Reebok Mountain Bike “GECKO”


mg-sports_reebok-mountain-bike-gecko_full01
Reebok “Gecko” -blibli.com

Spek sepeda:

  • 26 inch
  • Frame Alloy 6061-T6
  • 24 speed Shimano gear
  • Suntour M2025 suspension fork
  • 36 spoke Alloy rims
  • Kenda tires
  • Bengal disc front brake dan APSE Alloy rear V-brake

Kali ini saya mendapat kesempatan untuk mencoba sepeda MTB Reebok Gecko. Satu hal yang langsung saya rasakan ketika menaikinya adalah sepeda ini sedikit terlalu besar buat saya yang bertinggi badan 173cm. Mungkin ukuran S (small) akan lebih cocok. Panjang Top Tube-nya terlalu panjang ditambah dengan pemakaian stem cross-country yang panjang, sehingga badan saya terlalu membungkuk ke depan, sehingga untuk pemakaian dengan durasi yang lama bisa menyebabkan punggung sakit.

stem
‘Stem’

Sepeda datang dalam kondisi fullbike (utuh satu sepeda). Sehingga saya tidak bisa memilih parts-nya dan tidak ada yang saya ganti. Jadi yang saya lakukan hanya mengaturnya sesuai dengan tingkat kenyamanan saya.

Sesuai dengan tipe yang tertulis di info website, sepeda ini berjenis MTB (Mountain Bike) maka yang saya lakukan adalah mengajaknya ke trek off-road. Dengan spek sepeda yang ada, trek JPG (Jalur Pipa Gas) adalah trek yang ada di otak saya. Trek yang terletak di perbatasan antara Bintaro dan BSD ini cukup friendly untuk hampir semua tipe sepeda. Setelah 1 lap di trek ini yang saya rasakan adalah: sepeda ini benar-benar untuk rekreasi di jalur datar, di trek se-friendly JPG sekalipun kita kurang bisa memaksimalkan kecepatan dikarenakan rem yang kurang mumpuni. Apalagi pada saat dicoba trek dalam keadaaan basah sehabis hujan. Rem depan memakai disc-brake walaupun tipenya mekanik dan belakang memakai v-brake. Dan sedikit mengejutkan rem v-brake nya bekerja lebih baik dibandingkan dengan disc-brake. Walaupun sudah di ‘setting’ ulang tetap tidak menemukan rasa yang enak ketika mengerem dengan rem depan ini.

vbrake
Rem V-brake

Untuk drive-train, sepeda ini memakai merk Dotek untuk crank-arm dan bb (bottom bracket) sedangkan merk Shimano ditugaskan dibagian ‘gearing’ termasuk Front Derealiur dan Rear Derealiur Shimano Altus (8 speed). Total ada 24 speed/percepatan. Ketika dipakai di trek off-road, kita akan mendengar bunyi rantai yang beradu cukup keras, semakin tidak rata trek-nya akan semakin heboh juga bunyinya. Hal tersebut cukup wajar, mengingat spek parts yang dipakai.

Setiap kali selesai bersepeda disarankan untuk mengecek bagian-bagian sepeda terutama dua bagian ini (Bottom bracket dan gear). Setiap kali habis pemakaian untuk jangka waktu yang lama, saya pasti akan mendengar bunyi-bunyi yang mustinya tidak ada yang berasal dari Bottom Bracket. Biasanya akan saya bongkar, diberi pelumas dan dipasang ulang. Tapi cara ini tidak menjamin bunyi-bunyi tersebut akan hilang. Cara yang ampuh adalah, mengganti BB dan Crank-arm dengan tipe yang lebih bagus ☺.

Tugas meredam guncangan di serahkan kepada fork keluaran SR Suntour, dengan travel 100mm QR (Quick Release), tipenya saya rada kurang jelas. Fork ini datang dengan feature standard, pengaturan preload. Tapi lumayan bekerja ketika diperlukan (dengan catatan di trek yang tidak ekstrem).

Kalau di trek offroad ditemukan beberapa kendala, lain ceritanya di trek onroad. Semua berjalan lancar (kecuali bunyi-bunyian yang saya sebutkan sebelumnya). Dengan handlebar yang tidak lebar, bahkan bisa dibilang terlalu kecil untuk jenis mountain-bike, sangat nyaman dipakai di jalanan beraspal. Perpindahan ‘gear’ pun lancar, meski dalam prosesnya terasa agak kasar. Hal tersebut normal, mengingat yang dipakai adalah drive-train entry level ‘Altus’.

shifter
Shimano shifter 8 speed

Setelah kurang lebih 3 minggu pemakaian onroad dan offroad, sepeda mountain-bike entry level ini menyenangkan untuk rekreasi, jalan di jalanan beraspal, keliling taman, keliling komplek dan sedikit trek tanah. Lain cerita kalau anda membawanya ke trek off-road khusus sepeda, diperlukan skill yang lumayan untuk menutup kekurangan sepeda yang ada.

Dengan harga dibawah Rp5 juta, Anda bisa memiliki sepeda ini dan bila membelinya di blibli.com Anda bisa mendapatkan diskon-diskon menarik dan layanan delivery langsung ke rumah Anda.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY