biaya:
Tiket: Rp5.000,00/dewasa dan Rp2.000,00/anak (hari biasa) Rp7.000,00/dewasa dan Rp3.000,00/anak (akhir pekan/libur)
Penginapan: Rp180.000,00 – Rp600.000,00

4. Museum R. A. Kartini

wisata kota jepara
Via – @ayo_liburan

“Jasmerah: jangan sekali-kali melupakan sejarah!” Makanya, mumpung ada kesempatan mengunjungi Jepara, jangan lupa singgah Museum R. A. Kartini di Kabupaten Jepara. Untuk ke sana, kamu bisa menyetir ke arah kantor bupati Jepara dan 600 meter selanjutnya dari arah Semarang kamu akan menemukan museum Kartini.

Selain menampilkan benda bersejarah milik R. A. Kartini, kamu juga bisa menemukan benda bersejarah Jepara serta peninggalan kakak kandung R. A. Kartini, yakni R. M. P. Sosrokartono. Kakak kandung Kartini sendiri dahulu terkenal dengan kemampuannya menyembuhkan penyakit hanya dengan air putih, lho. Beliau juga yang menjadi wartawan Indonesia pertama yang memotret gunung dari udara. Keren banget, bukan?

Museum ini terdiri dari 3 bangunan, K, T, dan N. Di bangunan T, ada kerangka ikan raksasa yang dijuluki “Joko Tuwo”. Ikan raksasa yang panjangnya lebih dari 16 meter ini ditemukan terdampar di pantai Karimun Jawa pada April 1989. Dan kebetulan hari lahir R. A. Kartini juga di bulan April, lho. Hmm, ada apa dengan bulan April dan Jepara, ya? Yang hebat-hebat munculnya bulan April!

Estimasi biaya:
Tiket: Rp1.000,00 (hari biasa) dan Rp1.500,00 (akhir pekan/libur)
Penginapan: Rp150.000,00 – Rp600.000,00

5. Benteng Portugis

wisata kota jepara
Via – @nidyas_sujadi

Sejauh 45 km dari Kota Jepara berbatasan dengan Kabupaten Pati, ada Benteng Portugis yang masih indah banget meski sudah berusia sangat tua. Dari atasnya, kamu bisa melihat Pulau Mandalika yang eksotis banget. Kamu juga bisa melihat selat yang dipercayai memiliki pusaran air yang dahulu bikin takut bangsa Portugis, lho. Biar nyaman naik-turun benteng, pakai sepatu lari, ya.

Estimasi biaya:
Tiket: Rp3.000,00 untuk dewasa dan Rp2.000,00 untuk anak-anak (hari biasa) Rp5.000m,00 dan Rp3.000,00 untuk anak-anak (akhir pekan/libur)
Penginapan: Rp150.000,00 – Rp600.000,00

6. Pulau Karimun Jawa

wisata kota jepara
Via – Karimunjawa

Satu tempat lagi tempat wisata kota Jepara yang nggak boleh ketinggalan adalah Pulau Karimun Jawa. Kamu bisa naik pesawat dari Semarang atau kapal dari Pelabuhan Kartini, Jepara ke Karimun Jawa. Tapi, kalau kamu mau lebih mudah, pergi bareng travel aja! Nggak semahal berlibur di Bali, kok.

Di sana, kamu bisa menikmati sensasi berenang bersama anak ikan hiu, lho. Tenang, kamu nggak perlu khawatir karena ikan-ikan hiu ini nggak akan menggigit selama kamu bersikap tenang dan nggak berusaha menangkap mereka. Bagaimanapun juga, mereka makhluk yang suka kebebasan!

Estimasi biaya:
Tiket: Rp25.000,00 (penangkaran hiu)
Kapal: Rp60.000,00 – Rp150.000,00
Pesawat: Rp260.000,00 – Rp300.000,00
Penginapan: Rp500.000 – Rp2.000.000,00

Nggak bohong, kan, kalau tempat-tempat wisata kota Jepara sangat indah, seru, dan anti-mainstream! Nama Jepara bukan hanya terkenal gara-gara ukiran yang keren, karena ada banyak keindahan alam serta kearifan lokal yang pasti akan membuat kamu bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia.

Sebelum wisata kota Jepara di atas makin mainstream dan biayanya melejit, kamu harus coba sekarang! Buang rasa ragu dan segera kunjungi Blibli.com yang punya tiket murah ke Jepara. Nggak hanya murah, tiket ini bisa dicicil dengan bunga 0%! Mau dibayar dengan cara apa pun juga bisa. Setelah pesan, tiket langsung dikirim ke alamatmu tanpa ongkos kirim.

Biar lebih ringkas, lebih baik kamu naik pesawat, kereta, atau bus kemudian sewa mobil untuk berkeliling Jepara. Murah, kok. Mulai dari Rp300.000,00 kamu dan keluarga atau teman-teman udah bisa jalan-jalan di Jepara.

Tunggu apa lagi? Jangan lupa oleh-olehnya, ya!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY