me

Wisata Kanal Amsterdam: Sejarah, Harga Tiket, dan Tempat Menarik Sekitarnya

May 06, 2024.By Nadine
Bagikan

Yuk, simak hal-hal menarik di wisata kanal Amsterdam. / hotels.com

Wisata Kanal Amsterdam — Apakah Blibli Friends tertarik untuk berwisata ke Belanda? Salah satu kota yang wajib untuk kamu kunjungi ketika berada di negara tersebut adalah Amsterdam. Ada banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa kamu pilih selama berada di kota ini. Salah satu alternatif wisata yang populer dan banyak diminati oleh para turis di kota ini adalah wisata kanal Amsterdam.

Sebagai salah satu kota yang memiliki ketinggian di bawah permukaan air laut, Amsterdam sangat memerlukan pengaturan air yang tepat. Tak heran jika hampir seperempat bagian dari kota ini merupakan kanal dan saluran air dengan panjang lebih dari 100 km lho. Kanal-kanal ini kemudian berkembang menjadi tempat wisata yang menyenangkan bagi para turis yang berkunjung.

Baca Juga: Yuk, Intip Apa Saja Hal Menarik yang Bisa Ditemukan di Van Gogh Museum Amsterdam


Bagaimana Sejarah Kanal Amsterdam?

amsterdam canal
Sumber: tripsavvy.com

Sejarah kanal Amsterdam dimulai pada abad ke-17. Pada tahun 1850, masyarakat di Kota Amsterdam mengalami krisis tempat tinggal yang cukup parah. Hal itu menimbulkan suatu ide yang cukup fantastis yaitu hidup di atas air. Solusi itu pun bisa terlaksana dan bisa kamu temukan hingga saat ini di Kota Amsterdam.

Kurang lebih terdapat 2500 rumah perahu yang kini ada di Amsterdam. Total terdapat 165 kanal dengan panjang lebih dari 100 km yang bisa Blibli Friends temukan di Kota Amsterdam. Kanal-kanal ii menjadi salah satu kebanggan bagi Kota Amsterdam. Nggak heran kalau negara kemudian mendaftarkannya ke UNESCO karena memiliki nilai budaya yang tinggi.

Akhirnya, hal tersebut bisa terwujud saat UNESCO meresmikan kanal di Kota Amsterdam sebagai salah satu warisan budaya dunia. Terdapat sekitar 1500 jembatan dan 1500 bangunan monumental yang bisa kamu lihat selama berwisata di kanal Amsterdam. Oleh karena itu, kamu harus memasukkan kanal Amsterdam sebagai salah satu daftar tempat yang harus dikunjungi.

Adanya kanal indah di kota ini membuat Amsterdam dijuluki sebagai Venesia dari utara. Kanal di Kota Amsterdam terdiri atas tiga cincin saluran air yang berbentuk setengah lingkaran dan kemudian dibagi dua oleh kanal-kanal kecil yang memancar dari arah tengah. Hal tersebut membuat kanal terbagi menjadi sekitar 90 pulau yang dihubungkan dengan jembatan-jembatan.

Harga Tiket, Alamat, Jam Buka Wisata Kanal Amsterdam

Sebelum memutuskan untuk melakukan wisata kanal di Amsterdam, pastikan Blibli Friends tahu informasi-informasi penting mengenai tempat wisata ini. Apa saja sih informasi penting yang harus kamu ketahui tentang kanal Amsterdam ini. Yuk, simak informasi mengenai harga tiket, alamat, dan jam buka wisata kanal Amsterdam berikut ini.

1. Harga Tiket Wisata Kanal Amsterdam

Salah satu informasi penting mengenai wisata kanal Amsterdam adalah harga tiket dari tempat wisata tersebut. Wisata kanal di Kota Amsterdam adalah salah satu kegiatan yang bisa Blibli Friends lakukan dengan harga yang cukup terjangkau. Nah, jika Blibli Friends ingin melihat pemandangan Kota Amsterdam yang memukau dengan harga yang terjangkau, wisata kanal inilah jawabannya.

Wisata kanal bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari €16 untuk penumpang 14 tahun ke atas. Penumpang yang dibawah umur 14 tahun, mendapatkan harga tiket yang lebih murah yaitu sekitar  €8 saja. Ini adalah tarif untuk wisata kanal sederhana dan termurah di Kota Amsterdam. Jika kamu ingin memilih wisata kanal dengan fasilitas lainnya, maka biaya yang dikeluarkan pun lebih besar.

Contohnya, untuk wisata kanal dengan pelayanan yang mewah bisa kamu dapatkan dengan harga €20 untuk penumpang 11 tahun ke atas. Sedangkan, untuk penumpang yang berumur 11 tahun kebawah, biaya tiket wisata kanal mewah ini adalah €12. Anda juga bisa melakukan wisata kanal dengan kapal pesiar dengan harga mulai dari €25 sampai €35 per orang.

Bukan hanya itu saja, Blibli Friends juga bisa menyewa kanal pribadi yang hanya berisi sekitar 10 penumpang saja. Harga untuk wisata kanal tipe ini dibanderol dengan harga €650. Blibli Friends bisa membeli tiket untuk wisata kanal ini secara online. Pemesanan tiket secara online akan menghindarkan kamu dari antrian panjang dan tentunya lebih praktis untuk dilakukan.

2. Alamat Wisata Kanal Amsterdam

Seperti yang diketahui, ada banyak kanal yang bisa kamu temukan di Amsterdam. Hal itu membuat banyak orang tertarik untuk melakukan wisata kanal untuk bisa melihat pemandangan kota yang indah dan memukau. Jika Blibli Friends tertarik untuk melakukan wisata kanal, maka kamu harus datang ke lokasi berkumpul untuk bisa masuk naik kanal tersebut.

Salah satu tempat berkumpul untuk bisa melakukan wisata kanal Amsterdam adalah Prins Hendrikkade 25, 1012 TM Amsterdam. Lokasi tersebut bisa kamu capai dengan mudah dan cukup strategis lho. Kamu hanya perlu menemukan Amsterdam Central Station lalu berjalan selama 3 menit hingga sampai ke lokasi tempat berkumpul untuk wisata kanal Amsterdam.

Biasanya, para wisatawan bisa naik cruise untuk melakukan wisata kanal yang sangat seru untuk dilakukan ini. Jika kamu ingin mendapatkan kesan romantis, maka pilihlah untuk naik cruise pada malam hari. Nuansa indah pada malam hari bisa menimbulkan kesan romantis terutama bagi kamu yang sedang bersama pasangan.

Namun, jika ingin melihat pemandangan kota Amsterdam dengan jelas, maka kamu bisa memilih untuk melakukan wisata kanal ini pada siang atau sore hari. Lokasi naik cruise yang gampang ditemukan, tentunya semakin memudahkan kamu untuk melakukan wisata kanal di Kota Amsterdam ini.

3. Jam Buka Wisata Kanal Amsterdam

Hal lain yang perlu Blibli Friends ketahui mengenai kanal Amsterdam adalah jam buka wisata ini. Pada dasarnya, kamu bisa menaiki kanal ini jam berapa pun tergantung dari tiket yang dibeli. Oleh karena itu, wisata ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang berada di Kota Amsterdam. Cara penukaran tiket wisata pun bisa dilakukan dengan mudah lho.

Loket penukaran tiket untuk wisata kanal ini bisa ditemukan dengan sangat mudah. Oleh karena itu, kamu tidak perlu kebingungan lagi ketika hendak menukarkan tiket yang sudah dibeli secara online maupun offline. Kamu bisa melakukan wisata kanal sesuai dengan waktu yang kamu inginkan. Blibli Friends bisa melakukan wisata ini pagi, siang atau malam hari lho.

Tempat Terkenal di Sekitar Wisata Kanal Amsterdam

Salah satu keunggulan dari wisata kanal yang ada di Kota Amsterdam adalah banyaknya tempat terkenal yang bisa kamu temukan di sekitarnya. Tentunya hal tersebut membuat kamu bisa dengan mudah menemukan destinasi wisata lain yang dekat dengan wisata kanal di Amsterdam. Ternyata cukup banyak tempat terkenal yang dekat dengan destinasi wisata kanal Amsterdam lho.

