me

10 Tempat Wisata Kintamani Bali

May 06, 2024.By
Bagikan

traveltriangle.com
Tempat wisata Kintamani Bali yang oke untuk dikunjungi.

Wisata Kintamani Bali — Siapa, sih yang bisa menyangkal keindahan Pulau Dewata? Tempat ini memang surga buat wisatawan karena memang banyak banget yang bisa dinikmati. Nah, selain Kuta masih banyak, lho daerah lain yang juga kaya akan dengan tempat wisata. Salah satunya adalah Kintamani yang berada di Kabupaten Bangli, di bawah Gunung Batur.

Kawasan yang berjarak kurang lebih dua jam dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ini pas banget buat kamu yang bosan dengan hiruk-pikuk Jimbaran, Legian atau Sanur. Kintamani menawarkan suasana pegunungan dengan udara yang sejuk dan suasana pedesaan yang bisa membuatmu mengenal budaya Bali lebih dalam. Cocok sebagai tempat untuk sejenak lepas dari rutinitas.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Jepang, Mana yang Jadi Pilihanmu?


Rekomendasi Tempat Wisata Di Kintamani

Lalu ada apa saja, sih di Kintamani? Yuk, simak dulu rekomendasi tempat wisata Kintamani yang berikut sebagai destinasi liburanmu selanjutnya.

1. Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur
expedia.co.id

Berkunjung ke Pulau Dewata khususnya ke Kintamani kurang lengkap jika belum menyambangi Pura Ulun Danu Batur. Pura yang berlokasi di jl. Pendakian Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli ini merupakan salah satu tempat paling ikonik di Kintamani.

Panoramanya cantik banget karena berada di atas danau dan berlatar belakang Gunung Batur yang asri. Mirip dengan dengan Pura Danau Beratan yang ada di Bedugul. Selain pura, di tempat ini kamu juga bisa melihat Candi Bentar dan bangunan lainnya dengan detail indah.

2. Danau Batur

Danau Batur
phinemo.com

Rekomendasi berikutnya adalah Danau Batur yang berada di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani. Danau ini adalah danau terbesar di Bali yang dulunya terbentuk dari letusan Gunung Batur. Kedalaman danau yang mencapai 65 m dan warna airnya yang bisa berubah karena kandungan belerang membuat danau Batur terlihat makin cantik.

Jika ingin sensasi beda, coba untuk mengitari danau dengan kano sambil menikmati pemandangan. Di Danau Batur kamu juga bisa memancing sambil menikmati udara yang sejuk.

3. Gunung Batur

Gunung Batur
klook.com

Walaupun nggak setinggi Gunung Agung, tapi mendaki Gunung Batur yang punya ketinggian 1.717 mdpl bisa menjadikan liburanmu makin menyenangkan dan seru. Di puncak gunung, selain menunggu matahari terbit kamu juga bakalan disuguhi pemandangan Danau Batur yang sangat cantik.

Gunung Batur yang berlokasi di Batur Selatan, Kecamatan Kintamani ini sampai sekarang masih tercatat sebagai gunung berapi aktif. Namun hal ini membuat Gunung Batur makin eksotis dan menarik untuk dikunjungi.

4. Sukawana Sunrise Spot

Sukawana Sunrise Spot - wisata kintamani bali
liburanyuk.co.id

Buat para pengejar matahari, Sukawana Sunrise Spot nggak boleh terlewat dikunjungi. Di tempat ini nggak hanya bisa merasakan hangatnya sinar matahari pagi, tapi kamu juga bakalan disuguhi pemandangan memukau yang dijamin membuatmu betah.

Banyak spot cantik yang bisa dijadikan latar untuk mengabadikan gambar diri. Jika takut nggak bisa bangun pagi, bisa camping atau glamping di sekitar area. Lokasinya ada di Jl. Pura Penulisan, Balingkang, Desa Sukawana, Kintamani.

5. Hutan Pinus Glagah Linggah Lestari

Hutan Pinus Glagah Linggah Lestari
superlive.id

Mau foto-foto cantik berlatar hutan pinus? Berkunjung ke hutan pinus Glagah Linggah Lestari adalah solusi tepat. Lokasinya mudah ditemukan, lho karena nggak jauh dari rumah penduduk. Tepatnya di Manikliyu, Kecamatan Kintamani.

Sambil berjalan kaki kamu bisa menikmati suasana pedesaan yang asri dan udaranya sejuk. Di tempat ini kamu juga bisa mendengarkan suara kicauan burung dan serangga yang sangat jarang bisa terdengar di kota.