Jadi, kamu bisa langsung mengunjungi tempat-tempat terkenal tersebut setelah melakukan wisata kanal. Penasaran apa saja tempat terkenal yang dekat dengan wisata kanal Amsterdam? Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Museum Keju Amsterdam

museum keju amsterdam
Sumber: sworld.co.uk

Para pecinta keju wajib banget untuk mampir ke museum keju yang ada di Amsterdam. Lokasi museum ini cukup dekat dengan wisata kanal, sehingga kamu bisa mengunjungi kedua tempat ini sekaligus. Kamu bisa menemukan berbagai jenis keju yang unik dan menarik karena Belanda adalah salah satu negara produsen keju di dunia.

Anda bisa menemukan berbagai hal menarik jika berkunjung ke Museum Keju Amsterdam seperti toko yang menjual berbagai jenis keju terkenal di dunia, proses pembuatan keju Gouda, perkakas jadul untuk membuat keju, dan berbagai hal menarik lainnya.

2. Museum Tulip

Museum menjadi salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selama liburan ke Eropa. Jika Blibli Friends berada di Amsterdam, museum tulip merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Pasalnya, museum tulip mampu memberikan pengalaman unik dengan pengetahuan mengenai bunga tulip yang seru untuk disimak.

Di Museum tulip, pengunjung akan diajak untuk mengetahui bagaimana sejarah. Berbagai koleksi foto, video, dan pemandangan yang dirancang dengan indah, sehingga para pengunjung akan merasa senang selama berada di museum tulip ini.

3. Gereja Tua Westerkerk

Gereja Tua Westerkerk
Sumber: iStock

Tempat terkenal lain yang dekat dengan wisata kanal di Amsterdam adalah gereja tua Westerkerk. Lokasi gereja ini tepat berada di tepi kanal Prinsengracht. Jadi, lokasi gereja tua ini cukup strategis dan mudah dicapai ketika Blibli Friends sedang berada di kanal tersebut. Kamu bisa melihat keindahan bangunan gereja ini yang menjulang tinggi dan sangat megah.

4. Rumah Tua Anne Frank

Rumah Tua Anne Frank
Sumber: TripAdvisor

Bagi Blibli Friends yang menyukai tempat-tempat bersejarah, maka kamu wajib datang ke Rumah Tua Anne Frank. Di museum ini, kamu bisa melihat rumah dari korban dari Perang Dunia II saat Nazi membinasakan orang Yahudi. Museum yang dulunya merupakan rumah dari Anne Frank ini menjadi saksi bagaimana keresahan dan ketakutan dari keluarga Frank.

Mengunjungi museum bersejarah seperti ini dapat menambah pengetahuanmu mengenai hal-hal apa saja yang pernah terjadi di masa lampau. Oleh karena itu, berwisata ke Rumah Tua Anne Frank ini bisa jadi pilihan yang bisa kamu kunjungi selama berada di Kota Amsterdam.

5. Museum Van Loon

Museum Van Loon
Sumber: Viator

Salah satu tempat wisata populer yang dekat dengan wisata kanal Amsterdam adalah Museum Van Loon. Tempat ini pertama kali didirikan pada tahun 1672 dan merupakan rumah dari seniman Ferdinand Bol. Pada tahun 1884 sampai dengan 1945, rumah tersebut ditinggali oleh keluarga dari Thora van Loon-Egidius yang merupakan dayang Wilhelmina dari Belanda.

Blibli Friends bisa menemukan banyak hal menarik di museum ini seperti desain bangunan yang khas abad ke 18, lukisan tokoh Romawi, dan berbagai hal menarik lainnya. Oleh karena itu, kamu harus berkunjung ke museum ini jika sedang berada di Kota Amsterdam.

6. Bridge of 15 Bridges

Bridge of 15 Bridges
Sumber: Viator

Salah satu tempat indah yang berada tak jauh dari kanal-kanal di Amsterdam adalah Bridge of 15 Bridges. Tempat indah ini mampu menyuguhkan pemandangan menarik yang mampu membuat kamu berdecak kagum. Blibli Friends bisa mendapatkan hasil foto yang bagus dan keren jika datang ke Bridge of 15 Bridges ini yang harus kamu abadikan melalui jepretan kamera.


Baca Juga: Panduan Wisata Amsterdam Lengkap

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk melakukan wisata kanal Amsterdam? Liburan ke Eropa memang menyenangkan untuk dilakukan. Blibli Friends bisa melakukan perjalanan wisata dengan mudah menggunakan paket tour Eropa di Blibli. Ada banyak pilihan yang paket wisata yang menarik dan tentunya dengan harga yang terjangkau untuk Blibli Friends.