6. Desa Trunyan

Desa Trunyan
id.hotels.com

Jika ingin merasakan pengalaman liburan yang beda bisa berkunjung ke desa Trunyan yang berlokasi di Kecamatan Kintamani, Bangli. Desa ini menjadi desa yang ikonik di Bali karena memiliki tradisi pemakaman yang unik.

Kamu bisa menyaksikan tradisi pemakaman yakni jenazah nggak dikubur atau dibakar tapi dibaringkan di tanah dan di bawah pohon yang sudah berumur ribuan tahun. Uniknya walaupun hanya ditutup dengan ancak saji dari dedaunan dan bambu, jenazah nggak mengeluarkan bau busuk.

7. Desa Pinggan

Desa Pinggan
sunshineseeker.com

Desa Pinggan di Kecamatan Kintamani adalah pilihan tepat jika kamu suka kemping di tempat yang asri dan berudara sejuk. Di Desa Pinggan yang lokasinya berada di ketinggian 1.300 mdpl kamu bisa menikmati sunrise, sunset, area persawahan yang berkabut dan awan pagi yang menakjubkan.

Berkunjung ke desa yang sering disebut desa di atas awan ini pastikan untuk membawa jaket yang cukup tebal karena udaranya cukup dingin. Terkadang bisa mencapai 16-18 derajat Celcius.

8. Gunung Abang

Gunung Abang - wisata kintamani bali
klook.com

Selain Gunung Batur, di kawasan Kintamani juga terdapat Gunung Abang yang menarik untuk dikunjungi. Memiliki ketinggian 2.151 mdpl, mendaki Gunung Abang yang berlokasi di Desa Abangsongan, Kintamani akan memberikan pengalaman pendakian yang cukup menantang.

Dari puncak gunung kamu bakalan dimanjakan pemandangan Danau Batur yang cantik. Namun pastikan mempersiapkan mental dan fisik yang prima sebelum mendaki Gunung Abang.

9. Toya Bungkah

Toya Bungkah - wisata kintamani bali
expedia.com

Jika suka menikmati pemandian air panas maka Toya Bungkah bisa dikunjungi. Toya Bungkah bersumber dari mata air panas alami dari Gunung Batur. Jadi air di pemandian ini mengandung belerang yang juga dipercaya bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit.

Suasana nyaman yang bisa bikin rileks serta pemandangan sekitarnya yang masih alami membuat Toya Bungkah nggak pernah sepi pengunjung. Tertarik berkunjung ke tempat ini? Lokasinya ada di dekat kaki Gunung Batur atau tepatnya di Desa Pekraman Batur, Kabupaten Bangli.

10. Museum Geopark Batur

Museum Geopark Batur - wisata kintamani bali
ppsdm-geominerba.esdm.go.id

Selain pemandangan alamnya yang memanjakan mata, saat mengunjungi ke Kintamani jangan lupa mampir ke Museum Geopark Batur. Merupakan museum unik dengan konsep geopark yang menampilkan beragam pemeran geologi , sejarah dan budaya. Walaupun dari luar bangunan museum terlihat biasa, namun begitu masuk kamu akan disambut suasana yang nyaman, tenang dan bersih.

Museum yang berlokasi di Jl. Raya Penelokan, Kecamatan Kintamani, Bangli ini memiliki tiga tema ruangan. Yakni ruang kebumian, ruang kebudayaan dan keanekaragaman hayati. Berkunjung ke Museum Geopark Batur kamu juga bisa mempelajari pembentukan gunung berapi, tipe letusan, material hasil letusan dan lainnya.


Baca Juga: Panduan Wisata Surabaya Night Zoo

Dari 10 tempat wisata Kintamani Bali seperti di atas, mana yang menarik minatmu untuk dikunjungi? Nah, biar acara liburan makin asyik dan nggak ribet bisa banget ambil paket tour Indonesia Tengah bersama Blibli. Pilihan destinasi wisata ada banyak dengan harga bervariasi yang bisa disesuaikan dengan bujet.

Kamu hanya perlu klik Blibli dan semua dijamin beres. Prosesnya nggak pakai ribet dan nggak pakai lama dengan metode pembayaran yang bisa dipilih yang paling memudahkan. Tunggu apalagi, segera berlibur bersama Blibli. Apalagi antara bulan Juli – November adalah waktu paling pas untuk menikmati keindahan alam di Indonesia Tengah, lho.

Tag: